Kenari Betina Susah Birahi (Penyebab dan Solusinya)

Berikut ini adalah permasalahan klasik yang biasa dialami oleh para breeder Kenari, Beberapa peternak/breeder kenari pemula kerap mengeluhkan induk kenari betina belum juga mau birahi, meski umurnya sudah lebih dari 1 tahun. Umumnya, kenari betina mencapai umur dewasa kelamin pada umur 8-10 bulan, sehingga mestinya sudah birahi alias siap dikawinkan. Tetapi kondisi burung tentu berbeda-beda, sehingga ada juga kenari yang berumur dua tahun terkadang belum birahi.

Sedikitnya ada dua penyebab mengapakenaria kenari betina yang sudah dewasa kelamin belum kunung birahi. Pertama, bawaan sejak menetas di mana burung kekurangan estrogen dan progesteron, yaitu dua jenis hormon yang terkait dengan fungsi reproduksi burung betina, termasuk rangsangan birahi.

Kedua, ada yang keliru dalam perawatan kenari sejak menetas hingga dewasa, terutama nutrisi / gizi dalam pakannya yang dibutuhkan kelenjar endokrin untuk mensekresikan kedua hormon tersebut.

Ketika induk kenari sudah berumur dua tahun, misalnya, namun belum kunjung birahi, maka dia tak mau dikawini pejantannya. Yang terjadi dalam kandang ternak, kedua burung akan berkelahi. Sebab yang jantan memaksa kawin, sementara betina menolaknya.

Bagaimana mengatasinya? Ada dua cara. Pertama, menaikkan birahi kenari betina melalui perbaikan pakan Cara ini memang membutuhkan waktu, karena pakan harus diproses dulu dalam organ-organ pencernaan burung, kemudian disalurkan ke seluruh jaringan tubuh.

Kedua, menggunakan cara lebih instan, di mana burung langsung memperoleh asupan gizi yang kaya sumber estrogen dan progesteron. Begitu masuk ke saluran pencernaan, maka asupan gizi ini segera dikirim ke seluruh jaringan tubuh, terutama yang berkaitan dengan sekresi kedua hormon tersebut.

2 thoughts on “Kenari Betina Susah Birahi (Penyebab dan Solusinya)

  1. agusadhe

    bli mau nanya nie bli, saya kan baru belajar beternak kenari. kenari betina saya tidak mau mengerami telurnya waktu ada kenari jantan dalam satu kandang, sewaktu saya pisahkan kenari jantan ma betina baru betinanya mau mengerami telurnya bli, apa ga masalah kalo kenari jantan dan betina dipisahkan bli? terus makanan yg diberikan sewaktu kenari betina mengerami apa saja bli?

    Reply
    1. Gede Budi Post author

      Saya cb menjawabnya, Beberapa betina kenari memang akan merasa terganggu saat mengeram apabila ada kenari jantan dalam satu sangkar atau kenari jantan ada di dekat kenari yang mengeram dengan kandang terpisah. jadi, sebaiknya dipisah dan dijauhkan atau kalau perlu tidak saling melihat. tetapi ada juga betina yang baru mau mengeraM jika kenari jantan tetap ada dalam satu sarang. Nah pada intinya tidak semua kenari punya sifat dan karakter yang sama. Jadi perlu lebih memahami karakter tiap kenari yang dipiara. Semoga sukses dalam beternaknya pak agus adhe…

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s