Bagaimana Kondisi Kenari di 2014

Musim berganti, tahun terus berlalu dan akhirnya kita sambut 2014 dengan harapan yang lebih baik. Sebagai peternak kenari di Singaraja, saya sangat termotivasi untuk terus belajar dan senantiasa belajar. Bukan merasa berpuas diri dalam kondisi yang sudah ada. Karena di hadapan kita, persaingan akan semakin ketat dan berat.

Trend 2013 adalah trend kenari postur, dengan masteran blackthroat… Dimana betapa setiap mata akan melihat bahwa burung yang bodinya bongsor akan terlihat lebih baik dari kenari lokal. Kicauan kenari bongsor akan terasa lebih indah dan sugesti yang dihembuskan adalah power suaranya lebih dari kenari lokal yang sudah ada. Setiap orang yang datang di gubuk saya akan bertanya,” punya kenari F1Ys, F2Ys, F3Ys dst… ” Tanpa mereka paham apa arti keturunan dari Kenari Yorkshire tersebut.  Ketika saya tunjukkan perbedaannya, mereka hanya manggut-manggut saja, dan mulai menawar 700 ribu ya Om… Dan dengan segera saya menolaknya “Maaf, bukan segitu memang harganya… Saya jual standard F1 Ys sekian… ” he he he…

Ya begitulah gambaran kenari saat ini, tidak murah tetapi tetap diburu orang.  Saat ini dirumah memang ada kenari Yorkshire, tetapi ada juga koleksi kenari Border, Norwich, agate, Germany Cristed, dan banyak lainnya. Ketika tamu atau pengunjung datang semua hanya ternganga ketika melihat deretan Yorkshire dn turunannya… Saya jelaskan bahwa kenari bersuara bagus bukan hanya Yorkshire saja, Border juga merupakan kenari dengan postur unik, suara yang bervolume keras dan sangat panjang. Agate kenari dengan warna menarik dan sangat garang suaranya, Norwich adalah kenari jenis postur yang lengkingan suaranya sangat enak didengar,  jadi kenari yang baik itu bukan karena hanya keturunan YS saja, kenari berkualitas itu bisa dicetak dengan kreatifitas dari peternak sendiri.

Kita tidak bisa tepat memprediksi seperti apa trend kenari di masa depan, tapi saya harap kita akan lihat betapa kenari berkualitas itu bukan hanya karena dia turunan YS saja, masih banyak silangan-silangan kenari yang belum digarap, masih banyak lahan kenari yang belum di jamah secara serius yang apabila peternak bisa membuktikan kualitas Kenarinya dari hal baru, maka itu akan jadi trend centre di Tahun 2014.

Bagaimana trend terbentuk? Apakah importir kenari akan terus mendatangkan kenari-kenari dari luar negeri? Karena sedikit tidaknya para importir memiliki peran yang lumayan terhadap pergeseran trend. Bila terus digelontor kenari-kenari import, harga kenari Import akan terus mengalami penurunan, dan minat peternak juga akan semakin berkurang. Nah akhirnya rame-rame akan lepas stock kenari di pasaran yang akibatnya adalah harga yang panik an merosot tajam. Nah lho… he he he… (Tapi khan itu cuman prediksi)

Tapi dari pengalaman saya, kenari adalah burung yang sangat stabil harganya, meski cara ternaknya bisa dibilang mudah, tetapi tidak semua peternak akan tahan banting. Banyak juga kendala dalam beternak kenari termasuk bagaimana memasarkannya. Dari 10 tahun lalu sampai saat ini (yang saya tahu) harga kenari sangat stabil bahkan terus bergerak naik. Di Denpasar memang terjadi banjir kenari Lokal asal malang yang memang terbilang murah meriah. Tapi tetap saja saya yakin kualitas peternak kenari lokal di Bali (terutama di Singaraja he he he,,,) tetap terjaga. Seperti apapun, peminat kenari bisa membandingkan dari sisi ukuran, trah yang jelas, kualitas suara dan juga kejujuran.

Jadi saya sangat optimis akan peluang beternak kenari, dan percaya bahwa kenari dari peternak lokal Singaraja mampu bersaing dan kenari adalah hobi sepanjang masa buat saya pribadi… Persaingan akan semakin ketat, tetapi kejujuran adalah kunci utama sebagai jalan menuju sukses…

Suksma

6 thoughts on “Bagaimana Kondisi Kenari di 2014

    1. Gede Budi Post author

      Wah maaf Om Kalem, masih belum bisa saya pastikan jantan betinanya, sementara rata-rata umurnya antara 3 hari sampai 2 mingguan, ada 9 ekor tp dah ada yang pesan. Sabar ya Om. Pasti dapat gilirannya…

      Reply
  1. Aneu

    Buat om Budi sendiri kenari jenis apa yang lagunya merdu untuk menemani hari libur santai sambil baca buku (Borders, YS, Agate, germany…….?)

    Reply
    1. Gede Budi Post author

      Semua kenari punya kelebihan Om, dirumah saya punya YS, Border, agate, norwich dll, Masing2 punya keunikan sendiri, Yorkshire Sangat keras tapi kadang kurang terlalu sering berbunyi, border, punya suara yang keras dan powernya bagus, agate mental bertarungnya bagus apalagi kalo sudah agate lokal. Tapi apapun burungnya, semua punya karakteristik berbeda. Suksma

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s