Yang Harus Dipahami Sebelum Beternak Kenari

1. Pahami Jenis Kenari yang akan dipelihara

Kenapa jenis kenari saya buat paling awal? Sebab jenis kenari yang diternak akan menentukan berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Saat ini sudah banyak jenis kenari yang familiar bagi kita. Anda bisa tentukan mana yang mau dibeli, apakah jenis AF, seri F dari yorkshire (YS), RI, YS lokal,lokal, dan sebagainya.

Anda bisa sekalian mencari info berapa harganya,dimana bisa membelinya, dalam atau luar kota. Informasi jenis kenari mudah kita dapatkan melalui internet. Salah satu referensi utama saya adalah www.kenaribali@wordpress.com

Doal jenis kenari tergantung selera dan harus disesuaikan dengan anggaran yang ada. Sebab semua jenis kenari itu baik atau memiliki prospek untuk diternak.

Sekarang tergantung pehamanan kita dan tentunya nanti akan menyinggung seberapa banyak anggaran yang ada. Juga perlu diperhatikan pula, apakah ini akan menjadi pekerjaan utama atau sekadar sampingan.

2. Pelajari pola perawatan harian dan penanganan umum

Sangat tidak tepat jika Anda sudah membeli burung, tapi bingung atau tidak mengerti cara merawatnya. Lha terus untuk apa dibeli ? Rata-rata menjawab: Mumpung ada dana, atau kebetulan murah, dan memang lagi mau ternak, jadi dibeli saja.

Tapi biasanya antara NAFSU dengan KEMAMPUAN belum seimbang. Lihat teman/tetangga sukses beternak kenari, kita lalu ikutan beternak kenari, padahal hasil ke depannya belum tentu sama.

Ketika burung tiba-tiba sakit, kita malah bingung sendiri bagaimana cara mengobatinya.Ketika burung sudah mau produksi, kita bingung bagaimana cara mengawinkannya.  Masih banyak lagi kebingungan lainnya akibat ketidaksiapan sejak awal beternak.

Nah, tentu kita tidak mau dibuat repot seperti itu kan? Jadi sebaiknya sebelum membeli burung harus mulai mencari informasi atau pengetahuan dasar tentang pola perawatan harian, pola pakan, penanganan ketika burung sakit, proses beternak, cara mengawinkan, cara menjaga kebersihan, dan lain-lain.

Paling cepat, informasi ini bisa dibaca/akses di internet (bebas akses 24 jam, asal mau mencari info tersebut), atau bisa bertanya ke rekan terdekat yang lebih faham.

Poin ini tetap penting untuk proses selanjutnya.Kelihatannya sepele, tapi sangat berpengaruh untuk hasil di kemudian.  Selebihnya, seiring waktu berjalan, nanti akan muncul pengalaman sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s