Kenari Bali

Peternak Burung Kenari di Singaraja

Merawat kenari Muda (Umur 1 sampai 3 bulan)

68 Comments

Merawat kenari yang umurnya masih di bawah 4 bulan memang membutuhkan kesabaran tersendiri, karena umumnya burung ini baru berkicau setelah berumur 5 – 6 bulan. Makin bertambah umur, makin bertambah rajin berkicau, kemudian menjadi gacor setelah burung dewasa dan siap mencari calon pasangannya. Ada hal-hal yang perlu difahami dalam merawat kenari berumur di bawah 4 bulan, sehingga perawatannya bisa lebih tepat untuk mencapai target saat dewasa nanti.  Saat ini, banyak kicaumania yang lebih menyukai membeli kenari yang berumur masih sangat muda. Selain harganya lebih murah, kenari yang berusia muda lebih mudah dimaster. Apabila targetnya ingin mencetak kenari lomba, maka kenari bahan harus berumur lebih muda lagi, sekitar 25 – 30 hari, karena itulah saatnya memulai pemasteran yang paling tepat.

Berikut ini beberapa tips seputar perawatan burung kenari yang berumur kurang dari 4 bulan, agar mereka kelak menjadi kenari yang memiliki kualitas, baik dari segi mental maupun suara isiannya.

1. Kenari muda butuh pakan berprotein tinggi

Setiap jenis burung pada kelakenariompok umur manapun tentu membutuhkan nutrisi tinggi untuk pertumbuhan sel, bulu, perkembangan fungsi organ-organ tubuhnya, dan kebutuhan dasar lainnya. Yang agak berbeda adalah kadar zat gizi tertentu, yang harus disesuaikan dengan umurnya.

Kenari, maupun jenis burung lainnya, membutuhkan pakan berprotein tinggi ketika masih anakan. Sejumlah ahli unggas merekomendasikan kadar protein dalam pakan kenari anakan sekitar 20 – 22 %. Hal ini terutama untuk memacu perkembangan dan fungsi organ-organ tubuhnya yang memang belum sempurna, juga untuk pertumbuhan badannya. Makanya saya menganjurkan beberapa pakan dengan sumber protein tinggi agar perkembangan maksimal.

Kenari muda juga membutuhkan vitamin dan mineral. Sebagian terdapat dalam pakan bijian, tetapi biasanya belum mencukupi kebutuhan hariannya. Karena itu, perlu disokong melalui pemberian buah dan sayuran. Sayuran yang diberikan untuk kenari muda atau bakalan sebaiknya memiliki warna hijau gelap, karena kaya vitamin A dan C, serta mengandung beberapa mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium. Sayur-sayuran berwarna hijau tua juga merupakan sumber karotenoid, yang bermanfaat untuk memerangi radikal bebas.

Buah-buahan juga penting bagi kenari muda atau bakalan. Buah-buahan sebaiknya diberikan dalam jumlah 1/4 saja. Jangan lupa kupas kulitnya dan buang bijinya, terutama untuk apel atau peer. Ada beberapa buah yang tidak boleh diberikan kepada burung kicauan, termasuk kenari, misalnya alpokat dan buah cokelat.

2. Kenari muda butuh penjemuran yang cukup.

Kenari muda, yang umurnya masih di bawah 4 bulan, juga membutuhkan cahaya matahari untuk mendukung pertumbuhan, menguatkan tulang, serta bermanfaat dalam penyebaran minyak yang melapisi bulu-bulunya sehingga tampak kuat, berkilau dan antiair.

Cahaya matahari mengandung banyak provitamin D, yang dibutuhkan burung muda. Hanya saja, penjemuran harus memperhitungkan waktu yang tepat, Waktu yang tepat untuk menjemur burung dimulai pada pagi hari hingga pukul 09.30. Hindari penjemuran burung melewati pukul 10.00, karena intensitas cahaya matahari sudah cukup terik dan bisa membuat burung mengalami dehidrasi maupun iritasi pada matanya.

