APAKAH BETERNAK KENARI MASIH MERUPAKAN PELUANG BISNIS YANG MENJANJIKAN???

Dengan kondisi membanjirnya stock kenari Lokal dari Malang di Bali, tentunya berimbas pada harga kenari lokal yang semakin menurun drastis. Pada tahun 2015, harga anakan masih dikisaran Rp. 125 ribu, tetapi saat ini sudah banyak yang berani jual dengan Harga Rp. 80 ribu saja. Ini tentunya berimbas pada niat peternak lokalan di sekitaran Singaraja semakin menurun. Apalagi dengan persaingan yang ketat saat ini dengan masuknya kenari dari malang. Otomatis images (12)akan terus membuat harga semakin merosot tajam. Padahal ongkos pakan juga semakin naik, karena sebagian besar pakan burung adalah import seperti canary sheet dan milet yang didatangkan dari thailand sono. Dengan kondisi ini beternak kenari menjadi pilihan yang sulit dan tidak menguntungkan.

Mulai Upgrade

Sudah saatnya saya mendorong peternak lokal disekitaran Singaraja dan sahabat Kenari Bali untuk upgrade ternakannya. Upgrade itu berarti naik kelas atau naik kualitas. Kelas AF kemudian F1 series dari Yorkshire pada dasarnya banyak yang belum terjamah. Peluangnya sangat besar dan berpotensi download (6)untuk mendatangkan keuntungan yang lebih baik.

Kenari F series memang lebih stabil harganya. hal ini karena pada dasarnya karena permintaan pasar yang tetap tinggi sementara produksi oleh peternak masih sedikit. Potensi inilah yang seharusnya dilirik oleh peternak Kenari, tetapi memang tantangannya akan sangat besar. Tidak semuanya terlihat mudah dan mulus. Akan ada permasalahan dan tantangannya. Hanya saja jika tekun, teliti dan bersabar, pasti akan ada hasilnya.:)

Harga Kenari Yorkshire saat ini ada diimages (10) kisaran Rp. 6 – 7,5 Juta untuk Pejantan Muda dan Rp. 8 – 11 juta untuk kenari Yorkshire Pejantan yang sudah ngisi (Dijamin ngisi). Melihat harga yang fantastis tersebut, memang agak berat di modal awal. tetapi jika sudah berjalan prosesnya dan menghasilkan, maka tentu saja hal ini akan memberikan balik modal yang relatif lebih cepat apalagi jika anda bisa membuat turunan asli Yorkshire (Yorkshire Lokal atau YI Yorkshire Indonesia), serta keuntungan yang relatif besar di masa mendatang. Tetapi perlu diingat bahwa segala sesuatu ada resikonya. Oleh karena itu, belilah kenari pada Pedagan/ Peternak yang anda percaya. Karena banyak burung yorkshire rusak (kondisi tidak sehat/ karena salah penanganan) beredar dipasaran.

Oleh karena itu beternak kenari tetap jadi sebuah usaha yang menjanjikan, asalkan kita bisa terus belajar, berinovasi dan BERSEMANGAT.

Suksma…

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s