Membedakan kenari jantan dan betina (Sexing)

Setelah burung kenari mencapai kematangan seksual akan relatif lebih mudah untuk menentukan jenis kelaminnya. Namun, penentuan jenis kelamin anakan kenari juga bukan hal yang mudah, harus mempertimbangkan ciri visual dan perilaku sehingga akan sangat meningkatkan akurasi seseorang untuk menentukan. Dan saya harus mengatakan bahwa selalu ada beberapa ruang untuk kesalahan. (disini pengalaman dan seringnya anda mengamati anakan kenari akan sangat penting)
Sexing di sarang.
Mereka yang beternak kenari ingin segera memisahkan burung muda secepat mungkin, karena dengan memisahkan anakan kenari jantan dari indukan lebih awal dapat membuat para konsumen bisa mengatur penjualan anakan. Untuk alasan ini beberapa peternak telah membuat studi yang sangat mendalam tentang bukti untuk menentukan jenis kelamin sedini mungkin. Bahkan, jika hal ini bisa dilakukan sebelum anakan kenari dewasa , itu lebih baik.

Ada banyak teknik pengenalan jantan-betina pada kenari muda, tapi saya tidak bisa menjamin untuk akurasi 100%, diantaranya :

• Penentuan jenis kelamin anakan kenari bisa sangat mudah dilakukan, ketika burung-burung muda masih dalam sarang, saat bulu pertama [mereka] tumbuh dan sayap mereka [masih terlihat seperti] sedotan/ bulu jarum. Hanya tekan sarang dengan jari Anda dan burung-burung betina akan tinggal di sana melihat Anda/ terdiam, sementara burung jantan semua akan menempatkan kepala mereka turun dan sementara pantat mereka naik ke atas. ​​Setiap burung yang menempatkan kepalanya seperti itu bisa dipastikan jantan.

• Saat kenari umur 3 minggu Taruhlah kenari pada sebidang kain atau handuk tebal, diamkanlah mereka disana, siapa yang terus bergerak maju, bisa dipastikan sebagai jantan, dan sekedar meloncat perlahan, biasanya betina.
• Pada bertengger bersama-sama, di usia 3 – 4 minggu, anakan kenari bila kita perhatikan, jari tengahnya ada yang lebih panjang dan menonjol dibanding dua jari lainnya, ini biasanya jantan sedangkan betina, biasanya jari tengahnya hampir sama dengan jari lainnya…

• Berdasarkan Lagu awal

Sampai kenari sepenuhnya disapih dan bisa merawat diri mereka sendiri ( ini bisa lebih dari satu bulan setelah menetas ) , suara mereka cukup banyak untuk mencicit mengemis untuk makanan atau untuk mengekspresikan hal-hal seperti terkejut, nyeri , atau jengkel dengan saudara kandungnya. Seringkali anakan kenari mencoba bernyanyi (ngeriwik). Lagu ini pertama dikenal sebagai sub – lagu , dan telah digambarkan sebagai suara Trilling melamun dari burung muda sambil dengan mata setengah tertutup dalam keadaan hampir tidur siang. Burung itu jelas bernyanyi dan tenggorokan yang kecil menjadi meningkat dalam refleksi redup dari apa yang tampak seperti ketika laki-laki dewasa bernyanyi . Saya telah mencatat bahwa, meskipun ini adalah langkah dalam pengembangan lagu jantan dewasa, proporsi yang signifikan ( sebanyak sekitar 1/ 3 di baris kenari dewasa) meskipun bisa berfungsi sebagai petunjuk awal untuk pembedaan jantan, tidak dapat dianggap sebagai definitif. Hal ini sampai ketika jantan muda mulai ke arah yang disebut lagu plastik , lagu itu bisa menjadi sedikit lebih dapat diandalkan sebagai indikasi gender. Dengan lagu plastik , pejantan muda mulai memasukkan frasa dewasa lirik dalam lagu mereka , meskipun lagu tersebut masih belum bisa ditetapkan. Sampai akhirnya anakan kenari benar-benar dewasa dan bernyanyi riang, kita baru yakin itu jantan, karena pernah saya temui kenari betina juga berbunyi sangat rajin dan ngeroll, sampai terfikir itu sebagai jantan, tetapi saat umur 7 bulan, saya lihat ada telur di wadah pakannya, akhirnya saya sadar kesalahan telah terjadi.

