Bagaimana Merawat Kaki Kenari (Kenari Bali)

Dengan semakin bertambahnya usia burung kenari sisik kaki semakin menua jika tidak dirawat dengan baik maka sisik kaki semakin menebal. Penebalan sisik kaki akan membuat penampilan kaki burung kenari kurang menarik. Untuk memperlambat penuaan sisik kaki kenari dapat dilakukan dengan cara setiap 1 bulan sekali kaki burung kenari diolesin minyak tawon, mandi rutin seminggu sekali. Selain factor usia yang membuat penampilan kaki kurang menarik yaitu karena terkena penyakit bubulan dan bebenjolan biasanya hobis menyebut digigit nyamuk.

a. Penyakit Bubulan Penyebab penyakit bubulan masih menjadi silang sengketa (lebay nian hehe….) ada yang bilang karena jamur ada juga yang bilang karena virus. Saya tidak ingin membuat runyam permasalahan, saya hanya sharing mengenai penanganan penyakit bubulan berdasarkan pengalaman pribadi. Penanganan penyakit bubulan pada kaki burung kenari yaitu dengan cara kaki kenari diolesin minyak tawon. Jamur yang sudah lama biasanya menempel pada jari kenari cukup kuat sehingga membersihkannya (dengan cara digosok menggunakan kuku tangan kita) harus agak kuat hanya harus hati-hati jika terlalu kuat menarik jamur tersebut jari kenari akan mengalami pendarahan. Pembersihan bubulan ini tidak bisa dilakukan sekaligus karena jika dipaksakan khawatir banyak keluar darah. Setelah jamurnya dibersihkan jari-jari kenari diberi betadin. Jika bubulannya belum bersih semuanya bisa dilakukan seminggu kemudian sampai jari-jari kenari bersih dari jamur. Dalam penanganan penyakit bubulan tidak hanya menghilangkan(mencabut) jamur dari jari-jari kenari ada yang tidak kalah penting yaitu pembersihan sangkar berikut tangkringannya. Jika kondisi sangkar dan tangkringannya tidak dijaga kebersihannya, maka pengobatan bubulan tidak efektif. Penyebab jamur (bubulan) adalah kotoran yang menempel pada kaki burung kenari. Jika kotoran tersebut dibiarkan lama maka akan mengakibatkan tumbuhnya jamur.

b. Gigitan Nyamuk Pada Jari Kenari. Mohon maaf saya tidak bisa menyebutkan nama penyakitnya hanya biasanya temen-temen kenarimania menyebut benjolan yang diakibatkan dari gigitan nyamuk. Penyebab benjolan pada jari kenari juga masih simpang siur ada yang beranggapan karena gigitan nyamuk ada juga yang menyebut akibat virus. Saya tidak ingin membahas dilemma diatas, saya hanya ingin sharing mengenai penanganan penyakit tersebut karena jika penanganan penyakit benjolan ini salah akibatnya patal. Saya sering mendapat pencerahan dari rekan-rekan kenarimania bahwa untuk mengobati gigitan nyamuk menggunakan salep 88, saya sudah mencobanya dan Alhamdulillah berhasil. Namun penggunaan salep 88 ada efek sampingnya yaitu jari-jari yang diolesin salep 88 sering dipatokin, saya tidak tahu penyebab kenari senang matokin jari kaki yang diolesin salep 88. Akibat kenari senang matokin benjolan yaitu benjolan bisa pecah dan keluar darah yang cukup banyak, jika tidak segera ditangani akan berakibat patal kenari bisa mati karena kehabisan darah. Saya pribadi untuk mengobatin benjolan biasa menggunakan garamicyn. Saya tidak akan bosan-bosan mengingatkan kenarimania untuk menjaga kebersihan sangkar karena pada dasarnya seluruh sumber penyakit adalah karena keteledoran kita terhadap perawatan/menjaga kebersihan sangkar berikut sarana penunjangnya seperti tangkringan, tempat makan dan minum. Demikian sharing saya mengenai perawatan kaki dan penyakit yang sering menyerang kaki kenari, berhubung keterbatasan waktu dan media penulisan jika ada yang masih kurang jelas bisa sharing di komentar.

c. Karena jamur dan bakteri, Hal ini karena kaki kenari sangat sensitif, kadang bila kita lupa membersihkan tangkringan, maka kaki kenari akan terkena jamur, cara pencegahannya sangat sederhana, Ganti tangkringan atau kita cuci tangkringan dengan sabun, dan setelah itu direndam sekitar satu jam dengan cairan antiseptik (misalnya dettol), lalu tangkringan dijemur hingga kering… Hal ini sangat efektif mencegah jamur tumbuh pada kaki kenari…

 

 

10 thoughts on “Bagaimana Merawat Kaki Kenari (Kenari Bali)

    1. setyabudhigede Post author

      Kalo kenari bengkak kakinya, kemudian ada benjolan, biasanya karena luka lama yang gatal bagi kenari. Biasanya saya treatment dulu pake salep luka merk 88, ada dijual di apotik. Sampai mengering nanti biasanya kulitnya akan rontok. Atau kalo biasanya ada bercak putihnya, atau seperti daging tumbuh, biasanya karena tumbuh jamur, biasanya saya kasih obat jamur seperti Canesten. Silakan dicoba, selama seminggu, semoga segera kering, dan kenarinya kembali berkicau riang… Suksma….