3. Kenari muda butuh extra fooding secara tepat

Extra fooding (EF) juga sangat diperlukan untuk kenari. Bahkan burung kenari maupuun burung jenis finch lainnya memerlukan pakan tambahan di luar pakan utamanya. Pakan tambahan yang bisa diberikan kepada kenari muda antara lain telur rebus, telur semut rangrang/kroto.

Secara umum, burung kenari biasa diberikan telur puyuh rebus sebagai pakan tambahannya. Selain itu. telur puyuh rebus juga dipercaya bisa meningkatkan birahi kenari dengan cepat. Karena itu, beberapa penggemar memberikan telur puyuh rebus secara berkala (tidak terlalu sering), untuk mencegah kenari over birahi. Ini berlaku untuk kenari dewasa.

Berbeda dari perawatan kenari dewasa, telur rebus untuk kenari muda bisa diberikan secara terus-menerus, misalnya setiap hari, dengan porsi 1/2 butir, yang diberikan pada pagi dan sore hari. Sebab, seperti dijelaskan sebelumnya, kenari muda membutuhkan pakan berprotein tinggi. Pemberian telur puyuh rebus juga dapat menambah variasi pakannya.

Selain telur rebus, pakan tambahan untuk kenari adalah telur semut rangrang atau kroto. Untuk kroto, pilih yang masih berbentuk kapsul, bukan dalam bentuk larva atau sudah menyerupai bentuk semutnya. Masukkan kroto kapsul k edalam wadah pakan terpisah dengan jumlah 5 – 7 butir, yang diberikan setiap hari.

Burung yang masih sangat muda, misalnya umur 1-2 bulan, perlu dilatih dulu agar terbiasa memakan kroto. Sebab, burung kenari dewasa yang sebelumnya tak pernah makan kroto, sulit dilatih agar mau makan kroto. Jadi, pengenalan pakan ini harus dimulai sejak dini.

4. Kenari muda butuh kalsium dan fosfor

Burung muda, jenis apapun, sangat membutuhkan mineral, khususnya kalsium (Ca) dan fosfor (P), karena dua mineral inilah yang berperan penting dalam proses penulangan, serta pertumbuhan paruh, kuku, dan bulu.

Sumber mineral antara lain

bisa diperoleh melalui tulang sotong yang dapat digantang di dalam sangkar. Boleh juga tulang sotong digerus dulu, lalu dicampurkan  bersama pakan bijian dalam wadah.

Merawat kenari muda memang tidak semudah membalik telapak tangan, butuh proses dan waktu cukup lama untuk menikmati hasil dari perawatan kita.

Semoga sukses

Suksma

Author: Gede Budi

Hobi beternak kenari memang sangat menyenangkan, apalagi jika ternyata memang telah menghasilkan. Jadi buat kawan-kawan yang punya hobi sama, Jika ada keinginan dari kawan2 untuk berbagi pengalaman menangkarkan kenari, silakan untuk berkomentar atau mengisi blog ini dengan tips yang lebih baik. Saya akan dengan sangat terbuka menerima kritik dan masukan dari anda semua pecinta kenari. Saya juga beternak burung kenari dengan indukan terpilih dan menjamin mutu tiap anakan kenari dari Singaraja Bird Farm. Jika berminat silakan hubungi saya di No. berikut ini: 087762059151 Semoga Peternak Kenari Bali semakin berkembang... Suksma

68 thoughts on “Merawat kenari Muda (Umur 1 sampai 3 bulan)

  1. Permisi pak, saya baru piara anak kenari dagangnya bilang umur 3 bulan, kenapa bulunya kok banyk yg rontok ni pak? Gimana mengatasinya… Mohon pencerahannya

    • Itu proses wajar pak Adi, kenari lokal akan mengalami murak/ mabung/ rontok bulu pada umur 3-4 bulan. Tetap berikan suplemen berupa tambahan protein bisa dari telur dan bahan lain serta vitamin. Jangan lupa untuk selalu memantau perkembangannya… Jadi jangan terlalu khawatir. Setelah selesai rontok dan tumbuh bulu baru, kenari jantan biasanya akan semakin terdengar suara nyanyiannya… Semoga sukses…

      • Malam pak, maksudnya untuk kenari lokal 3-4 bilan udah mabung, maksud lokalnya ini apa yah pak.
        terima kasih

      • Buat elvin Suherman, disini saya jelaskan bahwa kenari secara umum, ataupun unggas secara umum memerlukan kandungan gizi yang penting buat pertumbuhan optimal, termasuk kenari lokal ataupun kenari F1,F2, F3 (bongsor). Terimakasih sudah menyimak, semoga bermanfaat.

