Kembali Tentang Pengertian Kenari F1Ys, F2Ys, F3Ys, dan Kenari F1 lokal/ AF serta Bagaimana cara yang tepat mendapatkannya…

Kenari Mania Senior mungkin sudah paham betul makna dari penamaan Kenari Lokal,  AF, Kenari F1, Kenari F2 dan seterusnya… namun pemahaman itu kadang dibuat salah kaprah sehingga banyak pemula yang salah dalam memahami makna istilah tersebut. Kali ini saya akan berusaha menjelaskan makna dari istilah tersebut agar Kenari Mania mengerti pemahaman yang sebenarnya. Yorkshire

Tetapi tetap muncul pertanyaan dari teman2 kenari mania mengenai hal ini. Beberapa kenari mania baru yang sedang keranjingan dengan kenari saat ini banyak yang bertanya apa itu kenari F1 Ys? Mengapa ada yang menjual kenari F1 tetapi kok tidak memuaskan bodinya alias kecil? Serta banyak yang tidak yakin tentang kenari F1Ys yang dimilikinya saat ini. Oleh karena itu saya akan mencoba membahas hal ini.

Di dalam dunia biologi, ada induk (jantan dan betina) sebagai PARENTAL (P). Hasil keturunan dari perkawinan induk tersebut menghasilkan FELIAL (F). Breeding Kenari yang ingin menghasilkan keturunan yang lebih baik, sifat unggul dari salah satu induk (bahkan kedua induk) akan berusaha  mendapatkan keturunan terbaik dengan menyilangkan kembali hasil keturunan (F) dengan basic blood dari induk (P).

Nahhh, ini bisa berlangsung sampai 4-7 tingkatan Breeding Chart. Di hasilkan F1 sampai F7, dan seterusnya. Penerapan istilah FELIAL (F) di dalam dunia Kenari Indonesia sudah salah kaprah dari yang semestinya. Penggunaan istilah F1, F2, F3, AF (Anak FELIAL) dianggap hanya untuk Kenari hasil silangan Kenari Jenis Yorkshire saja. Padahal ini berlaku untuk semua hasil perkawinan silangan Kenari dari berbagai jenis. tetapi memang saat ini dipasaran orang lebih mengenal F1 Ys yang merupakan keturunan dari kenari Yorkshire dengan kondisi tubuh paling sempurna diantara kenari lainnya.

Dalam pengertian isIMG_20140924_110719tilah Keturunan Yorkshire yang berkembang selama ini, Kenari F1 Ys adalah anakan Kenari Yorkshire asli dengan Kenari Lokal, dengan ciri Body yang bongsor. Kenari F2 Ys adalah kenari keturunan dari Yorkshire asli (bisa jantan/betina) dengan kenari F1 Ys, yang tentunya body seharusnya bisa lebih besar dari F1Ys. Selanjutnya F3 Ys adalah keturunan dari Yorkshire asli dengan kenari F2 Ys yang seharusnya Body lebih bongsor dari F2 Ys dimana kemungkinan sudah mendekati Body Yorkshire asli. Dan seterusnya.

Nah bagaimana jika ada pertanyaan:

 

 

  • kenari F1 YS kok bodinya bisa kecil/ hanya sebesar kenari loper?

+ Kemungkinan itu hanya trik pedagang agar kenarinya laku dengan harga tinggi, jadi waspadalah terhadap pedagang kenari yang tidak bertanggungjawab. Karena mereka hanya mengejar keuntungan semata. kenali dan teliti sebelum membeli, gali informasi yang benar dari teman2 kenari yang sudah senior, sehingga tidak mudah tertipu…

  • Ada Anggapan Kenari F1Ys kawin dengan F1Ys adalah kenari F1Ys juga?

+ Nah ini yang sering salah kaprah. Bahwa Kenari F1Ys itu hasil dari salah satu indukan asli Yorkshire. Sementara Jika F1Ys dengan F1 Ys akan menghasilkan anakan yang darah galurnya sudah jauh dari YS. Berarti itu bukan YS melainkan AF, termasuk jika menggunakan F1Ys dengan F2 Ys, tetaplah hasil keturunannya AF.  Meskipun bodinya juhga bongsor, tetapi secara genetik telah jauh dari induk yorkshirenya. Saya tekankan lagi buat kawan2. Dalam pengertian istilah Keturunan Yorkshire yang berkembang selama ini, Kenari F1 Ys adalah anakan Kenari Yorkshire asli dengan Kenari Lokal, dengan ciri Body yang bongsor. Kenari F2 Ys adalah kenari keturunan dari Yorkshire asli (bisa jantan/betina) dengan kenari F1 Ys, yang tentunya body seharusnya bisa lebih besar dari F1Ys. Selanjutnya F3 Ys adalah keturunan dari Yorkshire asli dengan kenari F2 Ys yang seharusnya Body lebih bongsor dari F2 Ys dimana kemungkinan sudah mendekati Body Yorkshire asli. Dan seterusnya.

  • Dimana mencari anakan F1YS asli?

F1Ys yang asli dan dijamin asli hanya bisa didapat dengan indukan yang pada umumnya Pejantan Yorkshire (Bisa Yorkshire Import dan Yorkshire Indonesia) Nah bila dipedagang, anda mungkin tidak mendapati memiliki Yorkshire artinya perlu dipertanyakan keasliannya. Ada juga peternak yang mengaku memiliki anakan F1Ys, tetapi dirumahnya tidak ada seekor Yorkshire pun, Hanya Kenari F1Ys saja. Berarti kenari F1nya tidak terjamin keasliaannya.  Jadi agar tidak tertipu dan terkena bujuk rayuan manis yang pada akhirnya membuat kecewa. Saya sarankan beli kenari F1Ys, F2Ys, F3Ys dst. pada peternak Kenari langsung yang mampu menunjukkan Kenari Yorkshire yang sudah produksi.

IMG_20140922_135401

Kenari Bali saat ini memiliki 3 ekor kenari Yorkshire pejantan baik ring import maupun Yorkshire Indonesia (Lahir di Indonesia) dengan kualitas yang baik. jadi jika diantara beberapa teman ingin mendapatkan keaslian kenari F1Ys, F2Ys dst…  Silakan pantau langsung. Mohon maaf jika prosesnya terkadang harus menunggu hingga 3 bulan, karena permintaan saat ini dari kawan penggemar kenari Buleleng cukup banyak.

 

 

Sekian dan terima kasih

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s