      Reply
  1. Banyuwangi Lukman

    Salam kenal om……
    saya punya kenari jamuran di kakinya
    saya kasih obat minyak tawon 2 kali g malah sembuh kok malah parah ya,,,,,
    kakinya bengkak & di patok sampek pretel/putus & skr lumpuh
    minta tipsnya dong om mengatasi problem ini
    trims

    Reply
    1. setyabudhigede Post author

      Mas Lukman, kenari dengan kaki yang penuh dengan jamur akan sangat mengganggu, kenari biasanya akan sering mengangkat kaki, dan tentunya merasa sakit dan mengurangi geraknya. Tentu saja akan merembet pada nafsu makan, juga produktivitasnya dan tentu saja kenari jantan akan malas berbunyi. Treatmen yang biasa saya lakukan adalah dengan mengoleskan salep obat jamur/ panu yang ada dipasaran (kalpanax, canesten atau daktarin). Oleskan secara merata setiap hari, dijamin dalam seminggu kenari akan bebas dari jamur. Silakan dicoba mas Lukman. Sebaiknya pencegahan akan lebih baik, Jaga kebersihan kandang, dan jaga kebersihan tangkringan secara rutin akan menghindarkan kita dari rasa kecewa, karena burung kenari yang kita pelihara sudah terlanjur sakit.
      Untuk kenari yang cacat hanya bisa kita berikan bantuan misalnya pakan di cepuk kita taruh di bawah dan diisi penuh agar kenari tetap bisa makan meskipun mengalami kesulitan gerak. Telur dan extra food serta minum lainnya kita taruh di posisi yang mudah dijangkau oleh burung.
      Burung juga mahluk hidup mas, jangan sampai terbuang ketika mengalami masa sulit, tetap kita harus bertanggungjawab… Semoga hal ini bisa sedikit membantu,
      Suksma

      Reply
  2. cucut

    mau nanya gan kalo kaki bengkak di persendian warnanya merah ada orangenya pengobatannya gimana?? mohon pencerahaannya

    Reply
    1. Gede Budi Post author

      Kenapa kenari bisa tekena penyakit kaki bengkak atau bubulan tersebut, berikut ini adalah beberapa hal atau faktor yang bisa memicu timbulnya bumble foot atau bulbulan pada kenari :
      Bengkak yang terjadi pada kaki kenari biasanya terjadi ketika kenari yang kelebihan makan makanan yang bisa menyebabkan berlebihnya asam urat didalam aliaran darah sehingga kelebihan tersebut akan menumpuk dan menjadi kristal yang seperti jarum tajam, dan jarum ini akan mengikuti aliran darah dan pada akhirnya menumpuk di persendian kaki atau telapak kaki dan menimbulkan infeksi didalamnya.
      Burung kenari yang memiliki penyakit ginjal sangat rentan terhadap penyakit kaki bengkak ini.
      Kenari yang mengalami obesitas rentan terhadap penyakit ini.
      Kenari yang kelebihan metabolisme
      dalam beberapa kasus kaki kenari yang bengkak ini juga bisa terjadi akibat tangkringan atau tenggeran yang tidak sesuai misalnya terbuat dari plastik, terlalu lebar dan terlalu tajam.

      Mengapa bumble foot ini hanya mengenai kaki kenari saja ? penyebab penyakit kaki bengkak atau Bumble foot ini hanya terjadi pada kaki burung kenari adalah :
      karena kaki merupakan daerah yang menerima banyak stress pada tubuh burung kenari.
      karena berat asam urat yang terdapat dalam darah dan akan turun kebagian bawah dari tubuhnya akibat tarikan gravitasi.
      Jerawat penyebab bengkak ini tidak akan muncul pada bagian lain dari tubuh burung kenari karena ada bulu-bulu yang mampu menyerap kelebihan asam urat.
      Sedangkan untuk pencegahan Burung Kenari agar tidak mudah terkena penyakit ini adalah:
      Teratur membersihkan kandang dan tempat tenggerannya.
      Memotong kuku kenari jika terlihat panjang.
      Memberikan Vitamin seperti BirdVit dan BirdMineral sebagai imunitas dari berbagai macam penyakit.
      Mengganti tenggeran dengan yang sesuai jika tenggeran yang digunakan dirasa kurang tepat, misalnya terlalu besar atau terlalu banyak ampelasnya.
      Memberikan makanan yang mengandung Vitamin A seperti sayuran segar yang berwarna hijau tua.
      Tidak berlebihan dalam memberikan telur rebus, karena dengan mengkonsumsi telur rebus yang berlebihan akan membuat kadar asam urat dalam tubuh burung menjadi meningkat dan hal ini bisa menjadi awal penyebab terjadinya penyakit kaki bulbulan atau Bumble Foot ini.

      Reply
    1. Gede Budi Post author

      Kalo sembuh 100 persen tidak bisa om, tapi jika membantu untuk merawat dan membuatnya hidup lebih baik bisa… termasuk posisi tempat pakan dan tata letak kandangnya… Hanya itu om

      Reply
  3. Permana

    Om, apakah aman cairan de*ol dicampur dengan air lalu dimasukan ke dalam semprotan ? maksudnya mandi semprot sekalian bersihkan sangkarnya.
    trims.
    Sukses kenaribali.

    Reply
    1. Gede Budi Post author

      Cukup setengah tutup botol… jangan terlalu banyak, dan keras campurannya, bisa perih apabila terkena mata… Bisa untuk burung dan juga untuk antiseptik kandang… Hari2 saat menyemprot, jangan terkena bagian kepala… dan ingat untuk dibilas juga… Efeknya akan kering bagi bulu…

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s