Mengapa Kenari Betina sering mencabuti bulunya sendiri…

Ada dua hal yang mungkin membuat kenari betina memiliki kebiasaan mencabuti bulunya sendiri
1 ) Pada saat Membangun sarang : Ketika burung kenari betina siap untuk bertelur , dalam banyak kasus akan memetik hanya sayap dan bulu ekor dan ditaruh di sarang , dalam beberapa kasus saya telah menyaksikan beberapa betina mencabut sisi depan bulu leher untuk tujuan yang sama . Alasan utama dari perilaku kenari betina ini desebabkan oleh:

  • Tidak adanya materi sarang saat burung kenari betina hendak bertelur
  • Ada bahan untuk sarang tetapi kurang sehingga kenari betina perlu mencabuti bulunya untuk melengkapi sarangnya.
  • Kemudian Material atau bahan bersarang telah disediakan tetapi kenari betina tidak suka dengan bahan yang ada.

Solusinya: Bahwa tiap burung punya tabiat yang berbeda, karakternya juga berbeda, ada yang suka bahan kasar dari jerami, atau daun cemara kering, ada yang lebih memilih sobekan kertas, kain, atau serat rami, atau ada juga yang lebih suka dengan kapas. Jadi berikan saja banyak pilihannya, selanjutnya ketika kenari sudah memilih dan sering terlihat mengangkut bahan tertentu, berikan saja dalam jumlah yang cukup.

2)  Penyakit : Jika burung kenari betina mencabut bulu sendiri dengan keluar perhatian untuk menempatkannya di sarang , mungkin satu atau lebihmembuat sarang dari alasan berikut :

Dia mungkin terkena tungau bulu atau bahkan kutu sehingga menyebabkan rasa gatal dan membuat kenari mencabuti bulunya. Jadi sebaiknya secara rutin berikan kenari anda semprotan antiseptik seperti dettol (dengan konsentrasi rendah misalnya dua tetes untuk setengah liter air) ini sangat efektif untuk memberantas kutu dan jamur pada burung. Jangan lupa juga untuk jaga kesehatan.

Cuaca bisa jadi ikut memberi andil, terutama pada saat panas yang ekstrim dengan kelembaban, membuat kenari betina mencabuti bulunya, solusinya adalah saat cuaca panas, atur penempatan kenari anda, sempatkan untuk melakukan penyiraman pada pekarangan rumah, disamping mengurangi debu juga mampu memberikan kelembaban pada udara dan mengurangi suhu udara yang sangat tinggi.

3) Ketika kenari mencabuti sisi depan leher , daerah dada atau / dan bahunya artinya itu pasti disebabakenarikan oleh kekurangan gizi .
Berikan nutrisi yang cukup seperti: Putih telur , kuning telur dan tulang sotong yang mengandung sebagian besar nutrisi ( vitamin dan mineral ) terutama , Protein , Vitamin A , kalsium , banyak jenis asam lemak dll lengkapi pula dengan sayuran berdaun hijau setidaknya 5 hari seminggu sepanjang tahun disamping bijian sebagai makanan pokoknya.

Semoga Sukses

Suksma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s