  2. Bos. mau tanya, kira2 suplemen apa yg passs buat kenari anakan, maksudny vitaminny merk apa truz ef nya apa bozzz?

    • Saya biasa memakai vitamin anak, misalnya biolysin atau vidoran. Cara penggunaannya tergantung masing-masing. Tetapi untuk kenari cara yang paling efektif bagi saya adalah dengan di campurkan telur ayam. 2 butir Telur ayam rebus dibersihkan dari kulitnya kemudian diparut/ dihancurkan sampai agak lembut, kemudian masukkan 1 sendok makan vitamin, lalu aduk rata. bagikan sedikit sedikit, bisa untuk 10 ekor burung dewasa…

  3. salam kicau mania om…dan salam kenal dari saya tetangga baru.
    yang ingin sy tanyakan om,sy lg belajar breeding nih kenari taiwan x st telor 3 netes 2,nanti nama anakanya apa ya om,trima kasih…

    • Pak Hidayat, Kalo penamaan dalam anakan kenari, memang agak rumit, Berdasarkan Parental dan Filial berdasarkan Hukum Mendel. Tetapi Untuk istilah dagang jelas berbeda, biasanya disesuaikan dengan jantannya, Misal: Yorkshire dengan Lokal jadi anaknannya F1 Yorkshire atau F1Ys, Jika Anakannya Om, Kalo induk jantannya ST, Ya bisa disebut F1 Spanish Timbrado, dsb, tentu saja istilah dagang ini tidak baku tergantung pada daerah dan kebiasaan. Suksma…

  4. saya mau tnya om, knp kenari saya bulumya mengembang klo saya deketin ya? solusinya gmna supaya tdk mengembang lg?

    • Tentunya kita dapat menyaksikan bahwa hewan-hewan piaraan memiliki “perasaan”. Kalau burung kenari diperlukan dengan tenang dan lemah lembut setiap saat, lama-lama (dalam waktu relatif singkat) burung ini akan rnemberikan kepercayaan tertentu kepada yang memeliharanya. Burung ini dapat belajar dengan cepat untuk mengetahui siapa yang mengisi makanannya, siapa yang membersihkan minumannya dan siapa yang memberikan sayuran kepadanya. Begitu besarnya rasa mudah percaya, sehingga burung kenari ini dapat dilatih untuk bertengger dijari kita atau di telapak tangan kita. Sudah tentu ini harus dengan latihan. Merawat burung-burung ini memang memerlukan ketenangan, dengan gerakan-gerakan lembut yang selalu terkendali.
      Saat kenari mengembangkan bulu, bisa jadi karena berhubungan dengan perlakuan anda pada kenari, kemungkinan karena tangan anda masuk teritorialnya, sehingga dia bersikap tidak suka. Atau kadang kenari merasa lapar dan menunggu anda memasukkan makanan ke kandangnya, semua ini ada efeknya dan hanya anda yang akan benar2 mengerti.
      Jadi, cobalah untuk memperlakukan kenari anda dengan lembut. 🙂

    • Terima kasih kembali, senang bila ini bisa bermanfaat…

      • om mau nanya, kenari saya AF umur 1th sebelum mabung suara lantang keras. tapi setelah mabung suara jadi lembut,intensitas kicau jadi jarang,. tolong info obat agar suara lantang kembali semula.

