Manfaat daun mengkudu untuk Burung dan Unggas

Soal khasiat buah mengkudu (tibah-Bali) untuk manusia, Anda tentu sudah lama mengetahuinya. Buah ini memiliki banyak manfaat untuk menanggulangi berbagai jenis penyakit kronis pada manusia. Tetapi tahukah Anda, daun mengkudu juga bisa dimanfaatkan untuk burung kicauan dan unggas lainnya? Yuk kita simak manfaat daun mengkudu untuk burung dan unggas lainnya, berdasarkan penelitian Prof Dr Ir Yuli Retnani MSc, guru besar Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan, Insitut Pertanian Bogor (IPB).

daun-mengkudu

Sebagian dari kita pernah melihat, atau setidaknya mendengar, ada penggemar kenari yang  memberi daun mengkudu muda kepada burung piaraannya itu. Namun, sebagian dari kita seringkali tidak tahu apa sih manfaat pemberian daun mengkudu tersebut?

Meski praktik pemberian daun mengkudu lebih sering diaplikasikan pada burung kenari, sebenarnya hal ini juga bisa diterapkan pada berbagai jenis burung lainnya, bahkan untuk berbagai jenis unggas piaraan seperti ayam, itik, dan puyuh.

Kalau seorang kenarimania memberikan daun mengkudu kepada momongannya, biasanya dilakukan untuk mengobati penyakit infeksi tenggorokan, serak, membantu kenari bakalan supaya lebih rajin berbunyi, dan sebagainya.

Di luar kemanfaatan tersebut, secara umum daun mengkudu memiliki beberapa manfaat berikut ini:

  • Membantu melancarkan fungsi pencernaan pada burung.
  • Membantu menjaga stamina burung.
  • Memberi rasa tenang dan nyaman pada burung (antistres).
  • Membantu mengatasi burung yang kegemukan (obesitas).
  • Bersifat antialergi, sehingga mampu mengusir berbagai gejala alergi yang dialami burung akibat asupan pakan tertentu maupun polusi udara.

Dalam perkembangan terbaru, daun mengkudu juga memiliki manfaat dan khasiat lainnya, misalnya untuk meningkatkan produktivitas induk burung / unggas yang ada dalam kandang penangkaran.

Penelitian mengenai hal ini pernah dilakukan Prof Dr Ir Yuli Retnani MSc pada tahun 2012, atau setahun sebelum beliau dikukuhkan menjadi gurubesar Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan IPB.

Dalam penelitian tersebut, Prof Yuli Retnani membuat ekstrak dan tepung dari daun mengkudu, lalu dicampurkan ke dalam pakan burung puyuh. Hasilnya, burung puyuh yang mendapat perlakuan ini mengalami peningkatan produksi.

Burung-burung muda mengalami peningkatan pertumbuhan / laju pertambahan bobot badan. Bukan hanya itu, daun mengkudu ternyata juga bisa mempercepat umur dewasa kelamin burung, sehingga masa bertelurnya menjadi lebih cepat daripada sebelumnya.

Dalam hal ini, kelompok burung puyuh yang tidak mendapat perlakuan daun mengkudu rata-rata mencapai umur dewasa kelamin pada umur 7 minggu. Namun kelompok burung puyuh yang diberi perlakuan daun mengkudu bisa mencapai umur dewasa kelamin pada umur 5 minggu.

Yang lebih mengagumkan lagi, burung-burung yang dalam pakannya diberi daun mengkudu terbukti memiliki bobot telur lebih tinggi daripada burung-burung yang dijadikan kontrol (tanpa perlakuan daun mengkudu).

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan, daun mengkudu memiliki banyak manfaat pada burung maupun unggas lainnya. Penggunaan burung puyuh di sini sekadar mempercepat waktu penelitian, karena masa produksi burung puyuh memang sangat cepat, sebagaimana tikus yang sering dijadikan objek penelitian.

Pembuatan tepung daun mengkudu pun cukup sederhana, yaitu mengeringkan dan menggiling daun mengudu hingga menjadi tepung atau serbuk. Setelah itu tepung daun mengkudu bisa dicampurkan ke dalam pakan burung piaraan Anda.

Apabila Anda ingin memberikan daun mengkudu pada kenari atau burung finch, pilihlah daun yang masih muda, dalam hal ini bagian pucuk saja. Gantung daun mengkudu dalam jeruji sangkar, untuk dikonsumsi burung.

Selain cukup bermanfaat untuk burung yang masih muda atau bakalan, pemberian daun mengkudu pun tidak memiliki efek samping.

6 thoughts on “Manfaat daun mengkudu untuk Burung dan Unggas

  1. Wayan Indra

    Bli suksma dah kasih pengetauan, memang manfaatnya sudah dikenal secara baik buat manusia, tp buat burung kicauan belum. semoga ini memang baik

    Reply
  2. Pram

    Makasih mas, F2 nya yang ambil kemaren dah ditawar lagi di Banyuwangi, Kualitas dan bodynya bikin ngiler temen2 saya mas, Klo ada F3 nya saya dikabari, soalnya posisi agak jauh, makasih mas Budi

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s