Kenari Bali

Peternak Burung Kenari di Singaraja

Sedia Payung sebelum Hujan, Lebih baik Mencegah daripada Mengobati…..

Leave a comment

Kali ini saya kembali tampil dengan pepatah tersebut diatas, karena memang ini adalah hal dasar dan prinsip dalam pemeliharaan kenari. Pencegahan adalah langkah terbaik dari pada harus mengobati burungnya. Mengapa demikian? Jika seekor burung sudah terserang penyakit, apalagi kalau sudah menyerang saluran pernafasannya, sehingga nafas burung menjadi megap-megap, jelas ini sudah sangat susah mengobatinya. Yang jelas burung tidak bisa kita ajak bicara, sehingga kita susah untuk menanyakan apa yang sedang dirasakannya tatkala sakit. Boro-boro diajak bicara, coba dipegang tangan saja mereka tidak mau kan?mandi

Langkah-langkah preventif apa saja yang harus kita lakukan, adalah sebagai berikut ini :

1. Kebersihan sangkar harus kita jaga, baik itu tangkringan, cepuk makan dan minumnya, maupun jeruji-jeruji sangkarnya. Sering -seringlah memandikan dan menjemur sangkar burungnya. Jangan lupa kerodong burung harus dicuci rutin.

2. Pakan burung harus diganti rutin juga. Jika terlalu lama menggantinya dikhawatirkan berjamur.

3. Memandikan dan menjemur burung harus lihat-lihat kondisi cuaca dulu. Jadi jangan asal memandikan dan menjemurnya saja, terutama kala musim pancaroba. Hindari penjemuran burung saat semilir angin terasa tidak enak pada tubuh kita.

4. Pemberian makan harus tepat waktu, jangan berubah-ubah waktunya. Buatlah burung terbiasa dengan poYorkshirela rawatan yang rutin, sehingga karakter burung akan lebih stabil.

5. Pada jam istirahat burung, jangan sering diganggu. Misal, karena ada teman yang mau melihatnya atau sengaja kita mau menunjukan burung kita kepada teman kita.

6. Isolasikan burung yang sudah terserang penyakit.

7. Pemberian suplement tambahan, misal vitamin.

Semoga bermanfaat…

Suksma

 

Advertisements

Author: Gede Budi

Hobi beternak kenari memang sangat menyenangkan, apalagi jika ternyata memang telah menghasilkan. Jadi buat kawan-kawan yang punya hobi sama, Jika ada keinginan dari kawan2 untuk berbagi pengalaman menangkarkan kenari, silakan untuk berkomentar atau mengisi blog ini dengan tips yang lebih baik. Saya akan dengan sangat terbuka menerima kritik dan masukan dari anda semua pecinta kenari. Saya juga beternak burung kenari dengan indukan terpilih dan menjamin mutu tiap anakan kenari dari Singaraja Bird Farm. Jika berminat silakan hubungi saya di No. berikut ini: 087762059151 Semoga Peternak Kenari Bali semakin berkembang... Suksma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s