      • Wah saya tidak bisa menyampaikan onbat-obatan untuk membuat burung kenari bisa kembali bernyanyi keras. Tetapi memang saat mabung, kenari butuh waktu sekitar 2 bulanan untuk mencapai performa puncaknya kembali. Saya malah sangat setuju apabila kenari jantan mabung, perawatan harian harus diperhatikan untuk mempercepat pertumbuhan bulu dan pemulihan pasca mabungnya. Cb dicek artikel saya yang membahas burung kenari murak/ mabung. Suksma

  5. mlm om
    om kenari saya af sudah umur 16bln
    sdh bertelur 3* tapi telurnya kok kecil2 ya
    dan tidak ada yg menetas
    cara mengatasinya supaya telurnya normal
    gimana ya om
    mksh sblmnya salam kicau mania

    • He he he… Om Rafa, Maunya telur yang kayak burung puyuh ya? 🙂 Telur kenari emang kecil om, dan jika telurnya ingin normal, maka saat bertelur kenari perlu asupan pakan yang bernutrisi bagus, kasih cukup telur puyuh, vitamin dsb disamping pakan bijian yang berkualitas, saya jamin telur akan normal.

  6. Om kalau kenari kakinya bengkak seperti bentol gitu dan menjadi luka koreng ,itu knp ya??
    Bisa di obatin?
    Klo bisa apa obatnya??
    Makasih banyak om

    • Om Urfan, banyak faktor penyebab kaki kenari bentol. Misalnya kebersihan kandang, jd kandang harus rajin dibersihkan, minimaaaal banget (Seminggu sekali di cuci) kemudian, kebersihan tangkringan, saya dua minggu sekali selalu cuci tangkringan, ini penting karena selama seumur hidup kenari akan bertengger di Tangkringan. Gunakan bahan yang nyaman (Jangan Plastik) misalnya kayu asem, dan bahan lain. Usahakan bahan dari kayu untuk dihaluskan dengan amplas dsb ( ini penting karena kaki kenari sangat tipis kulitnya). Kemudian Nyamuk yang menggigit kaki kenari akan mengakibatkan rasa gatal, sehingga kenari menggigit terus menerus kakinya, ini mengakibatkan luka dan terus jadi borok. Sehingga usahakan agar kenari selalu dikerodong saat malam hari. beberapa obat luka ada di pasaran, tetapi jika membandel gunakan obat luka/ infeksi untuk manusia (banyak di apotik). Biasanya dalam seminggu akan pulih. Demikian, semoga sukses….

  7. Salam kenal om saya mau tanya kenari saya umurnya kira2 1th tpi kok blum mabung yg kedua ya apa masalahnya om

    • Masa mabung (moulting) merupakan masa yang sangat menuntut perhatian penghobi burung. Bulu yang hilang dan digantikan selama masa mabung atau meranggas ini menyerap 25% dari total protein yang ada di dalam tubuh burung. Inilah mengapa selama masa mabung perlu ditambahkan juga protein sebesar seperempat total protein dalam tubuh burung.
      Proses Mabung/ Moulting/ Murak/ Ngurak pada setiap burung tidak sama. Artinya akan sesuai dengan karakter, umur, dan kelengkapan gizi harian kenari. Kenari yang pada dasarnya dirawat dengan baik, akan memiliki periode mabung yang teratur. Jadi saran saya, tetap penuhi kebutuhan dasar gizi dalam pakan harian kenari. Sehingga dengan kondisi yang fit, burung akan teratur dalam proses mabungnya.

  8. Malam om. Saya mau tanya nih, punya kenari umur 4/5bln kondisi pasca mabung. Kata yang punya sebelumnya itu kenari lokal super warna hijau, tapi saya bingung menurut saya itu kenari ST. Jadi untuk kenari ST muda cirinya seperti apa om. Terimakasih sebelumnya.

    • Istilah Kenari ST (Panish Timbrado) akan lebih meyakinkan jika memang memiliki ring import. Sehingga jelas asal negara dan keturunannya. Tetapi jika memang Pak Ramdhani Merasa bahwa kenarinya jenis ST (misal turunannya) hanya bisa dibuktikan dengan suaranya saja. Kalo body dan warna secara umum memang mirip dengan kenari Loper baik dari segi body dan warnanya. Jadi memang agak susah membedakannya. Secara pribadi saya memiliki kenari ST yang ring import.

