Tips membeli burung kenari

Berikut saya coba ilustrasikan beberapa tips untuk membeli kenari yang baik:

  • Perhatikan burung yang mau dibeli secara lebih teliti. Selain kerapian dan kebersihan bulunya, pastikan warna bulu juga mengkilap. Bulu yang bersih dan mengkilap menandakan satwa ini dalam kondisi sehat.
  • Perhatikan apakah ada kecatatan dalam tubuhnya. Memang, burung cacat pun bisa berkicau dengan baik ketika kecacatan tak terkait dengan sistem pernafasan. Tetapi dalam hal-hal tertentu, burung cacat akan mengalami kesulitan beraktivitas, daya tempurnya rendah, dan yang paling sering terjadi adalah kurang laku dijual kembali.  Jika Anda berkeinginan untuk tetap memeliharanya, mungkin karena suaranya bisa dijadikan hiburan di rumah, sebaiknya tanyakan kepada pedagang mengenai faktor penyebab kecacatan itu. Misalnya pernah terkena penyakit tertentu, mengalami trauma (sangkar jatuh, terjepit, dan lain-lain).
  • images2 Untuk jenis burung umum, misalnya sering dilombakan  atau banyak dipelihara para kicaumania , Anda bisa minta bantuan pedagang untuk melakukan sexing, atau membedakan jenis kelamin burung. Bisa juga membawa teman yang sudah berpengalaman (sering kali pedagang juga asal dalam membedakan jenis kelamin kenari). Tetapi jika burung yang mau dibeli jarang dijumpai di pasaran, apalagi belum diketahui bagaimana suaranya, maka kemungkinan untuk mendapatkan burung jantan dan betina adalah 50/50, alias untung-untungan.
  • Jika ingin mencari jenis burung tertentu, sebaiknya cari informasi dulu mengenai burung tersebut, mulai dari cara membedakan jantan dan betina, membedakan burung muda dan dewasa, perawatan hariannya  mudah atau sulit. Dengan demikian, Anda sudah memiliki modal dasar pengetahuan dan bisa digunakan untuk hunting di pasar burung. Informasi bisa diperoleh melalui fasilitas pencarian di Om Google.
  • Banyak penggemar burung yang rela berlama-lama di pedagang langganannya, untuk memantau burung yang diincarnya apakah sudah bersuara atau belum. Anda pun bisa melakukan hal ini, meski belum akrab atau kenal dekat dengan si pedagang.
    Anda bisa mengajaknya bicara tentang perawatan burung sambil tetap memperhatikan burung yang mau dibeli. Jangan khawatir, karena pedagang yang baik akan senang menemani anda dan menjelaskan setiap detail dari pertanyaan anda… he he he..seperti saya juga…
  • Apabila hunting burung di tempat yang masih asing, atau pedagang hanya menggelar lapaknya seminggu sekali, Anda mesti lebih cermat dan waspada. Biasanya para pedagang ini menggelar lapaknya di pinggir-pinggir jalan. Burung yang ditawarkannya pun beragam, dan rata-rata masih bakalan.
  • Apakah membeli di pasar burung? Apakah membeli di tempat penangkar burung ternapasar Bulelengma? Apakah membeli dari teman punya teman? Apakah membeli dari tetangganya tetangga? Atau membeli di lapangan latber/lomba? Mintalah referensi dari teman-teman sesama penghobi atau teman-teman komunitas hobi  burung untuk penjual burung yang jujur dan  bisa dipercaya. Penjual burung yang baik dan bertanggung jawab, umumnya memberikan garansi (kualitas, spesifikasi, gender dan lain-lain) untuk burung yang dijualnya.

     Berkaitan dengan ini, sangat disarankan juga membawa teman sebagai pendamping (berperan juga sebagai konsultan). Yaitu orang yang punya pengetahuan dan pengalaman lebih dari anda, untuk burung yang akan dibeli. Ini akan sangat berguna sebagai “second opinion” dan mengontrol emosi anda sewaktu membeli nantinya. 

     Akhirnya, dimana dan dari siapa anda akan membeli burung idaman tersebut, jangan emosi..! Kondisikan pikiran dengan tenang. 

  • Apabila burung idaman sudah sesuai dengan kriteria dan spesifikasi yang diinginkan, segeralah lakukan negosiasi harga dan beri keputusan untuk membeli. Tanyakan garansi tentang burung yang dijual, kelengkapan dan semua informasi yang berkenaan dengan burung yang anda beli. Mulai dari kelengkapan, pola perawatan, jenis makanan dan pola makan, stelan ektra fooding (EF) dan lain sebagainya.

  • Tetapi, kalau masih ada keraguan tentang burung yang akan dibeli atau burung tersebut tidak sesuai dengan kriteria yang diinginkan, jangan takut untuk mengatakannya dengan tegas: “Mohon maaf bli/pak.., bukan seperti ini burung yang saya cari..!” itu lebih baik, karena anda sebagai konsumen adalah raja, dan berhak mendapatkan layanan terbaik, jadi, semoga sukses dalam memilih calon Jawara anda…

 

Salam sukses dari Forum Kenari Buleleng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s