Beli Burung Bergaransi

Setelah bertahun tahun menjadi peternak kenari, saya berfikir bahwa kepercayaan pelanggan sangat penting… Karena sering saya dengar keluh kesah kawan-kawan kenari maniapasar Buleleng yang merasa tertipu, saat membeli kenari. Ada kalanya kenari yang dia beli ternyata berbeda jenis kelaminnya (Well sepandai-pandainya peternak melompat, kadang kepleset juga he he he… ) Memang tentang sexing ini agak rumit, perlu pengetahuan dan akurasinya hanya maksimal 90%, jika 10% nya meleset. Wah siapa Yang Bertanggungjawab???

Menurut saya penjual ataupun peternak harus punya tanggung jawab. Jangan hanya sekedar tiup huuuuf (maaf kloaka kenari) lalu bisa bilang jantan, bisa bilang betina… he he he…

Di Singaraja Kenari,  saya akan lakukan pengamatan mendetail, sejak dari telur sampai tumbuh bulu jarum. Kemudian saya tandai. lalu saya amati ketika sudah umur mandiri (bisa makan sendiri kira-kira 4 minggu). Lalu saya teruskan sampai umur 2 bulan. Kemudian ketika kenari anakan dalam kondisi sehat dan dengan penuh keyakinan, baru bisa lepas ke tangan yang sudah tidak sabar memiliki… Tetapi tentu saja saya akan berikan pesan sebagai berikut:

1. Jika jenis kelamin tidak sesuai, burung bisa kembali dan uang akan saya kembalikan penuh, ditambah biaya pakan Rp. 50.000,- tiap bulannya (Berlaku untuk F1Ys dst)

2. Apabila burung kembali dalam kondisi sakit akibat perawatan yang salah, saya bersedia merawat sampai benar-benar sehat kembali.

3. Jika ternyata dalam kondisi sakit, saya bersedia memberikan perawatan sampai sembuh, tetapi apabila mati mohon maaf, karena waktu melepas burung kenari, dalam kondisi fit (dijamin).

4. Garansi 1 bulan untuk kondisi sehat

5. Saya akan mengeluarkan sertifikat sesuai ring untuk menjaga agar burung benar-benar asli dari Singaraja Kenari (Ring : SGR dengan kode seri warna hijau untuk anakan kelahiran 2014). Dan sertifikat ini sebagai jaminan mutu dan kualitas anakan.

6. Untuk kebaikan anda, selalu konsultasi mengenai pakan yang baik, penyakit, dll atau setiap terjadi masalah. SMS di No 087762059151 (Mohon tdk telpon di jam kerja, soalnya saya sering ada rapat) juga silakan datang ke Singaraja Kenari (Alamat tertera jelas dalam blog ini) di hari sabtu dan minggu.

Semoga semua menjadi lebih nyaman, lebih menyenangkan dan tanpa maksud yang buruk tentunya. Kami ingin jadi pedagang yang fair, menjadi sahabat yang sehat dan hobi kenari tetap jalan terus. Suksma…

Leave a Reply

