Beternak Kenari (Kenari Bali)

Berikut saya sajikan bagaimana beternak kenari dengan menggunakan peraga berupa gambar, sehingga akan mempermudah bagi anda dalam beternak kenari…

Langkah 1step1

Pilihlah kenari jantan dan kenari betina, biarkan kenari jantan berada dalam kandang yang terpisah dengan kenari betina, kerna kenari betina tidak dalam kondisi siap ternak, maka kenari jantan akan cenderung agresif menyerang kenari betina, terkadang hal ini bisa membuat kenari betina menjadi trauma dan sulit untuk diternakkan.

Langkah 2

Kenari Jantan yang siap diternakkan memiliki ciri-ciri umur sudah diatas 7 bulan, bisa bernyanyi dengan keras, apalagi jika didekatkan dengan pejantan lainnya, Kenari jantan akan semakin keras bernyanyi, bersikap step2sangat melindungi teritorialnya.

Kenari betina siap ternak biasanya diatas 6 bulan usianya, biasa berbunyi nyaring seperti cuit… untuk memanggil pejantan, terkadang jika benar-benar sudah siap apabila didekatkan dengan pejantan yang sedang berbunyi akan menggetarkan badannya sembari nerendahkan badannya (ngeper).

Langkah 3

Memperkenalkan kenari jantanstep3 pada kenari betina dengan mendekatkan sangkarnya sedemikian rupa sampai benar-benar nyaris menempel.  Ini kadang tidak mudah, dan lamanya juga tergantung pada kondisi serta karakter kenari, tetapi apabila keduanya tidak agresif dan berjodoh, biasanya kenari jantan akan mendekatkan paruhnya pada kenari betina, sehingga mereka saling menyuapi. Disinilah proses yang sangat penting.

Langkah 4

Berikan bahan atau tempat untuk bersarang. Anda bisa memakai bahan dari plastistep4k, dari jerami atau triplek, semua itu bisa saja dipakai asalkan kenari betina merasa nyaman. Dan jangan lupa sertakan beberapa rumput kering, sobekan kertas atau kapas yang lembut, karena meskipu sebagus apapun sarang yang anda buatkan, kenari betina akan tetap menata sarang yang menurutnya nyaman dengan materi yang ada disekitarnya.

Langkah 5step 5

Berikan nutrisi yang cukup, terutama kepada kenari betina, karena ketika bertelur kenari betina perlu mineral yang cukup agar telur yang dihasilkan sempurna, kenari juga perlu tambahan vitamin, dan serat untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap sehat. Selama mengeram kenari betina akan cenderung sedikit makannya, jadi nutrisi yang anda berikan harus mampu menopang kesehatan kenari betina agar mampu menghasilkan anakan berkualitas.

Langkah 6

Saat segalanya sudah tepat, satukan kenari anda dan cobalah untuk mengamatistep6 apakah kenari anda sudah siap? Jika ternyata masih agresif, pisahkan sejenak… Ulangi sampai anda yakin bahwa kenari betina akan diperlakukan dengan lembut dan baik oleh kenari jantan… he he he… Kadang-kadang saking agresifnya, kenari betina malah yang nguber kenari jantannya…

Langkah 7

Akhirnya kenari betina bertelur, jagalah ketenangan disekitar kenari betina, jangan sampai terganggu saat kenari betina mengeram. Jika kenari janstep7tan terlalu birahi, lebih baik pisahkan dan jauhkan dari kenari betina agar kenari betina tidak terpancing dan malah meninggalkan telurnya. Kondisi sekitar harus dibuat nyaman.

Langkah 8

Ketika telur menetas, kenari betina akan menyuapi anaknya. Sediakan makanan dengan kadar protein tinggi, sehat dan dalam jumlah yang cukup untuk disuapkan kepadan anakan kenari. Induk kenari akan menjaga anakannya sampai umur antara 3 sampai 4 minggu. Setelah itu pisahkan anakan kenari anda… Selamat anda telah sukses beternak kenari.

step8

Semoga sukses…

Suksma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s