2. Tips Beternak Kenari : Belajar dan Terus Belajar dari Banyak Sumber…

Jika saya mendengar sharing dengan beberapa teman:

“Bli, kenapa kenari saya belum menetas juga, sudah berkali-kali bertelur, beli kenari yang siapan dan bertelur, gagal lagi dan lagi… Saya sudah capek beternak kenari, mood sudah hilang, Bagaimana ini Bli???”

Keluh kesah ini disampaikan sambil nyantai dan ngopi di teras rumah, sambil memandang anakan kenari saya yang baru umur 2 minggu sedang disuapi induknya. Saya agak susah menjawab pertanyaan seperti ini. Seujujurnya kegagalan juga telah menghantui saya selama awal belajar beternak kenari. Sekitar 3-4 tahun saya hanya bisa meratapi nasib yang sial. Bukan berarti saat ini saya telah mencapai sukses dalam beternak kenari, belum… Sukses itu relatif, tapi saya bahagia saat melihat anakan kenari sudah menetas, dan kegembiraan hati saya saat bisa menyilangkan beberapa jenis kenari baru yang beragam hingga saat ini.

Dulu tiap ketemu pedagang kenari, ataupun datang ke rumah peternak kenari, selalu tersisip pertanyaan “Bagaimana Cara Beternak Kenari???” Ada yang menjawab dengan sangat baik, ada yang jawabnya malas-malasan, ada yang menggebu-gebu, ada yang bohong, ada yang ngawur, dan ada yang sengaja menjebak he he he..

Dulu tiap saat, saya selalu berusaha buka web yang terpercaya, web yang mau menjawab setiap pertanyaan dan keluh kesah, web yang rajin dibuka, dan web yang memang memiliki keahlian sebenarnya di bidang kenari. Dan banyak belajar dari teknologi juga…🙂

Selain itu cobalah untuk berimprovisasi sendiri, inilah uniknya hobi ini, karena kita bisa menemukan hal-hal baru yang cukup unik untuk merawat kenari, misalnya ada teman yang menerapi kenarinya dengan Garam, artinya bahwa dalam satu kaleng pakan kenari dia menaburkan setengah sendok teh garam, sangat unik dan ternyata ampuh untuk mencegah kenari betina mengalami kebotakan. Hal lain, misalnya kita menemukan bahwa daun mengkudu muda sangat berkhasiat untuk menghilangkan dahak pada kenari jantan, kemudian kita bisa memformulasikan setelan pakan terbaik untuk anakan kenari.

Sehingga kesimpulannya, teruslah belajar, dan belajar, dan belajar… Karena dengan begitu kesuksesan bisa lebih mudah diperoleh…

Jangan Pernah Menyerah

Suksma…🙂

4 thoughts on “2. Tips Beternak Kenari : Belajar dan Terus Belajar dari Banyak Sumber…

  1. Bujana

    Bli, beternak kenari menurut sy tdk semudah teorinya, hasilnx jg ngga bs diharapkan seperti hitung2an biasanx, itu yg buat pemula cepet kecewa.

    Reply
  2. putera

    Sebagai pemula, tiyang jg merasa begitu bli, sungguh sangat berat untuk memulai, banyak sekali kendalanya, tidak semanis mimpi, maaf tiyang ikutan pantau blog ini, suksma untuk motivasinya, semoga makin jaya bli, klo ada umur dan kesempatan, tiyang akan mampir.

    Reply

Leave a Reply

