Mengapa sebaiknya kenari tidak dimandikan dengan cara disemprot???

Burung kenari merupakan burung yang sangat gemar mandi, tetapi ada satu hal yang harus kita ingat dalam memandikan burung kenari. ” Sebaiknya jangan sampai kita menyemprot burung kenari saat memandikan kenari. Seringkali dengan menyemprot kenari  akan malah menyebabkan kenari mengalami sesak nafas, keluyar cairan dari hidung dan seringkali juga akan terdapat banyak cairamandi2n dalam paru-paru kenari.

Burung tidak bisa batuk atau terus menerus bersin untuk mengeluarkan benda/ cairan asing yang masuk kedalam paru-parunya (tidak seperti manusia) sehingga apabila kita menyemprot kenari dimana kenari dalam kondisi tidak fit, bisa menyebabkan suara serak dan malah lambat laun bisa menyebabkan kematian.

Sebaiknya gunakan wadah air yang besar, biasanya ketika air kita ganti dengan air bersih, secara naluriah kenari akan mandi, ini berbeda karena dalam hal ini kenari sudah siap dan menahan nafas saat mandi dalam cepuk secara sadar, sehingga tidak ada cairan yang masuk ke lubang hidung, karena kenari sudah menahan nafasnya.

Untuk pengobatan (misalnya kutu dll) usahakan menyemprot tidak terlalu sering, saya biasanya lakukan secara berkala antara 3-6 bulan sekali (inipun harus sangat berhati-hati)

Semoga bermanfaat

Suksmamandi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s