Hal-hal sepele dalam memelihara Kenari, bisa berdampak besar…

Ada kalanya kita melakukan hal-hal sepele yang memang tidak terlalu penting, tapi bisa berakibat fatal dalam pemeliharaan Burung Kenari, berikut diantaranya:

  • Tidak membersihkan kandang secara teratur, Kandang itu tempat tinggal bagi mahluk didalamnya, apabila terlalu menumpuk kotoran dan kita jarang membersihkannya, banyak bakteri dan jamur yang akan berkembang, juga kutu dan parasit lain yang tentunya akan membuat Kenari anda bisa menjadi sakit. Kaki kenari bisa berjamur kalau tangkringan tidak secara berkala dibersihkan, Kenari juga akan malas bunyi dan bahkan menjadi serak bila tungau dan kutu menyerang. Oleh karena itu, secara berkala bersihkan kandang dan jangan lupa semprotkan campuran cairan desinfektan untuk menghentikan perkembangan bakteri dan jamur. Jangan pula lupa membersihkan wadah pakan dan minuman burung secara berkala juga, cuci bersih dengan sabun, hilangkan kerak dn lumut yang menempel, dan keringkan dengan sinar matahari, dan kemudian diisi kembali.
  • Jangan lupa memeriksa jeruji kandang kenari, mungkin ini jarang dilakukan, tetapi jika lalai akan berakibat sangat fatal. Bayangkan jika anda pemilik kenari yang lumayan mahal, ternyata karena keteledoran anda, jeruji kenari anda telah terbuka/ patah tanpa disadari. Akhirnya bur bur burrrr… Kenari kesayangan anda kabur, he he he.. Pasti anda hanya bisa meratapi nasib… Jadi, sebaiknya periksalah kandang anda baikbaik setiap hari, pastikan semua dalam kondisi baik…đŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s