Pemotongan Bulu di Sekitar Kloaka (Vent)

Pemotongan bulu di sekitar kloaka (vent) bisa dilakukan untuk calon induk jantan dan betina. Metode ini memiliki dua manfaat, yaitu untuk kebersihan dan kesehatan burung, serta untuk meningkatkan persentase telur fertil.

Bulu di sekitar kloaka yang dibiarkan tebal akan membuat proses kopulasi tidak sempurna. Meski induk jantan terlihat mengawini induk betina, sesungguhnya kloaka kedua induk tidak menempel sempurna. Hal ini membuat sel sperma tidak terpancar maksimal, atau bahkan berceceran di dasar kandang.

Dengan memotong bulu di sekitar kloaka, maka proses perkawinan bisa terjadi secara langsung tanpa ada hambatan. metode ini cukup efektif untuk menjamin keberhasilan penangkaran.

Suksma…

4 thoughts on “Pemotongan Bulu di Sekitar Kloaka (Vent)

  1. De Suambara

    Tiyang mau nanya bli, kalau indukan lokal apa perlu perlakuan yang sama nggih? Oh ya, kenarinya sampun ngeriwik keras, suksma sudah dapat yang terbaik kemaren.

    Reply
  2. Gede Budi Post author

    Sebenarnya teknik ini bisa diterapkan untuk kenari jenis apapun, termasuk burung penangkaran lainnya. Hanya saja agar lebih hati-hati dalam menggunting bulu, lakukan dalam ruangan karena jika kita lengah, kenari kesayangan bisa kabur ke rumah tetangga pak de, suksma…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s