Perawatan Kenari bagi anda yang sibuk di Kantor (Kenari di Singaraja)

Bagi anda yang tidak banyak waktu luangnya, tetapitertarik memelihara burung kenari, coba dilihat teknik perawatan sederhana berikut ini, dijamin tidak merepotkan dan berdampak maksimal;

Sangkar:

Kenari sebaiknya ditempatkan di sangkar besar tetapi bila memang yang tersedia adalah sangkar kecil, maka tetap bisa di gunakan.  Karakter burung kenari sangat jinak dan mudah beradaptasi sehingga bagaimanapun kita menggunakan sangkar, tentunya kenari bisa menyesuaikan diri dengan baik. Sangkar yang akan dipakai harus dijaga kebersihannya, terutama tangkringan. Gunakanlah dari bahan yang tidak licin, tidak lembab dan tidak berjamur.  Kayu tempat bertengger kenari harus rajin dibersihkan dengan sabun detergen (saya biasa menggunakan sabun cuci piring) dan di jemur sebentar baru dipasang ke tempat semula setelah kering. Hal ini untuk menghindari jamur pada kaki kenari. Karena kaki kenari sangat rentan terhadap serangan jamur.  Kemudian sangkar juga harus dikerodong pada malam hari guna menghindari serbuan nyamuk. Disini saya jelaskan bahwa kaki kenari sangat sensitif, karena begitu tipis dan mengandung banyak sekali pemuluh darah.  Apabila sampai tergigit oleh nyamuk akan menimbulkan rasa gatal pada kenari, nah… Karena merasa gatal, kenari akan menggigit kaki tersebut sampai kadang berdarah dan bengkak.  Apabila tidak ditangani akan mengakibatkan infeksi yang serius pada kaki kenari. Kadang memang hal ini sepele, tapi kenari yang merasa kesakitan tentu akan malas berbunyi. Jadi sangat penting mengerodong kenari di malam hari.

 

Pakan:

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam hal pakan adalah menu yang variatif sehingga kecukupan nutrisi, vitamin dan mineralnya. Pakan yang bagus, selain lengkap nutrisinya seperti protein, karbohidrat, juga lengkap vitaminnya seperti vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanid

 

e) B6, B12, C dan K3. Selain itu, perlu pula mengandung zat esensial. Di samping vitamin, perlu juga kecukupan mineral. Mineral dibutuhkan dalam pembentukan darah dan tulang, keseimbangan cairan tubuh, fungsi syaraf yang sehat, fungsi sistem pembuluh darah jantung dan lain-lain. Seperti vitamin, mineral berfungsi sebagai ko-enzim, memungkinkan tubuh melakukan fungsinya seperti memproduksi tenaga, pertumbuhan dan penyembuhan.

Yang termasuk mineral yang diperlukan burung kenari adalah Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin dan Kalium. Saya punya resep bagaimana mencukupi kebutuhan gizi terutama pada anakan kenari agar pertumbuhannya maksimal nantinya. (Resep ini bisa didapat di Puri Kenari jika anda mengunjungi kami nantinya).

Makanan yang sesuai untuk burung kenari

  1. Bijian Mix. Pakan utama burung ini adalah canary seed. Tetapi kita dapat memberikan biji-bijian yang telah dicampur yang banyak dijual di pasaran.
  2. Sayuran dan buah-buahan. Burung Kenari sangat menggemari sayur dan buah-buahan seperti: daun pok choy, selada, daun sawi, gambas, mentimun, paprica, wortel, buah apel, buah pir, jagung muda. Warna yang cerah pada bulu kenari akan timbul apabila anda secara rutin memberikan makanan berupa sayuran berwarna hijau tua.
  3. Telur dan Kroto. Pada kondisi tertentu, kedua pakan ini sangat dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan, vitalitas fungsi-fungsi organ burung kenari. Telur dan kroto tidak boleh berlebihan dalam pemberiannya, karena dapat mengakibatkan kegemukan pada burung kenari.  Kegemukan pada burung bisa berimbas pada suara yang melemah untuk burung jantan, dan bagi betina bisa mengakibatkan susah bertelur, dan kadang telur menjadi sulit dibuahi.  Jadi supaya tetap terjaga, untuk burung dewasa, berikan telur puyuh setengah iris sekali seminggu. Apabila terlanjur kenari kegemukan, jangan lagi berikan telur, tapi perbanyak serat berupa sayur dan buah-buahan.
  4. Roti kering. Disamping menggemari pakan-pakan diatas, burung Kenari juga menyukai roti kering (jangan berikan roti kering yang memiliki kandungan garam dan gula yang tinggi).

