Kenari Import Mandul???

Saat ini begitu banyak importir kenari yang memenuhi selera pasar dengan beberapa kenari jenis baru dari belahYorkshire Ring AB 2013an dunia lain. Banyak dari kita yang merasa asing bahkan takjub melihat kenari tersebut begitu beragam baik secara fisik maupun suaranya dan juga harganya he he he… Bayangkan ketika kita ditawari kenari Yorkshire dengan harga belasan juta Rupiah (tergantung kondisi). Beberapa kenari seperti Water Slager, Spanish Timbrado, Agate, Frill, Holand, Norwich, Border dll sudah banyak yang menjadi koleksi para pecinta kenari di tanah air.

Masalah akan datang ketika kita hendak mengawinkan kenari tersebut pada usia matang kelamin. Banyak yang menuai kegagalan dan juga banyak pecinta kenari yang kecewa ketika banyak telur yang sudah diharapkan ternyata tidak menetas.  Apa yang salah??? Apakah kenari import Mandul??? atau dimandulkan agar tidak bisa diternakkan diluar negeri???

Berikut salah satu komentar suhu/ Master Kenari Om Kian Sing:

” Memang ada beberapa orang, apalagi importer tertentu, yang mengatakan bahwa kenari impor mandul ataupun telah dimandulkan.

saya rasa hal ini salah besar, yg pasti untuk memandulkan butuh cara yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. perlu diketahui hal ini tidak sebanding dengan keinginan peternak kenari di negara barat untuk mempopulerkan burung ini. mereka bukan hanya sekedar peternak tetapi lebih condong ke pecinta atau penyayang kenari. sudah pasti, mereka tidak akan menjual atau memberikan burung kesayangannya kepada orang yang juga tidak penyanyang burung. dari kata ‘penyayang’ ini sudah pasti mereka tidak akan membuat burung kenarinya menjadi mandul.

di jaman dulu ketika pertama-tama burung kenari diimpor ke indonesia, para peternak atau pemelihara kenari di sini belum sepandai orang jaman sekarang (tetapi saya tidak mengatakan bahwa orang jaman dahulu adalah orang bodoh). makanan pun juga lebih bergizi sekarang. perawatan lebih istimewa saat ini. ini adalah sedikit contoh yang konkret.

dahulu kala, orang mengatakan kenari betina birahi bila di duburnya sudah sedikit merah. saat itu kenari jantan dan kenari betina dicampur dalam satu sangkar ternak. sekarang, peternak hanya memelihara betina dalam sangkar plus sarang dan tetek bengeknya. bila sudah membuat sarang (mbunderi) maka baru dikawinkan, cukup sekali dua kali untuk menjaga kesehatan. alhasil juga mengeluarkan anakan yang sehat2. mencampurkan pejantan dalam jangka yang lama pasti akan menurunkan kondisi tubuh (breeding condition). waktu betina birahi betul, pejantan sudah drop alias loyo atawa kuyu. saat itu pejantan sudah tidak mau ataupun sudah tidak bisa mengawini. keluarlah telur gemuk atau telur kosong. … dikira mandul!

jaman dulu pakan tidak sebersih dan sehigienis sekarang, tidak sekomplit sekarang. belum ada pakan impor yg mendukung burung untuk mempeng alias masuk tahap breeding condition. burung setengah teler dijadikan stallion, panenlah si peternak dengan telur kosong. … pejantan dicap mandul!

ini adalah beberapa contoh yang membuat orang jaman dulu ngomong kenari impor mandul. di rumah pak misterius, yorkshire-nya juga mempunyai anak, di rumah saya juga, di mana2 juga bergitu, pak slam, dll.

memang kenari sama seperti manusia, sebagai makluk hidup ciptaan Tuhan. tidak dipungkiri, ada juga kenari yang mandul tetapi inipun masih terbagi2 lagi … apakah betul mandul atau tidak pintar mengawini atau tidak dalam keadaan breeding condition.

demikian informasi menurut saya yang belum tentu betul…”

Jadi intinya adalah pola perawatan…..

Semoga bisa kita pahami bersama… Suksma…

 

2 thoughts on “Kenari Import Mandul???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s