Menjadi Peternak Kenari Yang Berbeda

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan burung kenari, burung yang memiliki warna beraneka ragam ini punya banyak penggemar, tidak terkecuali dengan Anda bukan.. Tidak hanya warna yang cantik namun kicauannya bisa menjadi obat penyegar dan penghilang stres, apalagi bagi Anda yang seharian menjalani rutinitas kerja.

Sekarang ini jenis kenari semakin banyak, apalagi para peternak atau breeder semakin gencar melakukan persilangan berbagai jenis kenari, akibatnya jenis-jenis kenari baru banyak bermunculan. Memang ada yang sekedar sampingan dengan beternak dua atau tiga ekor saja untuk memenuhi rasa penasaran, tetapi ada juga yang sampai menghasilkan ratusan ekor anakan kenari yang siap membanjiri pasar.  Tetapi tetap saya melihat banyak peternak baik yang modal besar maupun yang sekedar coba-coba akhirnya mengalami pasang dan berakhir surut dengan menyeddownloadihkan. Semua itu memang ada seleksi alamiah yang menentukan seseorang menjadi Breeder Kenari sejati atau sekedar ikutan saja. Ini juga bukan mengenai harga yang juga mengalami naik turun atau sekedar mengikuti trend saja.

Disini saya mengulas beberapa pengalaman sehingga tetap teguh menjadi peternak kenari hingga 10 tahun dan sampai saat ini tetap menikmati indahnya kicauan Kenari (Meski produk yang dihasilkan terbatas), he he he…

1.  Bukan Sekedar Ikut Trend

Ada tipe-tipe peternak kenari yang hanya ikut trend saja, Misalnya Tahun 2013 adalah masa jayanya Kenari (Meskipun saat ini harga kenari masih relatif memberi keuntungan). Maka makin banyak orang yang beternak kenari. Hampir tiap rumah punya ternak kenari, Seolah kenari merupakan pembangkit  roda ekonomi. Dari Peternak, pengepul besar, pengepul kecil, pedagang eceran, pasar burung, bahkan hingga penipu online (ini sudah tentu) ikut merasakan keuntungan dari nama kenari. Tetapi disaat harga kenari kian merosot (Banyak faktor; jumlah dipasaran banjir, Pertumbuhan ekonomi yang turun, kualitas kenari yang sekedar/ asal) banyak yang meninggalkan bisniimages (7)s kenarinya dan beralih ke trend yang lain, Misalnya Batu akik, a tau bahkan pada burung lainnya misalnya Beternak Murai Batu, Beternak Love bird atau yang lainnya.  Menurut saya jika memang sudah hobi, sudah sayang, sudah sepenuh hati, seperti apapun kondisinya, entah untung-rugi, entah naik-turun, entah jatuh-bangun, kita akan tetap bertahan dan itulah yang sedang saya lakukan.

2.  Bersabar

Bersabar itu bukan hal mudah, bahkan merupakan tantangan yang paling sulit. Semua butuh proses, semua butuh kerja keras, dan yang terpenting semua butuh perhatian.  Tidak semua hal mudah seperti yang tertulis dalam tiap blog tentang kenari (Semua bisa aja Copy dan Paste). Semua seolah sudah jadi master dalam beternak kenari. Kalau bicara semua seolah sudah tahu apa dan bagaimana kondisi kenari. tetapi bagaimana jika beternak kenari dengan harga Rp. 10 juta, kemudian ternyata gagal/ rusak/ mandul/ Bahkan Mati. Siapa mau disalahkan??? Nah lho…  Jadi, apakah mudah menjadi peternak kenari? Benarkah semudah yang dibayangkan? Semua hal tersebut akan dapat diatasi, perlahan namun pasti jika kita bersedia untuk bersabar. Yup… Kuncinya adalah “Bersabar”. Hal inilah yang membuat seseorang tetap bertahan dalam gelombang pimages (12)ersaingan yang terkadang sangat kejam.

