Pemeliharaan Kenari saat Musim Kemarau Panjang…

Musim kemarau tahun 2014 berpotensi lebih kering dan lebih panjang dari tahun sebelumnya. Penyebabnya adalah El Nino, fenomena naiknya suhu muka laut di Samudra Pasifik yang memengaruhi pembentukan awan dan curah hujan di berbagai wilayah, termasuk Indonesia.

Kepala Pusat Meteorologi Publik, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Mulyono R Prabowo, mengatakan, “El Nino akan mengganggu proses pembentukan awan hujan, terutama di Indonesia Barat.”

Mulyono menerangkan, El Nino yang berpotensi datang pada bulan Juli hingga Agustus 2014 sebenarnya berskala lemah. Artinya, peningkatan suhu muka laut di Pasifik berkisar 0,5 hingga 1 derajat celsius.

Namun, El Nino tetap harus diantisipasi. “Karena terjadi ketika wilayah Indonesia, terutama Sumatera, Jawa, dan selatan Indonesia sedang mengalami musim kemarau,” kata Mulyono saat dihubungi Kompas.com, Jumat (16/5/2014).

Di Jawa dan Sumatera, El Nino berpotensi mendatangkan kemarau yang lebih kering dan panjang.

Dari kabar diatas, sebagai peternak kenari kita harus bisa memberikan perawatan kepada Kenari kesayangan agar kendala panas yang kering serta kemarau panjang tidak terlalu berpengaruh buruk. Dehidrasi sangat berbahaya, sehingga perawatan kenari pada musim kemarau panjang ini perlu sedikit extra hati-hati.

Jangan sampai kenari menjadi macet bunyi karena pola penjemuran yang berlebih di musim kemarau ini. Hal ini akan menjadi fatal, sebaiknya menjemur kenari hanya sampai jam 9 pagi saja. Selama sekitar 30 menit. Hal ini menurut saya sudah cukup untuk menjaga stabilitas kondisi kesehatan kenari. Jika berlebih dan terlalu siang di khawatirkan akan menyebabkan burung mengalami kerusakan pada bulu, dehidrasi dan kerusakan pada pita suara akibat kekurangan cairan.

Jangan lupa berikan/ ganti air bersih tiap hari untuk mandi dan minum. Burung kenari sangat menyukai mandi, apalagi jika dengan hawa sepanas ini, otomatis pasti akan selalu berusaha mandi apabila kita menyiapkan tempat air yang bersih dan sejuk. Jangan lupa juga dengan memberikan extra fooding berupa buah-buahan segar ataupun sayuran segar untuk memenuhi kebutuhan cairan, vitamin dan mineral. Buah mentimun menurut saya sangat cocok diberikan kenari pada musim kemarau. Buah ini dapat menghilangkan rasa haus dan memiliki khasiat untuk mengurangi dahak/ menghilangkan serak pada kenari.

Semoga bermanfaat

Suksma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s