Saatnya Beternak Kenari Import dan Silangannya

Saya sangat ingin menulis hal ini sebagai sebuah tantangan kepada kawan-kawan pecinta kenari untuk terus berusaha mengembangkan diri.  Bagaimanapun minat pada kenari akan terus naik turun pada suatu masa, dan pasang surut kenari banyak tergantung pada beberapa indikator, Misalnya inflasi yang tinggi akibat BBM, tentu saja banyak penghobi lama dan tentu saja pemula akan mengerem keinginan untuk membeli Burung kenari. Kemudian faktor produksi peternak yang melimpah akan membuat pasar kebanjiran produk. Hal ini sesuai dengan Hukum Ekonomi yang membuat Harga Kenari menjadi jatuh. Lihat juga ulasan sebelumnya tentang Prospek Kenari Tahun 2015 Menurun.images10

Banyak peternak kenari secara masal dengan jumlah ternakan yang sebulan bisa produksi 200 – 500 ekor betina indukan mulai mengerutkan dahi, karena di tangan pengepul harga kenari tidak sampai Rp. 100 rb per ekor.  Bertentangan dengan biaya pakan yang semakin melambung, kemudian upah tenaga kerja yang terus naik, hal ini bisa mengakibatkan defisit pada neraca keuangan setiap peternak. Dan mau tidak mau akhirnya beberapa orang mulai menyerah, gulung tikar atau bahkan beralih pada ternak burung lain yang saat ini sedang trend.

tetapi, bagi saya rasa cinta pada kenari tetap kuat, karena keindahan kicauan kenari tetap tiada duanya. Itu yang membuat saya bertahan untuk merawat kenari, beternak kenari dan terus mengeksplorasi kenari sampai kapanpun.

Ada beberapa tips agar bisa tetap stabil dalam mendapatkan Harga Kenari yang stabil sebagai penghasilan tambahan dari beternak kenari.

  1.  Mulai Beternak Kenari Import dan Silangannya

Kenari Import dan Silangannya (Misalnya Yorkshire, waterslager, Spanish Timbrado, Border, Lizard, dll) Pada saat ini relatif stabil harga jualnya. Ini dikarenakan hanya segelintir orang yang berani dan mampu untuk beternak kenari tsb. mengapa hanya sedikit? Pertama karena dari segi harga, Kenari Import beberapa diantaranya memiliki harga yang fantastis. Misalnya Yorkshire ring Import di banderol di kisaran 6,5 juta rupiah (anakan) keatas. Kemudian dari segi teknik ternak juga tidak mudah. Perlu perhatian lebih dan pengalaman, sehingga banyak peternak baru yang kesulitan dan gagal dalam beternak kenari import, disamping itu banyak juga biaya pakan serta obat-obatannya lebih mahal. Ini akibat dari harga pakan import yang masih mahal di pasaran saat ini yang tiga sampai sepuluh kali lipat pakan brand Lokal.  Nah dari sisi ini banyak peternak kenari kelas import dan silangannya yang tidak sembarangan melepas kenarinya ke pasaran. Banyak yang bermain aman dan santai karena kenari jenis Import dan Silangannya (F1, F2, F3, dst) tetap diburu oleh penggemar kenari. Ini berkaitan dengan prestise dan kebanggaan.

2. Inovasi Tiada hentiIMG_20140924_110719

Kata Kuncinya adalah Inovasi Tiada Henti, Bukan hanya sekedar bagaimana kita produksi Kenari dengan body besar, tetapi dengan mengumpulkan segala keunikan, keunggulan dan keindahan kenari, kita bisa berkreasi dalam bentuk yang baru. misalnya dari Suara, Masteran, Warna, seperti apapaun Kenari yang tetap indah, unik, berkarakter, dan tentu saja di gemari. Ini yang membuat kenari anda semakin mahal harganya. Dan tentu saja para peminatnya semakin berani membeli dengan harga yang menyenangkan.

3. Menjaga Kualitas & Menjaga Kepercayaan

banyak Konsumen yang sudah melanglang buana mencari alias hunting kenari dari peternak A sampai Z dari pedagang kelas A sampai kelas X dsb, ujung-ujungnya akan kembali juga dan mengakui bahwa kualitas kenari dan pelayanan di Kenari Bali tetap terbaik. Sehingga seperti apapun produk kenari Bali akan tetap ludes terjual he he he… Semua ini karena keberanian kami menjamin anakan kenari berkualitas, serta kejujuran kami dalam berbisnis. bahkan ada yang berani indent sampai berbulan – bulan untuk mendapatkan pesanannya.  Pada akhirnya semua pengorbanan, totalitas, ketekunan dan rasa lelah mendapatkan buah yang manis.  Di Jaman persaingan seperti ini kebaikan adalah nilai plus dalam setiap usaha kita.

Semoga Bermanfaatakenari

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s