 

Minum

  1. Banyak pemilik kenari yang melakukan kesalahan fatal dalam perawatan kenari, yaitu lupa mengisi air minum atau mengganti air yang sudah kotor.  Kenari adalah burung yang sangat memerlukan air untuk tetap hidup, dan juga kenari seringkali terlihat mandi di cepuk tempat minumnya. Jadi dijaga jangan sampai tempat minum kosong dan kotor.
  2. Seminggu sekali campurkan minuman larutan penyegar yang tanpa rasa dengan perbandingan 1:5 dengan air biasa.  Terutama dimasa musim kemarau yang panjang dan panas yang terik, kenari perlu cairan yang baik dan menyehatkan. Hal ini juga untuk menjaga agar tubuh kenari tetap fit di musim kemarau yang terik.
  3. Vitamin bisa diberikan pada kenari untuk menjaga sistem metabolismenya bisa berjalan dengan baik, vitamin komplit memang banyak ditawarkan oleh merk-merk terkenal untuk perawatan hewan dan burung, tapi taukah anda jika ternyata vitamin untuk anak ternyata terbukti juga sangat baik pada urung kenari (disini saya menggunakan Biolysin vitamin anak) Dengan takaran untuk 1 gelas aqua tanggung diberikan 2 sendok makan vitamin, seminggu sekali.  Ini sudah lebih dari cukup untuk menjaga kenari tetap sehat, fit dan menjaga pertumbuhan lebih baik. Satu hal yang penting, ketika memberikan vitamin ini, ke dalam tempat minum burung di pagi hari, agar sorenya segera di buang dan diganti air biasa. Ini penting untuk senantiasa menjaga kebersihan air bagi burung.

 

Mandi

Burung kenari karena bentuknya yang kecil, tidak perlu tempat yang besar untuk mandi, cukup wadah mandi yang biasa di jual di toko peralatan dan perlengkapan burung. Apabila burung biasa mandi di cepuk/ wadah minumnya, usahakan agar tidak melakukannya karena akan mengotori air. Caranya adalah jangan mengisi air minum terlalu penuh, cukup seperempat atau setengah saja.  Dan sediakan wadah mandi di dasar sangkar.  Sehingga kenari tidak memilih mandi di wadah minumnya.

 

Penjemuran

Bagi anda yang sibuk, tentu akan sangat sulit melakukan hal ini, apalagi jika pekerja kantoran, berangkat jam 7 pulang bisa malam hari. Oleh karena itu lokasi untuk menaruh burung diusahakan terkena matahari pagi dan dilewati matahari jam 10 pagi.  Hal ini cukup untuk menjaga kesehatan dan kebutuhan kenari atas cahaya matahari (Misalnya ditaruh di bawah atap yang menghadap ke timur, otomatis akan terkena sinar matahari pagi secara langsung dan tidak akan terkena sampai siang hari) Tetapi hati-hati meninggalkan burung kenari anda, pastikan aman dari jangkauan anak kecil (nanti terlanjur dipake mainan dan buuuurrrr kabuuuur,  jauhkan dari jangkauan kucing dan pemangsa lainnya, serta jauhkan dari jangkauan pencuri he he he…

2 thoughts on “Perawatan Kenari bagi anda yang sibuk di Kantor (Kenari di Singaraja)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s