Kenari Bali

Peternak Burung Kenari di Singaraja

Tips : Perlukah lampu dalam kandang ternak Kenari?

Leave a comment

Banyak pemula yang berpikir bahwa lampu penghangat didalam kandang sangat dibutuhkan. Pendapat itu tidak sepenuhnya salah. Tetapi beberapa peternak sukses justru memakai lampu pada saat tertentu. Semisal musim penghujan. Tetapi jika cuaca panas, maka lampu dalam kandang tidak diperlukan. Pada dasarnya beberapa kenari Import (dari eropa) malah akan merasa kepanasan bila suhu ruangan terlalu panas akibat keberadaan lampu dalam sangkar kenari.

Seringkali dalam beberapa percobaan dengan lampu terang yang menyala, Induk akan sibuk memberi makan anakan kenari, karena secara insting anakan kenari akan merasa masih terang dan akan terus merasa lapar. Induk kenari akan merasa kelelahan dan lesu akibat kurang istirahat, tentu ini akan berpengaruh pada kesehatan indukan kenari dan secara langsung akan berpengaruh pada anakannya.

Pengalaman para breeder berpengalaman juga menemui hal ini, jika lampu dalam kandang dinyalakan setiap malam (tanpa memandang cuaca) maka burung Kenari malah kondisinya tidak baik. Mereka terlihat lesu. Karena saat malam kenari-kenari tersebut terganggu istirahatnya. Logikanya, burung di alam bebas, saat gelap datang mereka akan mencari tempat untuk istirahat. Mereka tidak membutuhkan penerangan yang berlebih bahkan cenderung gelap. Dengan begitu mereka dapat istirahat dengan baik. Begitu pula dengan Kenari dalam kandang ternak.

Di beberapa negara Eropa, Lampu dalam kandang ternak diperlukan karena Cuaca atau suhu yang sangat dingin dan ekstrim.  Lampu juga digunakan sebagai pengganti sinar matahari karena saat musim dingin, suhu di luar ruangan bisa mencapai minus 5 derajad Celcius untuk beberapa bulan, sehingga diperlukan pengganti sinar matahari agar burung ternakan dalam ruangan tetap sehat.  Nah.. yang ini menjadi salah kaprah, kita hanya menirunya tanpa mengetahui detil nya bahwa lampu yang di gunakan juga bukan sembarang lampu. jenis lampu ternak pengganti sinar matahari adalah “LAMPU Full Spectrum” dengan spesifikasi UV A dan dan UV B yang tepat sesuai dengan keperluan breeding. jadi jika sekedar menggunakan lampu neon atau lampu pijar biasa tidak akan berpengaruh terhadap kesehatan burung kenari anda. tetapi sepanjang malam, burung anda akan kurang nyenyak tidurnya… 😀

 

Semoga bermanfaat…

Advertisements

Author: Gede Budi

Hobi beternak kenari memang sangat menyenangkan, apalagi jika ternyata memang telah menghasilkan. Jadi buat kawan-kawan yang punya hobi sama, Jika ada keinginan dari kawan2 untuk berbagi pengalaman menangkarkan kenari, silakan untuk berkomentar atau mengisi blog ini dengan tips yang lebih baik. Saya akan dengan sangat terbuka menerima kritik dan masukan dari anda semua pecinta kenari. Saya juga beternak burung kenari dengan indukan terpilih dan menjamin mutu tiap anakan kenari dari Singaraja Bird Farm. Jika berminat silakan hubungi saya di No. berikut ini: 087762059151 Semoga Peternak Kenari Bali semakin berkembang... Suksma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s