3.  Belajar dan Belajar

Inilah faktor pembeda yang membuat seseorang lebih unggul daripada yang lain. Apakah anda sudah merasa cukup dengan tutorial yang anda dapat lewat postingan di internet? Banyak orang memposting bagaimana cara beternak kenari, tetapi apakah anda yakin bahwa semua itu sudah lengkap?  Padahal tiap burung kenari sekalipun memiliki karakter yang berbeda. Mari kita buktikan dari cara makan. Dari 10 ekor kenari setelah diteliti dari pakan favoritnya, 3 ekor sangat menyukai Canary Sheet, 4 Ekor Menyukai canary Sheet dan Biji Sawi, 2 ekor hanya menyukai niger sheet dan biji sawi, ! ekor tidak mau makan pakan biasa (Karena kenari import lebih pemilih) jadi diberikan tambahan biji haver dan fumayin. dari sini apakah anda akan menyamaratakan pemberian pakan??? nah.. Itu baru pemberian pakan, belum bagaimana cara mengawinkan, juga bagaimana rawatan harian, kemudian bagaimana jika untuk kenari lomba yang anda miliki? Semua itu akan anda pahami dengan benar melalui proses belajar dan belajar… Belajar dari pengalaman, belajar dari obrolan sesama peternak kenari, belajar dari internet dsb. Mari Belajar….

4  Bagaimana Pemasaran Kenari Yang Baik

Setelah semua tahap kita lalui dengan baik, maka kita akan berfikir tentang satu hal. Bagaimana menjual anakan kenari produk kita??? Dari sini kita harus belajar mengenai bagaimana Ilmu Pemasaran (Nyambung ke hal tadi). Pahitnya adalah ketika ada orang datang menawar anakan kenari kita dengan harga yang jauh dibawah harapan. Kadang emosi bisa naik tuh. Lalu saat kita bawa ke pedagang pasar ditawar 50 % “biar ada untungnya”, kata si pedagang di pasar burung. Inilah yang membuat kita pasrah dan akhirnya Harga akan ditentukan oleh Pasar. Yang intinya akan terus merosot dan merosot, Peternak pun mulai sewot, Apalagi harga pakan terus menerus naik (karimages (10)ena sebagian pakan bahannya dari import spt millet, canary sheet dll) Bagaimana teknik memasarkan yang baik? Bagaimana kita melawan arus pasar? bagimana kita bisa menstabilkan harga Burung Kenari kita? Nah… Jika memang anda berminat untuk tahu mengenai hal ini, Silakan berkunjung ke markas Kenari Bali, Biar kita bisa kupas abis mengenai teknik pemasaran kenari yang baik,

Cukup sekian, Semoga Bermanfaat untuk kita semua….

 

 

 

6 thoughts on “Menjadi Peternak Kenari Yang Berbeda

  1. Baim wong

    Makasi buat inspirasinya… Pak de, sebelumnya suksma atas kenari turunan borderx ys kemaren. Sudah dicoba di latber sanglah PBI dan sukses jd jawara. Jika ada adiknya yg jantan mohon dikabari. Suksma ya pak de budi. Kpn2 sy mampir lagi.

    Reply
  2. Sukadana

    Makasi buat sharenya pak de budi.. Sy peternak kenari baru. Mohon janjian buat konsultasinya ke buleleng jika tdk keberatan.. Suksma sebelumnya

    Reply
  3. tovani

    Salam kenal pak,sy tovani dr lombok,klo mau pesan indukan ato anakan kenari bisa pak?sy pengen belajar utk ternak kenari,tlong dibantu pak trims

    Reply
    1. Gede Budi Post author

      Kalo untuk pengiriman, saya belum bisa pak. selama ini teman2 yang bersedia ambil di rumah. dengan jaminan kualitas.. Prinsip saya, Pantau langsung, bayar di tempat, jadi ngga seperti beli burung dalam karung atau sekedar jual gambar saja pak.. Mohon maaf sebelumnya.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s