Menjadi Peternak Kenari

Beternak kenari adalah sebuah bentuk usaha/ bisnis, tapi jangan juga hanya berfikir mengenai bisnis semata.  Beternak Kenari adalah hobi yang dilandasi kecintaan pada tingkah polah kenari.  Mengapa saya lebih menekankan pada sisi hobi??? Ketika Memelihara dan beternak kenari sudah menjadi hobi bagi, maka segala hal baik itu manis dan pahit dalam memelihara kYorkshireenari akan tetap membuat kita bisa bertahan. Memang banyak permasalahan dalam beternak kenari, kegagalan itu sudah menjadi makanan sehari-hari. Tetapi jika kita sudah terjun dan menggeluti dunia per-kenari-an, maka hobi ini akan tetap indah untuk dijalani.

Berikut ini adalah beberapa hal mengenai bagaimana caranya untuk memulai beternak kenari;

  1. Mantapkan niat anda untuk beternak kenari, karena bila anda sukses bukan tidak mungkin anda banyak mendapat keuntungan dari bisnis ini. Menggiurkan memang, namun beternak kenari tidaklah semudah seperti apa yang kita pikirkan, jadi niat harus kuat dan apabila masalah datang anda tidak mudah menyerah.
  2. Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai memelihara dan beternak kenari. Anda bisa mendapatkannya melalui browsing internet dan akan lebih mudah lagi jika anda langsung ngobrol dengan peternak yang sudah berpengalaman mencurahkan ilmunya dalam beternak kenari. Setiap peternak punya tips, trick yang berbeda-beda, cobalah untuk merangkumnya dan mulailah mencobanya. Jika berhasil kembangkan teknik tersebut dan mulailah menyempurnakan. Jangan takut untuk bereksperimen, temukan hal-hal baru yang bisa membuat kondisi kenari anda lebih baik.
  3. Persiapkan dana, untuk mencoba beternak kenari saya sarankan pelajari di kelas lokal terlebih dahulu, disamping lebih murah harganya, juga perawatannya lebih mudah dan tidak rewel, karena untuk kenari import memang perlu hal-hal khusus yang lebih rumit. Ketika anda telah berhasil beternak kenari lokal, mulai kembangkan dengan kenari dengan spesifikasi lainnya, misalnya kelas F1, F2, F3 atau bahkan kenari import seperti Border, Yorkshire, Norwich dsb.
  4.  Persiapan Tempat
    Untuk memulai beternak, anda bisa mempersiapkan tempat yg tersisa di rumah anda bisa di pekarangan belakang ataupun sisa ruangan di dalam rumah,dg catatan tempat yang akan dipakai masih masuk dalam kategori aman,yaitu tempat yg akan dipakai jangan sampai mudah diakses oleh umum,takutnya jika kita lengah bukannya burung bertambah malah hilang ada yang ngambil.Dan kalau bisa tempat yang akan di pakai jangan di tempat yg banyak di lalui orang rumah karena ketenangan si kenari juga harus jadi prioritas.
    untuk memulai ternak burung kenari ini siapkanlah tempat atau ruang bisa terbuka atau tertutup, dan usahakan sirkulasi udara tetap terjaga. Untuk kandang, jika anda punya uang lebih, bisa belikandang ternak kenari bali

    jadi atau pesan di tukang kayu.Sebagai informasi kandang yg saya gunakan sekarang adalah hasil buatan sendiri,maklum lah modalnya juga sedikit jadi menghemat pengeluaran he..he..

    Karena awalnya saya cuma punya satu pasang kenari, jadi saya membuat kandang yg kecil dg ukuran Lebar dan tinggi 75cm X panjangnya 110 cm,itu pun menggunakan bahan- bahan yg ada tanpa harus beli bahan baru cukup kayu sisa bangun rumah thickblock dan kawat ram sisa.Anda bisa menggunakan bahan apa saja yang terpenting adalah kandang tertutup dibagian kiri, kanan, dan belakang, kandang yang baik untuk burung kenari itu yang panjang bukan tinggi dan didalamnya harus ada kayu untuk bertengger(Tangkringan).

    Semoga akan semakin banyak peternak Kenari di Bali yang menuai kesuksesan.
    Suksma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s