Kenari Bali

Peternak Burung Kenari di Singaraja

Sekali lagi mengenai istilah Kenari Lokal, AF, F1, F2, F3 dan seterusnya…

2 Comments

Kenari Mania Senior mungkin sudah paham betul makna dari penamaan Kenari Lokal,  AF, Kenari F1, Kenari F2 dan seterusnya… namun pemahaman itu kadang dibuat salah kaprah sehingga banyak pemula yang salah dalam memahami makna istilah tersebut. Kali ini saya akan berusaha menjelaskan makna dari istilah tersebut agar Kenari Mania mengerti pemahaman yang sebenarnya.

Di dalam dunia biologi, ada induk (jantan dan betina) sebagai PARENTAL (P). Hasil keturunan dari perkawinan induk tersebut menghasilkan FELIAL (F).

Breeding Kenari yang ingin menghasilkan keturunan yang lebih baik, sifat unggul dari salah satu induk (bahkan kedua induk) di dapatkan dengan menyilangkan kembali hasil keturunan (F) dengan basic blood dari induk (P).

Nahhh, ini bisa berlangsung sampai 4-7 tingkatan Breeding Chart. Di hasilkan F1 sampai F7, dan seterusnya. Penerapan istilah FELIAL (F) di dalam dunia Kenari Indonesia sudah salah kaprah dari yang semestinya. Penggunaan istilah F1, F2, F3, AF (Anak FELIAL) dianggap hanya untuk Kenari hasil silangan Kenari Jenis Yorkshire saja. Padahal ini berlaku untuk semua hasil perkawinan silangan Kenari.

Dalam pengertian istilah Keturunan Yorkshire yang berkembang selama ini, Kenari F1 Ys adalah anakan Kenari Yorkshire asli dengan Kenari Lokal, dengan ciri Body yang bongsor. Kenari F2 Ys adalah kenari keturunan dari Yorkshire asli (bisa jantan/betina) dengan kenari F1 Ys, yang tentunya body seharusnya bisa lebih besar dari F1Ys. Selanjutnya F3 Ys adalah keturunan dari Yorkshire asli dengan kenari F2 Ys yang seharusnya Body lebih bongsor dari F2 Ys dimana kemungkinan sudah mendekati Body Yorkshire asli. Dan seterusnya.

Sedangkan Kenari AF adalah kenari Lokal yang dikawinkan dengan kenari F1 Ys. Sehingga semoga Kenari Mania bisa mengerti bahwa istilah ini hanya sekedar istilah pasaran, yang mana menentukan dari segi harga dan body saja.

Suksma….

 

 

Advertisements

Author: Gede Budi

Hobi beternak kenari memang sangat menyenangkan, apalagi jika ternyata memang telah menghasilkan. Jadi buat kawan-kawan yang punya hobi sama, Jika ada keinginan dari kawan2 untuk berbagi pengalaman menangkarkan kenari, silakan untuk berkomentar atau mengisi blog ini dengan tips yang lebih baik. Saya akan dengan sangat terbuka menerima kritik dan masukan dari anda semua pecinta kenari. Saya juga beternak burung kenari dengan indukan terpilih dan menjamin mutu tiap anakan kenari dari Singaraja Bird Farm. Jika berminat silakan hubungi saya di No. berikut ini: 087762059151 Semoga Peternak Kenari Bali semakin berkembang... Suksma

2 thoughts on “Sekali lagi mengenai istilah Kenari Lokal, AF, F1, F2, F3 dan seterusnya…

  1. Saya punya kenari, dulu dagangnya bilang ini jenis F2 pak, tapi kok kecil ya? Saya beli seharga 2 Juta, Apakah Pak Budi bersedia buat ngeceknya?

    • Pak Putera, jika ingin membandingkan sebesar apa kenari F2, silakan mampir di pondok tiyang. Seringkali jika penjual kenari menjual kenarinya seringkali mengatakan yang dijual F1, F2, F3 dst, tetapi kenyataannya konsumen tertipu. Jd saya himbau untuk mengerti dulu apa itu kenari F1 Ys dst, dan berhati-hati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s