Merawat Kenari Sebaiknya dari Umur Bakalan (30 s.d 45 hari)

Bagi anda pecinta kenari, tentunya tidak awam lagi mengenai artikel ini. Saya juga sudah memposting beberapa artikel mengenai manfaat memiliki kenari di usia muda. Untuk merawat burung kenari yang umurnya masih di bawah 4 bulan memang membutuhkan kesabaran tersendiri, karena umumnya burung ini baru berkicau setelah berumur 5 – 6 bulan. Makin bertambah umur, makin bertambah rajin berkicau, kemudian menjadi gacor setelah burung dewasa dan siap mencari calon pasangannya. Ada hal-hal yang perlu difahami dalam merawat kenari berumur di bawah 4 bulan, sehingga perawatannya bisa lebih tepat untuk mencapai target saat dewasa nanti.

Saat ini, banyak kicaumcropped-img-20121231-00004.jpgania yang lebih menyukai membeli kenari yang berumur masih sangat muda. Selain harganya lebih murah, kenari yang berusia muda lebih mudah dimaster serta akan lebih mudah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Apabila targetnya ingin mencetak kenari lomba, maka kenari bahan harus berumur lebih muda lagi, sekitar 25 – 30 hari, karena itulah saatnya memulai pemasteran yang paling tepat. Anjuran ini juga pernah disampaikan juga beberapa kawan yang berniat melombakan jawaranya.

Berikut ini beberapa tips seputar perawatan burung kenari yang berumur kurang dari 4 bulan, agar mereka kelak menjadi kenari yang memiliki kualitas, baik dari segi mental maupun suara isiannya.

Kenari muda butuh makanan berprotein tinggi 

Setiap jenis burung pada kelompok umur manapun tentu membutuhkan nutrisi tinggi untuk pertumbuhan sel, bulu, perkembangan fungsi organ-organ tubuhnya, dan kebutuhan dasar lainnya. Yang agak berbeda adalah kadar zat gizi tertentu, yang harus disesuaikan dengan umurnya.

  • Kenari, maupun jenis burung lainnya, membutuhkan pakan berprotein tinggi ketika masih anakan. Sejumlah ahli unggas merekomendasikan kadar protein dalam pakan kenari anakan sekitar 20 – 22 %. Hal ini terutama untuk memacu perkembangan dan fungsi organ-organ tubuhnya yang memang belum sempurna, juga untuk pertumbuhan badannya.Ketika burung sudah remaja (4 – 7 bulan), kebutuhan protein tidak lagi sebesar fase anakan, biasanya hanya 14 – 16 %. Tetapi ketika burung sudah dewasa (8 bulan atau lebih), maka kebutuhan protein akan kembali meningkat menjadi 17 – 20 %. Jadi, fase anakan membutuhkan pakan dengan kadar protein paling tinggi.  Sebagian protein bisa didapatkan dari pakan kenari atau canary seed yang berkualitas, atau diselingi dengan pakan khusus seperti PRESTIGE & Egg Food berkualitas baik dan juga telur puyuh rebus segar, yang bisa diberikan 1-2 seminggu, atau bisa juga diselingi dengan pemberian kroto yang kaya akan protein. Tidak sedikit juga penggemar kenari yang membuat sendiri pakan kenari racikannya dengan mencampurkan beberapa pakan biji-bijian yang berprotein tinggi.Kenari muda juga membutuhkan vitamin dan mineral. Sebagian terdapat dalam pakan bijian, tetapi biasanya belum mencukupi kebutuhan hariannya. Karena itu, perlu disokong melalui pemberian buah dan sayuran, misalnya sayur hijau, sawi putih, pok choy dll.

    Sayuran yang diberikan untuk kenari muda atau bakalan sebaiknya memiliki warna hijau gelap, karena kaya vitamin A dan C, serta mengandung beberapa mineral penting seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium. Sayur-sayuran berwarna hijau tua juga merupakan sumber karotenoid, yang bermanfaat untuk memerangi radikal bebas.

    Buah-buahan juga penting bagi kenari muda atau bakalan. Buah-buahan sebaiknya diberikan dalam jumlah 1/4 saja. Jangan lupa kupas kulitnya dan buang bijinya, terutama untuk apel atau peer.

