Sejarah Awal Perkembangan Peternakan Kenari Dunia

Burung kenari pertama kali di temukan oleh pelaut Perancis  bernama Jea Deberthant cout di kepulauan Canari pada abat XV. Ia terkesan  karena keindahan dan kemerduan suaranya. Kemudian ia lantas menjual burung tersebut ke daerah Spanyol  dan beberapa  daerah di benua Eropa.canaria

Keaneka ragaman  jenis kenari ini yang sekarang merupakan perkembangan dan keturuinan  kenari liar yang bernama Latin SERIFENUS CANARIUS.  Banyaknya jenis kenari ini memang suatu proses baik akibat kondisi alam maupun perkawinan silang,yang telah terjadi sejak lebih dari  lima abad yang lalu.

Tersebarnya burung –burung kenari yang sampai keberbagai daerah dan menyesuaikan  situasi daerahnya,memang berbeda dengan iklim  dari daerah asalnya,  Sehingga mampu beradaptasi dan terjadi evolusi,perbedaan itu bisa juga karena  perkawinan dengan burung lain ( kawin silang). Hingga kini burung kenari hasil kawin silang tersebut telah mencapai ratusan jenis  kenari, termasuk yang sampai saat ini tidak teridentifikasi.

Dulu sejak kepulauan Canari di kuasai bangsa Spanyol tahun 1478,penangkapan  burung kenari  dilakukan secara besar besaran, sehingga burung tersebut di bawa ke Spanyol. Setelah disana ternyata burung kenari ini, di sukai oleh masyarakat Spanyol, kemudian di jadikan burung kesayangan di lingkungan kerajaan.

Pada perkembangan selanjutnya, para ahli  peternakan di Negara tersebut dapat menernakan dan berkembang biak. Yang menarik pada abad XVI  Spanyol menjadi Negara pengeksport kenari  pertama dengan cakupan Negara, Perancis, Jerman, Inggris, Italia,  serta Negara negara  erofa lainnya. Negara  Spanyol  hampir satu abad,  mengusai  perdagangan burung kenari.

Dalam menyebarkan kenari ke berbagai negara Spanyol sangat berhati hati  dan tidak ingin di saingi, dan dalam hal budi daya, warganya di larang menjual kenari betina ,sedang jantanlah yang di perbolehkan keluar/di perdagangkan keluar. Sedang sejak abad XVII  Monopoli tersebut telah berubah,atau berhenti. Berakhirnya ini karena bangsa Italia  sudah menemukan burung kenari dari pulau ELBA.

Keberadaan burung kenari Elba, terjadi akibat kandasnya, sebuah kapal milik Spanyol yang membawa burung kenari di pertengahan abad XVI. Burung kenari yang berhasil selamat yang tidak ikut tenggelam tersebut,  akhirnya  dapat menenukan tempat yang cocok untuk berkembang biak di pulau ELBA

Bangsa Italia yang berhasil mengembangkan kenari tersebut,kemudian juga berhasil mengeksport keberbagai negara, Erofa termasuk juga Inggris, Rusia, dan jerman.Dan perkembangan selanjutnya akibimages kenari ternakanat keuletan bangsa  Jerman pulalah  jerman dapat di katakan sebagai penghasil peternakan kenari, yang di antaranya hasil silangnya bernama kenari HANZERS atau RULLER,  NEUN BERGER, TRYROLER, dan jenis kenari lainnya.

Dalam perkembangan sesama peternak kenari,  Jerman lebih maju di banding dengan bangsa Spanyol  dan Italia. Banyak peternak kenari di Erofa. Pada abad XVIII telah muncul  dengan membuat perkumpulan burung kenari  dan penangkarnya.  Para penggiat kenari ini  di upayakan,  agar selalu dijaga  kemurnian habitat, serta kenariny,apalagi bibt yang unggul, yang bersuara merdu, bentuk tubuh dab keindahan bulunya, Selanjutnya permintaan kenari dari berbagai Negara yang  hanya di ambil dari segi suaranya saja.

Pemanfaatan  kenari  karena  warna dan bulunya sangat menawan dagingnya gurih untuk di konsumsi mungkin di Indonesia dengan istilah sate kenari. Dengan banyaknya permintaan akan daging burung kenari tersebut, membuat  penangkapan burung kenari di alam bebas di lakukan secara besar besaran,oleh bangsa Erofa, sehingga mengakibatkan pada abad ke XIX kenari di daerah asalnya menjadi minim bahkan dapat dikatakan punah.

Setelah punahnya dari negara asalnya, perburuan kenari di lanjutkan ke berbagai pulau di sekitar Pulau Canary, yang sampai di sebelah barat daya selat Gibraltar,  dekat pantai utara Afrika. Sedang Negara Inggris dalam perkembangannya juga telah berhasil menemukan kenari di pulau St. HELENA. Burung kenari dri pulai ini di kenal  dengan nama SAINT HELENA FINK,selanjutnya di kembangkan di Inggris.

Kenari dari Negara Inggris,  telah melahirkan beberapa kenari seperti Norwich,Scot, Fancy, London Fancy,Lizard dan banyak lagi lainnya, yang juga di kenal oleh para pendemen kenari dari Indonesia.

Majalah burung pas.com juga mencatat  negara Belanda yang yang kini di kenal sebagai  pengekspor  kenari  ke Indonesia, justru  burungnya di datangkan dari Inggris, Jerman,dan Belgia. Kenari- kenari tersebut telah di diternakan  di belanda  yang menghasilkan jenis kenari seperti BELGISCH, FICE DE PARIS, FRIS,  DE ROBAIX ,SERINS HOLANDERS dan sebagainya, yang tidak asing juga sering di konteskan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s