Melatih mental burung kenari bakalan

Melatih mental burung kenari bakalan memang membutuhkan waktu, perjuangan, dan kerja keras pemilik atau perawatnya. Namun semua usaha itu akan terbalas jika burung menunjukkan tanda-tanda mulai rajin bunyi, jinak, bahkan mau dilombakan. Sebenarnya, di sinilah esensi sejati dari memelihara burung. Ada kepuasan atas hasil jerih payah kita sendiri. Bukan membeli jerih payah orang lain, dengan harga mahal, agar burung tersebut bisa berprestasi di lapangan.

Di sisi lain, tidak sedikit kicaumania yang bosan bahkan tidak sabar ketika melihat kenari yang dirawatnya sejak lama  hanya ngeriwik saja dan / atau tak memiliki mental yang baik.

Memelihara kenari tentu tak lepas dari urusan perawatan rutin. Bagian terpenting adalah konsistensi perawatan, di mana burung memiliki jadwal makan yang baik, termasuk kebutuhan Extra Food (EF), serta mandi dan jemur.

 

MELATIH MENTAL KENARI BAKALAN

Berikut ini beberapa tahapan melatih mental burung kenari.

1. Menggantung sangkar di tempat ramai

Tujuannya adalah membiasakan burung dengan lingkungan dan suasana ramai. Selain itu, melatihnya agar mau berkicau dalam kondisi tersebut.

Jika burung sudah anteng, meski  di sekitarnya ada aktivitas manusia, itu berarti mentalnya sudah mulai tumbuh bagus. Apalagi jika dalam kondisi tersebut, burung bukan sekadar anteng, tetapi juga mau mengeluarkan suara kicauannya.

Usahakan setiap hari lokasi menggantung sangkar dipindah-pindah (lebih bervariasi). Namun tetap perhatikan juga aspek keamanannnya.

 

2. Soal wadah pakan / minum dan tenggeran

Selama melatih, sebaiknya wadah pakan atau air minum tidak diganti-ganti, bahkan posisinya pun jangan diubah-ubah.

Tenggeran terpasang kuat pada jeruji sangkar, atau tak mudah goyah. Selain itu, tenggeran harus  nyaman dalam cengkeram jari-jari kakinya. Tenggeran yang sering goyang akan membuat burung merasa tidak nyaman dalam sangkar.

Untuk mengetahui lebih lanjut masalah tenggeran, silakan lihat pula beberapa referensi berikut ini:

 

3. Melatih kenari dengan 2-3 burung sejenis

Untuk meningkatkan mentalnya, sesekali kenari Anda bisa dilatih dengan 2-3 ekor burung sejenis, dan diusahakan umurnya hampir sepadan. Ini untuk menumbuhkan sifat fighter yang selalu muncul, tetapi seringkali tersembunyi dalam pemeliharaan manusia.

Yang perlu diingat, latihan atau gathering / ngetrek ini hanya boleh dilakukan jika burung dalam kondisi fit. Jika kurang fit tetap ditrek, kenari mudah sekali ngedrop. Sebab di sini kita sedang melatih mentalnya, sama sekali tak mempersoalkan dulu soal performa suaranya.

 

4. Sering diajak jalan-jalan ke arena lomba

Anda juga bisa membawa kenari bakalan ke lokasi latber / lomba, meski tidak ikut lomba. Burung cukup digantang dari kejauhan, sehingga terbiasa dengan ingar-bingar suara kicauan, apalagi disertai riuhnya teriakan pemilik atau joki burung yang berlomba.

Tujuannya untuk membiasakan burung dengan kondisi ramai, sehingga secara pelan tapi pasti mentalnya makin terasah. Burung  pun menjadi lebih berani berkicau, meski di sekitarnya banyak orang atau suara burung sejenis yang kencang.

5. Perawatan harian, vitamin, dan pola makan

Yang tak kalah penting adalah perawatan, termasuk pemberian vitamin dan pola makan yang teratur, terutama sayur, buah apel, telur puyuh, kroto dan sebagainya. Dengan begitu, selain memiliki mental baik, burung juga selalu dalam kondisi sehat dan fit. Sebab burung hanya akan rajin berkicau jika kondisinya fit.

9 thoughts on “Melatih mental burung kenari bakalan

    1. Gede Budi Post author

      Untuk kenari anakan, telur puyuh akan sangat bermanfaat, karena untuk pertumbuhan kenari muda sangat memerlukan banyak protein, sehingga bisa diberikan tiap hari/ 2 hari sekali. Tetapi untuk kenari dewasa, Frekuensi pemberian telur puyuh rebus cukup 3 – 4 hari sekali, itupun hanya diberikan separo saja. Sebab apabila pemberian telur puyuh rebus terlalu banyak, kenari berpotensi mengalami obesitas / kegemukan. Terutama pada kenari jantan akan sangat malas bunyi apabila telah mengalami kegemukan. Semoga bermanfaat….