    Untuk pemberian vitamin bisa langsung anda konsultasikan ke Kenari Bali di Jl. P. Komodo Gang Aditya Blok B No. 16.

 

  • Kenari muda, yang umurnya masih di bawah 4 bulan, juga membutuhkan cahaya matahari untuk mendukung pertumbuhan, menguatkan tulang, serta bermanfaat dalam penyebaran minyak yang melapisi bulu-bulunya sehingga tampak kuat, berkilau dan antiair.

    Cahaya matahari mengandung banyak provitamin D, yang dibutuhkan burung muda. Hanya saja, penjemuran harus memperhitungkan waktu yang tepat, Waktu yang tepat untuk menjemur burung dimulai pada pagi hari hingga pukul 09.30 Cukup 30 menit saja. Hindari penjemuran burung melewati pukul 10.00 dan terlalu lama menjemurnya, karena intensitas cahaya matahari sudah cukup terik dan bisa membuat burung mengalami dehidrasi maupun iritasi pada matanya.

  • Extra fooding (EF) juga sangat diperlukan untuk kenari. Bahkan burung kenari maupuun burung jenis finch lainnya memerlukan pakan tambahan di luar pakan utamanya. Pakan tambahan yang bisa diberikan kepada kenari muda antara lain telur rebus, telur semut rangrang (kroto) dan egg food berkualitas baik.

    Secara umum, burung kenari biasa diberikan telur puyuh rebus sebagai pakan tambahannya. Selain itu. telur puyuh rebus juga dipercaya bisa meningkatkan birahi kenari dengan cepat. Karena itu, beberapa penggemar memberikan telur puyuh rebus secara berkala (tidak terlalu sering), untuk mencegah kenari over birahi. Ini berlaku untuk kenari dewasa.

    Berbeda dari perawatan kenari dewasa, telur rebus untuk kenari muda bisa diberikan secara terus-menerus, misalnya setiap hari, dengan porsi 1/2 butir, yang diberikan pada pagi dan sore hari. Sebab, seperti dijelaskan sebelumnya, kenari muda membutuhkan pakan berprotein tinggi. Pemberian telur puyuh rebus juga dapat menambah variasi pakannya.

    Selain telur rebus, pakan tambahan untuk kenari adalah telur semut rangrang atau kroto. Untuk kroto, pilih yang masih berbentuk kapsul, bukan dalam bentuk larva atau sudah menyerupai bentuk semutnya. Masukkan kroto kapsul k edalam wadah pakan terpisah dengan jumlah 5 – 7 butir, yang diberikan setiap hari.

    Burung yang masih sangat muda, misalnya umur 1-2 bulan, perlu dilatih dulu agar terbiasa memakan kroto. Sebab, burung kenari dewasa yang sebelumnya tak pernah makan kroto, sulit dilatih agar mau makan kroto. Jadi, pengenalan pakan ini harus dimulai sejak dini.

  • Waktu yang tepat untuk memaster burung kenari, sesuai dengan anjuran para pemain Lomba Kenari, adalah umur 25 – 30 hari. Jika Anda tidak berkesempatan memiliki kenari bahan semuda itu, bisa juga menggunakan burung yang berumur kurang dari 3 bulan untuk menjalani program pemasteran.

    Pemasteran kenari muda bisa menggunakan beberapa metode yang dirasa efektif. Misalnya dengan suara dari kicauan burung masteran. Tentu saja burung master harus dalam kondisi rajin bunyi / gacor. Bisa juga dengan memakai media suara burung dari mp3 atau perangkat elektronik lainnya. Metode terakhir ini memang lebih murah, mudah. dan bisa juga efektif. Semuanya tergantung dari penempatan, waktu, dan pengaturan suara yang diputarnya.

    Memaster burung muda akan lebih efektif jika kita menempatkan burung master dan kenari muda dalam satu ruangan. Dengan demikian, proses perekaman akan berjalan lebih sempurna dan lebih cepat daripada di luar ruangan

Merawat kenari muda memang tidak semudah membalik telapak tangan, butuh proses dan waktu cukup lama untuk menikmati hasil dari perawatan kita.  Untuk lebih jelasnya, silakan untuk berbincang-bincang mengenai kenari di Kenari Bali pada hari sabtu dan minggu, suksma…
cropped-kn561.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s