Kaki Kenari Bengkak

Tidak sedikit penggemar burung kenari yang mengeluhkan kalau kaki dari burung kenari peliharaan terlihat bengkak dan tidak sedikit juga yang memiliki anggapan bahwa bengkak pada kaki burung kenari tersebut di akibatkan oleh gigitan nyamuk, padahal kalau kita telusuri lebih lanjut sebenarnya banyak faktor yang bisa menjadi penyebab bengkaknya kaki kenari misalnya, bentuk atau bahan tenggeran yang  kurang cocok contohnya terbuat dari plastik dsb, akibat infeksi bakteri atau jamur dan penyakit serta faktor lain yang berkaitan dengan kondisi kandang yang kotor dan sebagainya.

Pada tahap-tahap awal pertama kaki bengkak (bubulan) atau dikenal dengan istilah Bumble foot pada burung kenari ini, bentuknya akan terlihat seperti jerawat yang kecil berwarna merah muda dan biasanya terletak pada telapak kaki atau diantrara kukunya, yang jika tidak segera diatasi maka  jerawat kecil tersebut akan menjadi semakin membengkak kebiruan pada kondisi inilah jika tidak segera ditangani bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada kaki kenari tersebut.

Kenapa kenari bisa tekena penyakit kaki bengkak atau bubulan tersebut, berikut ini adalah beberapa hal atau faktor yang bisa memicu timbulnya bumble foot atau bulbulan pada kenari :

  • Bengkak yang terjadi pada kaki kenari biasanya terjadi ketika kenari yang kelebihan makan makanan yang bisa menyebabkan berlebihnya asam urat didalam aliaran darah sehingga kelebihan tersebut akan menumpuk dan menjadi kristal yang seperti jarum tajam, dan jarum ini akan mengikuti aliran darah dan pada akhirnya menumpuk di persendian kaki atau telapak kaki dan menimbulkan infeksi didalamnya.
  • Burung kenari yang memiliki penyakit ginjal sangat rentan terhadap penyakit kaki bengkak ini.
  • Kenari yang mengalami obesitas rentan terhadap penyakit ini.
  • Kenari yang kelebihan metabolisme
  • dalam beberapa kasus kaki kenari yang bengkak ini juga bisa terjadi akibat tangkringan atau tenggeran yang tidak sesuai misalnya terbuat dari plastik, terlalu lebar dan terlalu tajam.

Mengapa bumble foot ini hanya mengenai kaki kenari saja ? penyebab penyakit kaki bengkak atau Bumble foot ini hanya terjadi pada kaki burung kenari adalah :

  • karena kaki merupakan daerah yang menerima banyak stress pada tubuh burung kenari.
  • karena berat asam urat yang terdapat dalam darah dan akan turun kebagian bawah dari tubuhnya akibat tarikan gravitasi.
  • Jerawat penyebab bengkak ini tidak akan muncul pada bagian lain dari tubuh burung kenari karena ada bulu-bulu yang mampu menyerap kelebihan asam urat.

Perawatan kenari yang terkena penyakit kaki bengkak atau Bumble Foot

Pada tahap awal pembengkakan , pengobatan terbaik adalah dengan cara melunakan tempat bertenggernya , caranya bisa dengan menggunakan perban atau kain yang dililitkan pada tenggerannya. sambil memberikan pola makan yang teratur dan lebih tinggi kandungan nutrisinya yaitu dengan memberikan sayuran yang berwarna hijau tua sebagai sumber vitamin A , atau lebih baik lagi menggunakan pakan burung yang berkualitas tinggi ( memiliki kandungan yang komplet dengan komposisi yang lebih tinggi dan berkualitas) .

Antibiotik bisa diberikan dan juga salep anti-inflamasi dan antibiotik topikal pada kakinya , Jika pembengkakan tersebut dalam kondisi yang sangat parah maka pemberian perban mungkin diperlukan dengan penggantian perban yang dilakukan secara berkala.

Sedangkan untuk pencegahan Burung Kenari agar tidak mudah terkena penyakit ini adalah:

  • Teratur membersihkan kandang dan tempat tenggerannya.
  • Memotong kuku kenari jika terlihat panjang.
  • Memberikan Vitamin seperti BirdVit dan BirdMineral sebagai imunitas dari berbagai macam penyakit.
  • Mengganti tenggeran dengan yang sesuai jika tenggeran yang digunakan dirasa kurang tepat, misalnya terlalu besar atau terlalu banyak ampelasnya.
  • Memberikan makanan yang mengandung Vitamin A seperti sayuran segar yang berwarna hijau tua.
  • Tidak berlebihan dalam memberikan telur rebus (saya biasakan 2 kali semm, karena dengan mengkonsumsi telur rebus yang berlebihan akan membuat kadar asam urat dalam tubuh burung menjadi meningkat dan hal ini bisa menjadi awal penyebab terjadinya penyakit kaki bulbulan atau Bumble Foot ini.

Semoga bermanfaat, Suksma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s