  9. Oh gitu om. Saya punya cara tersendiri untuk membedakan kedua burung itu dengan ekor ST yang seperti ekor ikan, bisa tidak om. Terimakasih atas keterangannya

  10. Numpang Tanya om…aq punya KN 3bln-an,sdh mulai cuit2 sama crik2 tp 3hari ini ada bulu2 halus yg jatuh…apa hal itu normal?

    • Normal saja pak, Kenari memiliki fase rontok bulu/ Murak/ Mabung pertama kali pada umur 3 bulan, kemudian nanti pada umur 7 bulan akan rontok lagi, ini menuju fase dewasa. Setelah itu barulah tiap setahun sekali akan mengalami rontok bulu tahunan. Semua ini adalah fase normal dari kenari, jadi jangan khawatir.

  11. Mau nanyak ni om pa boleh vitamin ayam di kasih ke burung kenari?soal di sini ngak ada yang jualan vitamin burung

    • Buat pak Fajri, Saya malah jarang pake vitamin Burung, tetapi malah gunakan multivitamin untuk anak, Bisa Biolysin, Vidoran dll, he he he… Jadi pada dasarnya saya pakai vitamin dengan mengoleskan pada telur puyuh 2 tetes saja seminggu 2 kali. Semoga bermanfaat…

  12. Can I just say what a comfort to discover a persokn that genuinely understands what
    they’re discussing on the web. You definitely realize how to bring a prroblem to light
    and make it important. A lot more people need to rezd this and understand this side
    of the story. It’s surprising you aren’t mre pooular because you surely
    have the gift.

  13. Wow, that’s what I was looking for, what a material!
    existing here at this web site, thanmks admin of this website.

  14. Mau nanya om berapa bulan ya kenari mabung pertama soal udah sebulan bulu nya masih rontok aja

  15. Knari muda ga tau umur berapa, cuma suara nya cuit2 mulu apa itu jantan apa betina?

  16. Om saya punya kenari umur 2bulan ko sudah rontok /mabung apa itu normal om n suara baru cuit cuit aja om.makasih om

  17. Om kenari saya umur 2bulan sudah rontokk / mabung apa itu normal om binyo nya masih cuit cuit jenis afs om

    • Om, Kalo kenari jantan lewat sebulan atau dua bulan biasanya sudah ngeriwik (jika sehat dan normal) Mabung itu juga tanda bahwa kenari sudah umur 2-3 bulan. Coba minta tolong teman2 yang sudah ahli kenari disekitar om, apakah kenarinya jantan atau betina. Takutnya betina…

  18. Howdy! I juust wish tto give you a big thumbs up ffor the great info you have here on this post.
    I’ll be returning to your web site for more soon.

  19. Mau tanya ni om kenapa ya kenari mabung pertama tpi lesu kira2 apa ya penyebab

    • Bukan hanya mabung pertama om, tiap mabung pun kenari akan terlihat lebih lesu. Itu wajar karena pada dasarnya kenari sedang mengalami fase pergantian bulu. Dalam menumbuhkan bulu baru, kenari memerlukan energi yang besar (Bukan sakit) seperti bayi yang tumbuh giginya, biasanya akan mengalami demam, suhu panas, dsb. Nah untuk fase ini kenari perlu asupan makanan yang cukup kadar proteinnya. Karena 90% protein adalah akan digunakan untuk menumbuhkan bagian bulu yang baru. Jika kekurangan, kenari akan cenderung berbulu kusam dan rusak. Asupan pakan terbaik ada pada telur puyuh. Berikan 2 kali sehari. atau setiap hari hanya putih telurnya (kuningnya kasih saya aja, he he…) Waspadai jangan terus menerus dikasih telur puyuh, nanti malah kegemukan. Jika kenari sudah kelihatan rapi bulunya mulai jarangkan pemberian telur puyuh menjadi seminggu 2 kali saja. Sekian, semoga bermanfaat…

  20. Maaf mau tanya om.. Say punya kenari umur 5bulan.. Tpi bunyi nya masih cit tru ditambah kayak bunyi roll tpi pendek.. Dan juga belumm pernah kedengeran ngeriwik.. Vent menonjol, apa bner jantan kenari nya om?

