Mengobati Cacingan Pada Kenari

Penghobi/peternak burung kenari kadangkala dihadapkan masalah kenari yang mengurus atau terkena cacingan. Pada kondisi demikian sebagai pemilik burung haruslah cepat merawat dan mengobati burung tersebut  secara khusus agar tidak berdampak fatal atau sampai mengakibatkan kematian burung kenari kesayangannya.

Burung kenari yang terkena cacingan biasanya kurus atau biasa disebut berdada nyilet karena sangat kurus. Sebagai peternak/pemilik burung kenari sebaiknya dapat membedakan burung kurus yang terkena cacingan atau sebab yang lain misalnya kekurangan gizi, infeksi bakteri atau yang lain.

Kurusnya kenari yang terkena cacingan disebabkan cacing yang masuk ke tubuh burung, berkembang biak dalam saluran pencernaan dan mengisap sebagian besar bahkan seluruh sari-sari makanan yang mestinya didistribusikan ke seluruh jaringan tubuh burung kenari.

Secara umum ciri-ciri burung kenari yang kurus akibat terkena cacingan menurut pengalaman saya pribadi dan beberapa pengalaman peternak burung kenari yang lain adalah sebagai berikut:

  • Gejala awal biasanya burung selalu gelisah seperti lapar, minta makan terus sampai nabrak-nabrak jeruji sangkar, dan ketika diberikan makanan, burung seperti tidak sabar ingin memakannya sampai hinggap di tangan.
  • Meskipun nafsu makan masih baik namun tubuh burung kenari akan terlihat sangat kurus.
  • Burung kenari bulunya mekar dan nyekukruk. Terkadang di pagi hari yang terang burung kenari seperti lemas dan tidur. Kemudian ketika terbangun akan gelisah seperti kelaparan. Namun lama kelamaan jika tidak segera ditangani nafsu makan akan menurun drastis dan berakibat fatal.
  • Pada saat buang kotoran, burung kenari tampak seperti kesulitan mengeluarkan feces/kotorannya. Dan terdapat bekas-bekas kotorannya di sekitar kloaka.
  • Untuk lebih memastikan burung kenari terkena cacingan dapat dilihat dari feces atau kotoran burung kenari tersebut. Ciri feces/kotoran burung kenari yang terkena cacingan seperti mencret berwarna putih dan biasanya kotoran burung yang terinfeksi cacing akan disertai benda kecil memanjang yang bergerak-gerak. Bisa juga terlihat bulatan kecil berwarna putih atau putih kekuningan, yang menempel pada feces. Itulah telur cacing yang juga keluar bersama kotoran burung. Meski sering keluar bersama kotoran, karena telur dan cacing di dalam tubuh burung jumlahnya bisa mencapai ribuan, dan selalu berkembang biak jadi tidak mungkin habis jika tidak diobati.

Cara penanganan burung kenari yang terkena cacingan

  • Pisahkan / jauhkan burung kenari yang terkena cacingan dari burung yang lain. Agar tidak menulari dan dapat berkonsentrasi dengan proses penyembuhannya.
  •  Pastikan sangkar selalu bersih.
  • Pemberian pakan berupa sayuran sebaiknya dihentikan dahulu. Pakan biji-bijian yang akan diberikan sebaiknya disangrai / dipanaskan sebentar agar lebih steril.
  • Berikan obat cacing pada kenari, dengan cara dicampur dengan air minum yang matang dan diteteskan langsung melalui paruh burung. Jangan lupa ganti air minum tiap hari.

2 thoughts on “Mengobati Cacingan Pada Kenari

  1. Dewa Waskita

    salam kenal bli Budi.. saya eka waskita dari mengwi..

    bli budi saya mau nanya.. masalah obat cacingan.
    bli budi biasanya kasi obat merk apa??
    boleh dikasi combantrine??

    suksma blli

    Reply
    1. Gede Budi Post author

      Pirantel Pamoat adalah salah satu jenis zat kimia yang paling efektif membasmi cacing dengan efek samping sangat minimal, Pirantel Pamoat terdapat juga pada Combatrine, Untuk penggunaan sebaiknya jangan di taruh di air minum, tetapi sebaiknya gunakan di telur/ dioleskan pada separuh telur puyuh. Selamat mencoba…

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s