Sebelum Memelihara “Kenari Import”

Akhir-akhir ini semakin banyak dan beragam burung kenari  imporan ke Indonesia. Kalau Anda termasuk salah satu pembeli burung misalnya yang selalu mendominasi adalah Yorkshire imporan, perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut agar tidak menyesal belakangan (la iyalah ya masak menyesal kok di depan hehehe).

1. Begitu membeli burung, Anda harus sudah menyiapkan multivitamin untuk memastikan daya tahan tubuhnya tidak mudah drop. Meskipun begitu datang di kandang importirnya pasti diberi multivitamin penambah daya tahan, Anda harus rutin memberikan selama pekan-pekan pertama pemeliharaan.

2. Pada pekan-pekan pertama perawatan, jangan diberi sayur atau hijauan dulu. Sebab, burung kenari imporan belum terbiasa diberi sayuran kawasan tropis. Jika Anda paksakan, kenari memang doyan sayur tetapi alat pencernaannya belum terbiasa mencerna sayuran tropis. Sayur bisa mulai diberikan setelah daya tahan tubuh burung dipastikan kuat, dan penambahan porsinya secara bertahap. Jangan langsung main gantung sayur segepok seperti memberi kenari yang sudah lama dirawat.

3. Berikan pakan berupa biji-bijian standar lengkap. Beli pakan mahal sedikit nggak masalah untuk memastikan kelengkapan jenis dan ragam biji yang dikandung di dalamnya. Seringkali selera makan kenari Import agak sedikit berbeda. Beberapa toko memiliki atau menjual pakan import yang bisa diberikan jika memang ternyata pakan lokal dirasa kurang kualitasnya.

soal penjemuran. Yorkshire dan turunannya (bukan kenari lokal) sangat sensitif dengan perubahan suhu udara. Sedangkan si pemilik umumnya suka menjemur berlama-lama (kepanasan) lalu dimasukkan dalam rumah yang suhunya lebih dingin. Hal ini bisa mengakibatkan yorkshire mengkorok dan mudah sakit, sebab kondisi tubuh yorkshire tidak bisa cepat beradaptasi dengan perbedaan suhu secara mendadak. Apalagi Yorkshire merupakan burung eropa yang terbiasa dengan suhu dingin. Kita harusnya mensiasati agar suhu ruangan menjadi lebih nyaman.

Tidak sedikit orang yang gagal dalam memelihara atau beternak burung keluarga kenari berukuran besar seperti yorkshire. Kegagalan itu umumnya berawal dari kebiasaan sepele tapi kadang berakibat fatal bagi burung. Hal tersebut tak lain adalah perbedaan antara kondisi yang diperlukan yorkshire dengan dengan keinginan si pemilik yang sering berlawanan.

Semoga Sukses…

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s