Beternak Kenari dan Potensi Pasar

Setiap ada email, sms maupun telpon saya selalu menanyakan kriteria F1YS yang dicari, rata-rata mereka meminta F1YS yang sudah siap ternak dengan suara isian Blackthroat, ciblek, Gelatik Batu maupun suara isian lainnya….. ketika saya menyebutkan nominal dari harga kenari yang dimaksud rata-rata mereka kaget karena merasa kemahalan, akhirnya saya bingung sendiri…. yang nyari kenari ini ngerti burung ngga sich hehe…. Perlu rekan-rekan ketahui harga seekor F1YS dengan suara isian harganya berkisar minimal 2 jutaan keatas sedangkan F1YS juara harganya bisa 2 juta, 5 juta bahkan bisa sampai 25 juta….

Disini saya tidak ingin membahas mengenai harga F1YS, tulisan saya diatas hanya memberi informasi saja bahwa harga F1YS itu tidak murah hehe…. Saya ingin coba membahas mengenai ternak kenari. Kalau saya perhatikan selama ini hobis yang baru belajar ternak kenari dalam memulai ternak hanya memikirkan output dari hasil ternak…. Gampangnya kalau kita ternak dengan indukan bagus atau mahal maka anakannya akan mahal sehingga penghasilan meningkat, padahal ternak kenari tidak semudah yang kita pikirkan… Keberhasilan dalam beternak kenari tidak hanya di tunjang oleh modal yang besar tetapi kesabaran, keuletan dan konsistensi peternak merupakan faktor penunjang keberhasilan lainnya. Saya sering mengelus dada sendiri (bukan dada orang lain lho hehe….) ketika dapat telpon dari seseorang yang menanyakan kenari Yorkshire untuk diternak…. Menurut penerawangan saya dari cara bicaranya saya bisa menangkap bahwa penelopon ini baru mengenal yang namanya kenari…. Saya sebagai orang yang berpengalaman dalam hal kerugian akibat kenari mati atau lepas hehe… mencoba menjelaskan bagaimana untung ruginya ternak kenari Yorkshire dan saya coba menyarankan agar mencoba ternak kenari yang levelnya di bawah Yorkshire dulu nanti sambil berjalan kualitas indukannya di tingkatkan. Dalam hal ini saya hanya memberi gambaran mengenai ternak Yorkshire selanjutnya keputusan ada di tangan di penelepon.

Peternak harus bijak dalam memilih kenari selain harus sesuai dengan passion juga harus memperhatikan lingkungan peternak…. karena masih banyak yang terkaget-kaget mendengarkan harga kenari impor. Ketika kita ternak kenari impor lingkungan sekitar kita merasa kemahalan akibatnya tidak ada yang mau beli. Seandainya kita membeli sepasang Yorkshire dengan harga 5 juta minimal harga anaknya 1 juta, tetapi lingkungan ternak kita hanya mau beli dengan harga 100.000 uang yang kita investasikan untuk membeli indukan akan lama kembalinya. Sialnya lagi ternak Yorkshire dengan Yorkshire jarang yang bisa berhasil, saya tidak yakin pemula akan sabar dalam menjalani ternak Yorkshire.cropped-kn561.jpg

Ada lagi pemula yang mencari kenari juara untuk diternak, dalam hal ini saya tidak mencela/menjelekkan tujuannya membeli kenari juara untuk di ternak tetapi bagi seorang pemula ternak kenari dengan kualitas indukan bagus akan sulit mendapatkan harga jual anakan yang sesuai dengan kualitas indukannya…. Dalam menjual kenari selain faktor dari kualitas kenari kompetensi peternaknya juga cukup memberi andil dalam menentukan harga kenari. Yang parahnya lagi kenari juara dirawat pemula akibatnya bisa patal kenari bukannya berkembang bagus malah ngedrop karena merawat kenari juara tidak sesimpel memelihara kenari biasa(lokal), akibat lanjutanya jangankan di jual modal dijual murah aja orang lain tidak mau …..

Itulah sekelumit pengalaman saya selama mengelola blog ini, banyak kejadian-kejadian yang mengiris hati mendengar cerita temen-temen pemula yang dikerjain senior. Sebetulnya bukan dikerjain tetapi miskomunikasi karena komunikasi dalam level yang tidak seimbang akibatnya ada salah satu yang menjadi korban…. Demikian mohon maaf kalau kurang berkenan…

Suksma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s