      Reply
  1. Reivanz

    permisi om saya mw tnya, , apa yg haruz di perhatikan untuk merawat kenari af jantan bkalan yg sudah ngeriwik , agar cepat bunyi, , trmksh

    Reply
    1. Gede Budi Post author

      Kita bisa memberikan makanan khusus anakan kenari berupa CD/CeDe (*merk bebas) asal dengan komposisi dan manfaat yang sama yaitu EGG FOOD, porsi secukupnya. Selanjutnya tambahkan telur puyuh setengah atau 1 butir (direbus dulu sampai matang), bisa digantung atau taruh dicepuk khusus.
      Berikan juga jagung muda/manis, bisa dicacah dulu bagian kulit luarnya (agar bisa lebih mudah anakan memakannya). Untuk jenis buah lainnya bisa menggunakan buah Apel, bisa diselingi pemberiannya dengan buah jagung tadi setiap hari, (*menyesuaikan dengan jadwal saja, misal: Senin untuk buah jagung, Selasa buah apel, dst-nya),
      Selain itu, kita juga bisa memberikan sayuran bisa Selada ataupun Sawi Ijo/Bakso (setiap pagi pada jam ini untuk telur puyuh, buah & sayur harus selalu diganti dengan yang baru),
      Hal lainnya, walaupun belum terlalu bisa (baru belajar matuk-matuk) makan biji-bijian (Canary Seed) pakan biji-bijian tetap diberikan, porsi secukupnya. Umumnya anakan sudah bisa lancar makan biji-bijian pada usia 35-40 hari ke atas, tergantung pada naluri masing-masing anakan.
      NB: Penempatan kedua wadah/cepuk pakan untuk CD dan Canary Seed, dipasang pada sisi kiri & kanan sangkar, bisa di tangkringan atas ataupun tangkringan bawah. Penempatan cepuk bisa sesuai selera, asal tetap terjangkau oleh anakan kenari & pertimbangan ESTETIKA dalam sangkar. Setiap pagi pada jam ini, sisa pakan seperti kulit biji-bijian di kedua cepuk makanan (CD & Canary Seed) dibersihkan dengan cara ditiup perlahan, lalu tambahkan dengan yang baru dengan porsi secukupnya.

      A2. KEBERSIHAN SANGKAR, MANDI & PENJEMURAN RUTIN [WAJIB]

      Setelah pakan lengkap telah beres diberikan, lalu selanjutnya bisa mulai pembersihan sangkar, ganti alas koran dengan yang baru, intinya bersih-bersih sangkar pada umumnya.
      Khusus untuk mandi anakan, berikan cepuk khusus untuk mandi & usahakan JANGAN disemprot, karena kita tidak tahu kondisi asli anakan. Mandi merupakan Naluri, jadi biarkan anakan mandi dengan sendirinya. Jadwal mandi bisa selang seling setiap hari, misal: Senin – Mandi, Selasa – tidak mandi, begitu seterusnya. (Mandi bisa berbarengan dengan penjemuran)
      Sekitar jam 7 pagi semua sudah beres, lalu sudah bisa melakukan penjemuran. Cukup 60 – 90 menit saja & diusahakan jangan lebih dari jam 9 pagi karena panasnya sudah mulai beda, yang penting penjemuran ini bisa dilakukan setiap pagi/rutin,
      Selesai dijemur jangan lupa untuk anginkan dulu di tempat yang teduh sebentar, 15 – 30 menit saja. Setelah itu bisa dimasukan ke dalam ruangan rumah (kalau taruh dihalaman rumah takutnya nanti dicuri orang) yang sejuk yang ada sirkulasi udara yang baik,
      Setelah dianginkan tadi anakan boleh dikerodong atau tidak dikerodong juga tidak apa-apa (yang penting tidak kena terpaan angin secara langsung/kencang). Nah pada waktu ini, jika mau dimasteri dengan kicauan burung lainnya (Ciblek, BT, Prenjak, dllnya) itu bisa dilakukan. Atau cukup ditempel dengan Kenari yang dewasa yang sudah gacor, agar naluri berkicau (ngeriwik) nya cepat keluar.

      B. SORE, jam 16.00 WIB.

      Buka kerodong (jika dikerodong) sangkar anakan pada waktu sore ini lalu bisa anginkan dulu sebentar 15 menit sebelum melakukan bersih-bersih sisa pakan,
      Sangat disarankan -> Semua sisa telur puyuh (*sudah bau), buah & sayur (*sudah layu) yang pada jam PAGI diberikan, pada waktu sore jam 16.00 WIB diangkat/diambil dari dalam sangkar. Hal ini kita lakukan agar anakan kenari tidak memakan sisa pakan yang sudah basi/layu/berbau busuk, jadi anakan kenari kesayangan kita bisa selalu sehat.
      Setelah itu bisa dikerodong lagi, biarkan anakan kenari beristirahat sampai keesokan paginya lagi. NB: Jangan menunggu gelap baru dikerodong, karena cuaca tidak menentu, biasanya cuaca/terpaan angin sudah dingin, anakan kenari bisa sakit (nafas, masuk angin, dllnya).

      Reply
  2. Yudha Wistika

    Bro saya punya kenari pada waktu umur 2 bulanan kenarinya mau ngeriwik tapi setelah umur 4bulan kenarinya tidak mau bunyi,selama saya pelihara 4 bulan itu apakah ada yang salah

    Reply
    1. Gede Budi Post author

      Ada banyak hal yang bs jd latar belakang kenapa kenari berhenti ngeriwik:
      1. Krn mungkin saat itu kenari sedang murak/ Mabung, sehingga kenari muda akan berhenti ngeriwik.
      2. Kenari anda sakit (Cb teliti apakah kotorannya cair/ tingkah lakunya lemas/ dll)
      3. Kenari anda betina (krn kenari betina juga ngeriwik, tetapi saat umur 4 bln akan berhenti ngeriwik/ sesekali.

      Kenari Jantan muda umur 4 bln seharusnya telah mulai bunyi kasar dan terlihat ngerol panjang meski tidak keras (apabila dalam kondisi sehat)
      Suksma

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s