Breeding Kenari

Kematian Pada Telur Yang Menetas Paling Akhir

 

Pada intinya, kenari betina akan bertelur satu butir dalam sehari, biasanya pada pagi hari antara jam 6 sampai jam 10 pagi. Tetapi disaat kenari bertelur mulai saat telur pertama, indukan juga sekaligus mengerami telurnya.  Jadi apabila ada pertanyaan kapan indukan kenari mengeram??? Jawabnya sederhana, yaitu sejak telur pertama keluar, indukan betina sudah mulai mengeram.

Pada saat menetas, sekitar 14 hari sejak telur pertama (bisa mundur sampai 3 hari), satu persatu telur akan menetas, biasanya telur pertama yang keluar dari indukan dan dierami pada saat lebih awal akan menetas duluan, diikuti telur-telur yang lain pada hari-hari berikutnya.  Ini akan menjadi masalah dalam perkembangan anakan berdasarkan hukum alam, siapa yang kuat dia akan tetap bertahan untuk hidup.

Sering terjadi anakan pertama sebagai yang paling kuat fisiknya, karena sudah terlebih dahulu mendapatkan makanan dari induknya, akan terus merebut dan menuntut untuk selalu mendapat makanan paling duluan. Dia akan memposisikan diri paling depan dan bahkan kadang anakan yang lebih muda menjadi sasaran injakan oleh anakan yang lebih senior.  Akhirnya bisa kita tebak bahwa pertumbuhan anakan terakhir itu biasanya sedikit terhambat. Atau sering juga anakan terakhir mati karena kekurangan jatah makan yang sudah direbut oleh seniornya.

Ada beberapa teknik untuk mencegah kematian pada anakan kenari.  Apalagi anda yang menganut sistem poligami untuk mempercepat proses produksi.  Sebaiknya sejak telur pertama langsung diambil dulu dengan hati-hati lalu ditaruh pada sebuah cawan/ cangkir yang sudah dilapisi dengan kapas kering yang lembut (awas telur bisa pecah), lalu amati dengan seksama kondisi induk kenari, apabila tidak terlalu stres atau masih bersikap seperti biasa, mulailah ambil telur pada hari hari berikutnya sampai hari keempat tidak usah diambil, karena 90 persen kenari bertelur hanya 4 butir saja. Ketika disatukan kembali, lakukan dengan hati-hati agar betina indukan tidak kaget dan stres. Tunggulah sampai 14 hari, dan anda bisa mendapatkan anakan kenari dengan umur sama dan memiliki kesempatan hidup yang lebih baik. Disamping itu kesehatan anakan juga terjamin.

Selamat mencoba, semoga sukses…

Suksma

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s