Pentingnya Pencatatan Kelahiran Bagi Peternak Kenari (Kenari Bali)

Saya punya cerita lucu mengenai genetika alkisah di suatu daerah ada seorang pria ilmuwan yang sangat pintar berbagai bidang ilmu dia kuasa(kemampuannya sekelas Albert Einstein dech hehe….) hanya sayang wajahnya jeleknya minta ampun. Di daerah tetangganya ada seorang perempuan yang sangat cantik putri Indonesia sich lewat hehe…..  hanya sayangnya mempunyai IQ yang rendah ….  kedua kepala daerah  berunding untuk menjodohkan si ilmuwan dengan wanita cantik dengan harapan ingin memperbaiki keturunan kedua daerah tersebut dimana harapannya bisa menghasilkan warga yang ganteng atau cantik seperti Ibunya dengan kepintaran seperti Bapaknya… akhirnya terjadilah perkawinan akbar si ilmuwan kawin dengan si perempuan cantik…. singkat cerita si istri hamil kedua kepala daerah sangat gembira mereka sudah menyiapkan prasana untuk menyongsong kelahiran anak pertama…. akhirnya waktu yang di tunggu-tunggu tiba lahirlah anak yang dinanti-nanti hanya sayang seribu sayang apa yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataan, anak yang dilahirkan itu sangat mirip bapaknya dan hasil psikotest IQ-nya ngikutin ke Ibunya.

Ilustrasi diatas sering kita alami waktu menjodohkan kenari, kita menjodohkan kenari A dengan kenari B harapannya anaknya mengambil sifat unggul dari kedua individu tetapi kenyataan malah sebaliknya…. kenapa bisa kejadian seperti diatas ??….Kejadian diatas terjadi karena kita sebagai peternak tidak rajin mencatat silsilah induknya. Peternak tidak tahu track record induk dari kenari A dan kenari B…. Dalam menjodohkan kenari peternak tidak hanya melihat kualitas dari individu kenari yang akan di jodohkan, kualitas individu diatasnya (ibu dan bapaknya) juga harus jelas… peternak harus menelusuri kualitas dari kakek maupun neneknya kenari yang akan di jodohkan….
Kalau saya perhatikan peternakan kenari di Indonesia lain dengan peternak kenari di luar negeri, diluar negeri sana peternak kenari sangat teliti segala kegiatan di catat dengan detail. Kualitas kenari baik kelebihan dan kekurangannya di catat dengan detail. Sehingga pada saat mengawin silangkan kedua kenari hasilnya (anaknya) setidaknya tidak terlalu jauh dari apa yang kita harapkan.
Dalam dunia peternakan kita mengenal yang namanya ilmu pemuliaan atau ilmu terapan biologi lebih khusus lagi bidang genetika, dimana ilmu genetika ini bisa membantu meningkatkan kualitas hasil peternakan, tetapi ilmu genetika ini harus didukung oleh ketelitian dan kerajinan si peternak dalam mencatat setiap hasil yang didapat. Karena genetika dalam pemulian ternak berhubungan dengan probabilitas dalam ilmu statistik…. (maaf kalau salah maklum orang teknik ngomongin biologi hehe…)
Ilmu Genetika ini mempelajari berbagai aspek yang menyangkut pewarisan sifat (hereditas) dan variasi sifat pada organisme maupun suborganisme. Dalam individu kenari terdapat Fenotip atau karakteristik individu kenari yang dapat dilihat secara kasat mata dan terukur contohnya warna bulu, kualitas suara dll. Selain Fenotif juga di kenal genotip atau biasa dikenal dengan gen, gen ini merupakan sifat yang di turunkan dari induk jantan maupun induk betina. Untuk mengetahui gen setiap individu agak sulit…
Kalau kita ingin mendalami banget mengenai genetika ini sangat bagus tetapi kalau tidak mau mendalami juga tidak apa-apa hanya sebagai penggantinya Anda harus mencatat setiap kenari yang menetas…. kalau bisa mencatat sedetil-detilnya…. sehingga kita bisa membaca karakteristik anakan yang di hasilkan dari setiap indukannya…. Dengan mencatatnya kita bisa menelusuri kelebihan dari setiap individu…. sehingga pada saat menjodohkan si peternak dapat mengisi kekurangan individu ini dengan kelebihan dari individu yang lainnya… Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan induk kenari pada saat ternak nanti hasilnya tidak terlalu menyimpang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s