Tips: Air Liur Indukan Kenari Membuat Antibodi Anakan Jadi Lebih Kuat

Peternak kenari semakin banyak bermunculan dari pemula hingga tingkat master sekalipun. tapi beberapa teknik perawatan tiap peternak tentu saja tidak selalu sama. Misalnya dalam hal menyuapi anakan Kenari. Dengan harapan agar produksi semakin lancar dan cepat, Banyak peternak yang menggunakan beragam cara untuk memisahkan anak kenari di umur 7 hari dst. Banyak plus dan minakenariusnya, tetapi ini yang saya dapatkan dari penelitian saya sebagai peternak selama ini.

Menurut saya perawatan ternak burung kenari jawara tidak semudah merawat burung ternak yang seperti biasa pada umumnya. Dari segi cara meloloh/ menyuapi dari indukannya, Saya pernah melakukan percobaan dengan menyuapi kenari menggunakan spet dan dengan tangan, memang kenari akan tumbuh normal dan cepat gemuk, tetapi dengan membiarkan indukannya meloloh/ menyuapi anakannya itu sendiri, Air Liur indukan kenari itu mengandung antibodi yang menjadikan daya tahan tubuh anakan menjadi lebih kuat daripada anakan yang di Suapi oleh manusia.

Dalam masa pertumbuhan dari 4 ekor anakan kenari yang di besarkan dengan Indukan yang menyuapi anaknya sendiri dibanding 4 ekor anakan yang saya besarkan dengan saya suapi/ disuapi manusia. Karakter anakan kenari untuk mau makan sendiri lebih kuat dan lebih cepat, dan anakan kenari jantan lebih cepat ngeriwik. Disamping itu pada umur 3 bulan, 2 ekor anakan kenari yang pernah saya suapi mati akibat sakit. Sementara anakan kenari yang disuapi sendiri oleh indukan kenari tetap bertahan 4 ekor.

Mungkin ini hanya sekedar percobaan sederhana, dan belum bisa menggambarkan kesimpulan apapun secara gamblang dan terukur. Tetapi menurut saya dengan hal ini bisa memberikan sedikit Pencerahan pada kita semua tentang bagaimana menciptakan kenari Berkualitas.

Suksma

Leave a Reply