  21. Mau tanya om kenari betina saya bunyinya kecil serak dan nafasnya agak ngorok itu knp ya om, terus harus dikasih obat apa om?

    • Biasanya banyak penghobi kenari yang kurang memperhatikan kondisi kenari Betina, Sesak nafas itu banyak penyebabnya, bisa karena bakteri, jamur, virus, yang pada dasarnya akibat dari kurang menjaga kebersihan, Kenari tidak dikerodong pada malam hari, kenari dibiarkan kehujanan dan lain2. banyak obat untuk burung sesak nafas di pasaran yang bisa dipakai, silakan dipilih… Tetapi pencegahan akan lebih efektif…

  22. Om gede mo tnya donk…saya punya cenary afs kt penjualnya umur 30-40 hari tapi pas 4 hari di saya bulu alusnya ambruk rontok semua Sekrang dah 2 minggu tapi masih ada ja yg jatuh bulu dewasanya…apakah itu wajar???dan cara perawtan hrianya gmn biar cpt bunyi….makasih..

  23. Selamat pagi bli saya baru piara kenari umurnya sekitar 3 bulanan tapi bulu sayap belum rapat malah ada bulu yang jatuh. Apakah kondisi seperti ini penjemuran dikurangi terimakasih.

    • Pak dede, mohon maaf karena baru balas, Umur 3 Bulan memang biasa burung akan mengalami mabung atau ngurak pertama… Jadi jangan khawatir, ini karena kenari mulai beranjak remaja. Setelah ini kenari anda apabila jantan akan terus bunyi ngeriwik lwbih keras… Pada umur 6-7 bulan akan kembali mengalami rontok yang kira-kira sama… Dimana kenari akan menginjak fase dewasa, dan anda bisa menikmati suara merdunya secara penuh…

  24. Salam kenari mania,,mau tanya pak gede knari saya rontok jrang2 hri rontok blu halus bsk nya tidak,,ni lg mmabung pa nyulam,,??dan kira2 klar nya brapa hari,,,?? Umur knari sya kira2 brpa bln om,,??

    • Pak rahmat, Ada waktu nyulam atau bahkan rontok bulu kenari secara periodik.
      1. Ketika umur 3 Bulan Mulai meninggalkan bulu bayi
      2. Ketika umur 6-7 Bulan Menuju ke masa dewasa kelamin (untuk kenari lokal)
      3. Setelah itu setahun sekali burung akan mengalami kerontokan bulu secara alamiah. (kecuali jika sakit dan karena kutu menjadi burung juga rontok bulunya)
      Masalah lamanya semua itu tergantung, ada yang 1 bulan ada juga yang sampai 3 bulan.
      Nah Coba saja dikira-kira melalui perhitungan diatas berapa umur kenarinya pak… Suksma…

  25. Mau tanya om,kenari yg baru umur 1 bulan sudah ngeriwik, apa itu positif jantan..

  26. om saya mau tanya kenari saya 4 bulan udah nata lagu,tp kok makan terus ya,jadi bunyinya jarang,itu gmna ya cara ngatasinya,makasih..terus cara biar cepet dor gmna perawatanya..

    • kenari porsi makan juga harus diatur, kalo terlalu berlebih bisa berakibat kegemukan… Untuk kenari yang menjelang dewasa, kurangi jumlah porsi bijian harian (misalnya saya pake satu sendok makan datar atau bisa memakai ukuran satu sendok untuk susu bayi. setiap hari diatur. Kemudian kurangi telur puyuh, berikan telur puyuh semiggu 2 kali (separuh) hanya putih telurnya saja. Berikan sayur atau apel dan nutrisi lainnya, Dengan perawatan yang sederhana dan cermat, semoga kenarinya semakin gacor….

