Tips Mendapatkan Kenari Bakalan Berkualitas

Pada dasarnya Burung kenari memang begitu indah baik suara kicauannya maupun penampilan fisiknya, jadi sudah tak heran begitu banyak yang mempunyai burung kenari, karna Burung kenari memiliki banyak jenis dan setiap jenisnya memiliki keistimewaan masing-masing.

Agar lebih aman yakinkan diri anda, mencari kenari bakalan jenis apa, berkelamin apa dan dimana membelinya. Hal ini penting dan sangat penting dan akan menentukan keberhasilan anda dalam memelihara kenari;

1. Jenis Kenariimages50

Ada lima “varietas” burung kenari dewasa ini.

Varietas pertama adalah varietas lagu (song variety) yakni hasil pengembangan kenari untuk menghasilkan kenari dengan kemampuan bernyanyi yang bagus dan sedikit banyak mengabaikan masalah warna burung tersebut.

Varietas kedua adalah varietas kenari warna (color bred variety) yang merupakan hasil pengembangbiakan yang mengejar kualitas warna dengan sedikit banyak mengabaikan keindahan nyanyian si kenari.

Varietas ketiga adalah kenari postur (canary of posture) yakni kenari yang dikembangkan dengan sedikit memperhatikan warna  bulu dan sama sekali mengabaikan masalah lagu.

Varietas keempat adalah kenari bagal atau hybrid (the mule and hybrid canaries) yakni kenari hasil persilangan antara kenari dengan burung jenis finch lainnya untuk menghasilkan keturunan yang memiliki sifat tertentu yang menonjol, apakah itu di masalah warna, lagu, postur, atau kombinasi di antara tiga varietas yang disebut sebelumnya (ini contohnya adalah persilangan lizard dengan yorkshire, atau yorkshire dengan blacktrouth dan sebagainya).

Varietas kelima adalah varietas hasil persilangan dari semua ragam varietas di atas yang direkayasa bukan untuk tujuan khusus karena yang penting “bisa memuaskan” hasrat orang yang menangkar untuk bisa meghasilkan burung, apapun jenisnya.

Dengan kata lain, lima varietas kenari di atas adalah jenis kenari yang bisa disebut atau dikaitkan sebagai hasil mutan dan blasteran.

Nah, tidak semua kenari ada dan tersedia di Bali, bahkan Indonesia.  Tetapi pilihan yang tepat akan menentukan seperti apa kenari kita nanti.

 

2. Jenis Kelamin Kenari

jika memang sekedar ingin mendengar suara kenari, dan juga untuk tujuan lomba, pilihlah kenari jantan. Seringkali sebagai orang awam perlu mengetahui teknik sexing secara awal/ menentukan jenis kelamin kenari pada umur bakalan. Karena pedagang seperti biasanya tidak mau menanggung resiko dan hanya ingin mengejar keuntungan, sehingga tiap kenari selalu dianggap jantan, he he he.. Kesalahan memilih kenari ini bisa fatal, alias kenari yang kita pilih tidak akan pernah mau berbunyi….🙂 (karena betina)

 

3. Belilah pada peternak yang tepat

peternak yang baik, akan memberikan rawatan kenari yang sempurna dan terbaik, demikian pula biasanya memiliki trah yang jelas pada hasil ternakannya. Anda ketika bertanya akan dengan senang hati dijelaskan bagaimana langkah merawat kenari yang benar (bukan asal) Kemudian ada jaminan dan garansi bahwa kenari yang dijual sesuai dengan keinginan, biasanya jika tidak sesuai bisa ditukar dengan kenari lain atau uang bisa dikembalikan. Berbeda dengan sekedar penjual biasa. ( He he he.. Maaf ini pengalaman pribadi saya saat dulu membeli kenari).

Suksma

2 thoughts on “Tips Mendapatkan Kenari Bakalan Berkualitas

  1. Sandi

    Pak, boleh tiyang beli kenari F1Ys per satuan (hanya satu ekor) nggak borongan, soalnya dana terbatas nike, suksma…

    Reply
    1. Gede Budi Post author

      Silakan mampir ke markas kenari bali di Singaraja, kebetulan hanya rumah sederhana, belum punya kios. Pantau Langsung, Jika memang sesuai dengan kriteria, Sekedar melihat-lihat juga ngga masalah… Suksma

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s