Kenari Betina Ngeroll

Bagi seseorang yang telah lama berkecimpung di dunia kenari, pastilah sudah mengerti mengenai bermacam-macam karakteristik burung kenari. Seperti halnya makhluk hidup lainnya, kenari memiliki karakteristik atau sifat yang unik dan bermacam-macam.

Salah satunya yang sering ditemui adalah Kenari Betina yang bunyi ngerol panjang. Berikut curhat seorang temen di Kenari Bali;membuat sarang

“Saya pernah punya KN warna putih nyolok di Pasar Satria, waktu beli masih muda banget, saya beli karena waktu itu kepantau rajin ngeriwik n dapet jaminan jantan dari penjualnya. Postur proporsional dengan ukuran badan cukup besar untuk ukuran KN lokal. Stelah dipelihara beberapa bulan mulai bunyi ngerol keras tapi yg bikin “kesel” pas pagi buka kerodong, eeehh…. ada telur di dasar sangkar, besok harinya gitu juga selama 4 hari berturut-turut”.

He he he… Ya begitulah, memang ada beberapa betina yang punya karakter ngeroll dan biasanya agak sulit untuk dikawinkan karena sangat agresif alias galak. Sangat diperlukan ketelatenan dalam penangkaran kenari betina seperti ini, tetapi biasanya anakan yang dihasilkan akan memiliki jaminan suara yang dahsyat. Di Kenari Bali saya memiliki beberapa betina ngeroll sebagai indukan untuk disilangkan baik itu dengan Ys dan dengan F2 Ys, hasilnya akan jaminan mutu.

Semoga bermanfaat, suksma

One thought on “Kenari Betina Ngeroll

  1. Surya

    Ada yang tahu ngga , kenapa dengan kenari saya..:please:..:please:..:please:.
    pada saat tangan saya kedalam sangkar untuk mengambil cepuk pakan & cepuk minum , kenari saya seakan-seakan ingin menyerang tangan saya dan yang saya mau tanyakan apakah ini yang di namakan OB or Galak..???

    Reply

Leave a Reply