  27. Saya dri pnangkar langsung, yg kata’a baru umur 1bulan.
    Stelah sya rawat 2 minggu, bulu halus bnyak yg rontok.
    Apakah ini bsa dikatakan mabung, sdngkan umur kenari masih 1 bulan 2minggu.
    Mohon penjelasannya!
    Terimakasih

  28. Saya beli kenari dri pnangkar langsung, yg kata’a baru umur 1bulan.
    Stelah sya rawat 2 minggu, bulu halus bnyak yg rontok.
    Apakah ini bsa dikatakan mabung, sdngkan umur kenari masih 1 bulan 2minggu.
    Mohon penjelasannya!
    Terimakasih

    • Bisa jadi, atau kemungkinan mabung / Ngurag pertama om, santai saja ini wajar, kemungkinan asupan gizi yang bagus akan mempercepat proses mabung. Tetap dirawat, hati 2 agar jangan sampai kegemukan dan pastikan sudah mulai ngeriwik… Semoga setelah fase mabung kedua di umur 5-7 bulan, Sudah mulai gacor…

  29. Selamat malam ,, saya punya f1ys ,, skrang usia 4 bln ,, udah ngriwik kasar ,, tapi kok belum kepantau rontok bulu anakan ya ? apa memang seri besar agak lambat untuk mabung anakanya ? trimakasih ,,

    • ada beberapa kemungkinan:
      1. Misalnya anakan yang baru berusia 2 Bulan, oleh pedagang di bilang sudah 3 bulan. Jarak umur sebulan ini memang tidak terlalu berpengaruh. karena pada Bulan ke 4 atau kelima biasanya kenari akan mengalami ngurag pertama.
      2. Kedua kenari mungkin lambat ngurag, karena kondisi cuaca yang panca roba, sehingga kadang kenari harus menyesuaikan dengan situasi lingkungan, kemungkinan akan mulai sedikit rontok di awal musim penghujan.
      3. perlu asupan nutrisi tambahan, berupa kalsium, asam amino dan beberapa vitamin.
      kenari ngurag pertama itu sebenarnya hanya sekedar merontokkan bulu2 bayi/ halusnya saja, diganti dengan bulu dewasa. Sehingga akan terlihat lebih halus, lebih rapi dan lebih cerah. Perlu tambahan asam amino dari telur puyuh, dan beberapamineral tambahan. Semoga kenari F1Ysnya segera gacor…

  30. Malem bos
    Mau minta solusi ni
    Kenari saya bunyi terus. Tapi bulunya rontok dan ekornya juga itu ciri” kenari mabung gak. bos umur kenari sekitar 2 taun tapi belum pernah mabung

    • Kenari Mabung atau ngurag adalah hal yang wajar, terjadi secara periodik, setahun sekali… tetap kasih pakan yang baik, sayuran dan makanan yang berprotein tinggi misalnya telur putuh (hanya putihnya saja) untuk pembentukan bulu baru yang lebih sehat.

  31. mau nanya om. mulai umur brp knari mulai ngroll? skarang kenari sy lg mabung pertama sblm nya cuma bunyi wik wik doank.

    • Normalnya kenari anakan akan mulai menunjukkan kondisi menjadi kenari dewasa ngeroll panjang di umur 6-7 Bulan. apabila kenari anda Jantan, dan tentu saja syaratnya kenari harus jantan dan dalam kondisi sehat.

  32. Numpang tanyak om
    Saya punya kenari jantan usia ny 3 bulan tpi kok blom juga ngeriwik
    Padahal udh d ksih telur puyuh sminggu 2 kli dan sayuran

  33. Numpang tanyak om
    Saya punya kenari jantan usia 3 bulan
    Tpi kok blom ngeriwik juga ya
    Padahal udah saya jemur dan d ksih telor puyuh dan sayuran tpi bunyi ny msih cit cit

    • Banyak kemungkinan, Bisa jadi memang belum cukup umur, atau jangan 2 kenari nya Betina Om, Tips membeli kenari anakan dari saya, adalah Belilah di peternak kenari, Yakinkan ada jaminan garansi, Jika yang diambil betina, bisa ditukar, karena ngga bisa jamin kenari anakan 100 persen kelaminnya terlihat jelas (hanya untuk yang sudah terbiasa). Jika memang anda yakin kenarinya jantan, diumur 3 bulan seharusnya sudah ngeriwik2 untuk menata lagu.

Leave a comment