Penanganan Kenari Mengeram saat Cuaca sangat Panas/ Ekstrim (Kemarau Panjang)

Musim panas bagi induk kenari sering menjadi hambatan peternak kenari terutama pada saat induk sedang mengeram dan akan menetaskan piyik/ anakannya. Biasanya telur yang sudah siap menetas kesulitan memecahkan kulit telurnya, sehingga anakan sering mati di dalam telur. Beberapa telur yang saya temukan dalam kondisi subur, terbuahi, dan embrio juga berkembang, namun kemungkinan karena cuaca yang sangat panas, pada akhirnya anakan kenari tidak mampu memecah kulit yang terlalu keras.

Beberapa tips yang akan sedikit membantu:

  • Lakukan penyiraman/ penyemprotan di halaman, sekitar kandang pada saat jam 12 siang. Hal ini akan sangat membantu menurunkan suhu udara di sekitar kandang. Pengalaman saya, biasa pulang istirahat kerja jam 12 siang dan hanya perlu waktu 5 menit untuk menyiram halaman dan pekarangan rumah.  Setelah saya lakukan hal ini secara rutin, maka semakin berkurang jumlah telur kenari yang gagal menetas.
  • Bila anda memakai kandang gantung, usahakan menaruh kenari pada posisi yang idealnya teduh, jangan terlalu banyak kena sinar matahari, jangan terlalu terang dan silau oleh cahaya matahari, usahakan pula untuk menanam pepohonan perindang yang intinya akan menambah kesejukan di sekitar rumah anda. Biasanya musim kering juga membawa angin kencang, jika memang pada saat itu angin sedang kencang, amankan kenari anda yang sedang mengeram agar tidak stres.
  • Ganti minum setiap hari, dan senantiasa menjaga kebersihan wadah minum ternakan anda, kenari sangat sensitif pada kualitas air yang anda gunakan, sebaiknya gunakan air minum yang matang dan berkualitas baik. Air dalam cepuk mandi juga harus disiapkan setiap hari buat induk mengeram. Secara alamiah induk akan memahami berapa kelembaban yang diperlukan telurnya, Jadi biarkan induk kenari yang mengeram mandi. Ini akan membantu kenari mengurangi panas dalam tubuhnya dan menjaga kelembaban telur yang dieraminya.
  • Tambahkan extra food berupa buah dan sayuran yang banyak mengandung air, misalnya timun, apel dll
  • Saat menjemur kenari cukup maksimal 30 menit, jangan terlalu lama, karena kenari yang terlalu lama mengalami dehidrasi akan menurun daya tahan tubuhnya. Ini situasional, apabila memang kenari anda saat mengeram mudah stres, jangan terlalu sering dipindah dan tidak perlu dijemur.

Semoga bermanfaat…..

Suksma

One thought on “Penanganan Kenari Mengeram saat Cuaca sangat Panas/ Ekstrim (Kemarau Panjang)

  1. samadi

    Bli, saya mau belajar ternak kenari boleh? ada lepas anakan bli? kalo boleh saya ambil bibit dari bli, saya dah punya sepasang gacor, tapi gagal terus saat mengeram, mudah-mudahan bisa dapat ilmu ternak dari bli, mohon bantuannya, suksma

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s