1. Tips Beternak Kenari: Kesabaran

Setiap kita pasti ingin merasakan kesuksesan.­čÖé dalam segala hal, termasuk memelihara dan beternak burung kenari.

Kata Kunci “Segala sesuatu dalam kehidupan ada sebuah proses yang harus dilewati, kesabaran kita dalam melewati proses tersebut akan mempengaruhi hasil akhirnya. “

Setiap kita selalu termotivasi oleh kisah orang lain, tetapi dalam hal ini kita harus sabar dan tekun. Beternak kenari bukan hal yang sepenuhnya mudah, juga bukan hal yang terlalu sulit. Kuncinya adalah kesabaran dan ketekunan.

  • Bersabarlah dalam mempelajari karakter Kenari anda

20140518_153048~2Karena tiap burung kenari memiliki karakter yang berbeda sebagai individu, lihat dan amatilah, ada burung kenari yang suka makan canary sheet, ada yang hanya makan biji hitam/ sawi, ada yang hanya suka makan telur puyuh, ada yang sangat suka sayur dan yang lain tidak, ada yang suka dijemur lama, ada yang sakit bila lama dijemur, ada yang sangat over birahi, ada yang biasa saja. Well… Seperti itulah kenari, tiap individu punya karakter beda yang harus kita pahami, sehingga kita akan bisa mengatur settingannya, dan beternak kenari bisa menghasilkan.

“Sebisa Mungkin Mulai Peliharalah Kenari dari Anakan”┬ásehingga dengan begitu anda akan mengenali karakter kenari yang anda miliki.

Seringkali ketika membeli kenari yang sudah jadi, misalnya membeli kenari F1Ys atau F2Ys yang sudah mapan umur dan sudah menghasilkan, ketika anda beli dan bawa kerumah dengan segenap harapan, ternyata setelah beberapa kali dikawinkan hasilnya NOL BESAR,┬áhe he he.. Apanya yang salah??? Semua sudah ditanyakan, pakan juga sama, tetapi kenyataan bahwa kenari yang telah umur dewasa lebih susah untuk melakukan penyesuaian dengan lingkungan baru. Inilah kenyataannya, Kenari dewasa akan cenderung murak/ Mabung begitu berpindah tempat. ┬áSehingga seringkali gagal untuk dijadikan indukan di tempat baru. Saya sendiri sudah membuktikannya. ┬áSaya take over kenari F2Ys milik seorang kawan usia 2 Tahun, dengan harga bersahabat Rp. 3 Juta. ┬áDan hasilnya, sampai saat ini tidak pernah menghasilkan, Saya juga take over Kenari jenis Norwich Usia 3 Tahun dan hasilnya┬áNOL BESAR. ┬áHe he he…­čÖé

images (4) images (9) images10

 

 

 

 

 

Dibalik semua kegagalan itu, saya jadi belajar banyak bahwa sukses itu tidak seperti membuat mie instan yang 5 menit bisa jadi. Sukses itu memiliki kata kunci “Kesabaran, Ketekunan dan Tetap terus Belajar”. Nah sekarang ini apakah saya bisa dibilang sukses??? Nah lho.. ternyata saya merasa belum sukses sama sekali… Masih banyak Jenis kenari yang belum saya explore… Ternyata di dunia ini banyak sekali type kenari yang memang belum tersedia atau jumlahnya terbatas. ┬áRatusan jenis kenari ini ternyata baru sedikit yang ada dan tersedia di Indonesia. banyak keinginan saya untuk melakukan Persilangan kenari yang nantinya diharapkan bisa mendapatkan Galur Murni yang baru dan stabil. Dan bagi saya ini adalah hobi yang akan dijalani seumur hidup he he he… Saya bukan sekedar penjual kenari, dagang kenari (Meskipun saya juga dagang). Tetapi motivasi terbesar saya adalah bagaimana menciptakan sesuatu yang baru dari kenari disaat yang lain belum punya.

Yorkshire Ring AB 2013 images2

 

Saya sulit sekali menjelaskan hal ini kepada kawan-kawan, para sahabat Kenari Bali, tetapi dibalik semua itu, keinginan saya dari dalam hati adalah agar makin banyak Kenari Mania di Bali yang termotivasi dan berbahagia dengan Kenarinya dan juga mendapatkan kesuksesan sebenarnya.

Semoga Bermanfaat

images9

Suksma

Leave a Reply

