Mengatasi Jenuh (Tips Beternak Kenari)

Aktivitas kehidupan sehari-hari kadang membuat kita merasa jenuh dan bosan. Jika aktivitas yang kita kerjakan itu bervariasi atau berganti-ganti, mungkin rasa bosan itu tidak terjadi. Namun meskipun demikian, rutinitas yang dilakukan setiap harinya bisa memicu rasa jenuh dan bosan. Hal ini sangat erat hubungannya dengan pekerjaan yang digeluti.

Tentu saja menggeluti profesi sebagai peternak kenari tidak luput dari rasa jenuh atau bosan.  Keadaan tersebut makin diperparah oleh adanya beban akibat kegagalan dalam beternak, permasalahan dalam memelihara kenari dsb.  Stres bisa timbul kalau keadaan. Bagi mereka yang mengalami kejenuhan dalam beternak kenari, mungkin akan menganggap bahwa aktivitas memelihara kenari ini tidak menyenangkan lagi, statis, tidak berkembang bahkan mungkin tidak ada gunanya.

Tentu saja saya pernah bahkan sering mengalami kejenuhan dalam beternak kenari. Ada beberapa hal yang biasa saya lakukan untuk mengatasi rasa bosan dan jenuh tersebut, semoga ini bisa sedikit membantu:

  • Kurangnya variasi hidup
    Hidup yang terasa membosankan dan tak menarik, bisa jadi disebabkan oleh kurangnya variasi dalam menjalani hidup. Hidup yang dijalani monoton dan statis, itu-itu saja. Salah satu cara untuk bisa keluar dari hal ini adalah dengan membuat kegiatan maupun kebiasaan yang berbeda dan bervariasi dari waktu ke waktu. Misalnya mengubah suasana lingkungan dengan beberapa tanaman segar dalam pot, mengubah letak kandang dalam rumah, mendekorasi kandang dengan cat dll. usahakan untuk ganti suasana dan pemandangan.
  • Kurang tantangan dalam hidup
    Bisa jadi hidup terasa membosankan karena kurang tantangan atau bahkan tak ada tantangan sama sekali. Ada baiknya jika kita mencari dan menemukan target baru, misalnya jika anda telah jenuh dengan kenari lokal, cobalah untuk upgrade ke kenari yang lebih besar misalnya F1, F2, atau mencoba mengembangkan kenari import tertentu, mencoba menyilangkan jenis blackthroat dengan kenari juga akan jadi tantangan tersendiri untuk kita. Bisa juga dengan mengembangkan kenari dengan master berbeda atau warna bulu berbeda.
  • Kurang keterlibatan diri
    Kurangnya komunikasi dan interaksi dengan rekan bisa menjadi penyebab kejenuhan. Coba carilah beberapa sahabat pecinta kenari untuk sekedar mengungkapkan segala keluhan anda dan bertukar pikiran, sehingga kemudian anda mendapatkan pemikiran yang segar. Dan tentunya akan lebih memotivasi anda untuk lebih maju.
  • Kurangnya semangat dan dedikasi
    Semangat merupakan motor dalam hidup. Semangat yang didampingi dengan dedikasi membuat orang akan lebih tabah dalam menerima apa yang terjadi. Dalam mencapai tujuan diperlukan semangat dan kepercayaan untuk memperolehnya. Jalan kehidupan ini tidak semulus yang dibayangkan, banyak goncangan dan hambatan yang menghadang. Jika semangat sudah menyala lakukan sesuatu untuk meraih cita-cita dan tujuan.  Jadi tanpa ada semangat dan dedikasi yang kuat, tentunya kita akan selalu jenuh dalam melakukan sesuatu. Dan niasanya akan cenderung menyerah.
  • Tidak adanya pendamping hidup
    Ini yang sering dialami oleh kaum lajang. Apa yang dilakukan seakan tiada guna dan tak berarti. Kejenuhan kadang datang begitu cepat dan merasuk dalam kehidupan dalam waktu lama. Hal ini menyebabkan gairah hidup menjadi padam. Meskipun mampu berbuat sesuatu tetapi tidak tahu berbuat untuk apa dan untuk siapa. Jadi ya sekedar saran saja, Saya baru saja menikah bulan April lalu, dan saat ini saya merasa makin semangat dalam pekerjaan saya sebagai karyawan BPS Kabupaten Buleleng dan dalam aktivitas Hobi Burung Kenari. Istri sangat mendukung dan selalu memberikan semangat yang penuh buat saya untuk melakukan segala aktivitas saya.

Jadi demikian sekilas ide dan saran saya, bukan bermaksud menggurui, tetapi agar teman-teman pecinta Kenari tetap bersemangat.

Suksma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s