•Kebanyakan keturunan kenari memiliki dua jenis bulu karena mutasi yang terjadi pada beberapa waktu setelah perpecahan antara lagu kenari mewah dan jenis / postur / warna mewah terjadi . Mutasi adalah salah satu yang terjadi di kelompok kedua , dan karena pengaruhnya sebagian besar keturunan ini memiliki individu dengan bulu intensif ( juga disebut ” kuning ” atau “keras ” ) dan individu dengan non – intensif ( juga disebut ” banteng ” atau ” lunak ” ) bulu . Semua burung intensif, terlepas dari jenis kelamin , tampak lebih berwarna cerah . Menurut beberapa penulis kenari liar berkata bahwa kenari liar memiliki bulu di antara dua ekstrem , sementara yang lain mengklaim bahwa semua kenari liar memiliki bulu non – intensif. Sehingga tekstur bulu dari burung liar menyebabkan jumlah sedikit dimorfisme antara jenis kelamin , efeknya adalah bahwa jantan tampaknya berwarna kuning sedikit lebih terang sedangkan betina tampaknya berwarna  dengan sedikit kuning pucat . Pada kenyataannya warna yang sama dan apa yang berbeda adalah tekstur bulu. Karena keturunan lagu tidak mengalami mutasi intensif yang keturunan kenari lain memiliki , mereka juga dapat bergender oleh penampilan kecerahan kuning pada bulu mereka. Jelas perbedaan tipis terlihat terbaik tentang burung berwarna kuning jernih , karena mereka tidak memiliki pigmen gelap untuk mengaburkan pandangan seseorang . Jika dua kenari lagu kuning di bulu dewasa, berasal dari garis keluarga yang sama , secara signifikan berbeda dalam kecerahan kuning , apa yang pucat keseluruhan akan ayam . Sayangnya , metode ini hanya bekerja pada burung terkait sejak strain yang berbeda akan lebih cerah atau pucat . Karena mayoritas waterslagers berwarna kuning atau memiliki daerah gelap hanya kecil.

Sexing dengan Inspeksi
Ketika berhadapan dengan burung dewasa secara seksual dan dikondisikan ini adalah metode yang paling dekat dengan sangat mudah .
Berikut tiga foto mencoba untuk menggambarkan perbedaan antara kedua jenis kelamin .

 

Kenari Jantan dewasa, akan terlihat duburnya/ vennya lebih menonjol daripada kenari betina.

kenari jantan

 

Kenari betina terlihat bahwa Vennya sangat datar

kenari betina

 

Betina siap ternak, sedang birahi, warna di sekitar ven memerah..

Kenari betina birahi

12 thoughts on “Membedakan kenari jantan dan betina (Sexing)

  1. Dewa cahyadi

    Mantap gan !! Kenari memang menarik, dan yang paling penting bisa nambah penghasilan dari breding !! Sukses

    Reply
    1. Gede Budi Post author

      Benar pak Dewa, yang penting kita bisa merawat dengan baik, sehingga menghasilkan ternakan yang tentu saja berkualitas baik… Semoga sukses pak dewa Cahyadi… Dan maaf juga pak dewa, saya akhir2 ini agak sibuk di kerjaan, jadi kalo ingin mampir, silakan pas hari libur, akan lebih pas buat ngobrol…

      Reply
  2. Suambara Nengah

    Pak de budi, terimakasih tipsnya, sangat membantu, soalnya sering beli beberapa kali beli kenari jantan ternyata malah dapat betina, bisa di oper kesana ngga?

    Reply
    1. Gede Budi Post author

      Untuk barter silakan saja om… Ngga masalah buat saya… Semakin banyak kawan akan semakin baik. Selama ini saya lepas kenari hasil ternak sendiri biasanya kasih garansi, jadi kalo tidak sesuai dengan harapan, uang bisa kembali utuh… Suksma

      Reply
  3. sholikhan

    artikelnya lengkap kap,gan dorima kasih infonya.tpi sampai sekarang jg blm bsa bedakan jntan dan betinanya,sama”rajin berkicau so,alnya gan.

    Reply
    1. Gede Budi Post author

      Makasih banyak apresiasinya Gan, Seandainya memang cirinya jantan semua dalam satu sarang, kadang bs terjadi, Saya punya 3 ekor anakan dalam satu sarang dan semua jantan. Apapun itu tetap disyukuri Gan…

      Reply
      1. bayu

        Untuk perut jantan pas ditiup apa sama kaya perut betina om, itu kan kalo jantan cuma nampak vena aja coba kalo ditiup apa sama kaya betina. Maaf baru pemula om

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s