Banyak Kasus Pencurian Burung, CCTV (Alternatif Pengawasan Untuk Burung Anda)

Sepenggal berita

SINGARAJA – Seorang maling burung asal Banjar Kubu Tumpang, Desa Pegayaman, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Qodriadi alias Qodri, 25, tewas didor polisi saat kepergok usai beraksi, Selasa (21/4) dinihari. Sebelum tewas didor, pelaku yang naik motor berboncengan dengan rekannya, sempat menyerang polisi menggunakan senjata parang tajam saat kepergok bawa tiga sangkar burung di jalan raya.
Pelaku Qodri bersama rekannya yang belum identitasnya belum diketahui, awalnya mencuri burung di Banjar Babakan, Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Buleleng. Aksi pencurian itu diketahui warga setempat, hingga langsung dilaporkan ke Polsek Sukasada. Jajaran Polsek Sukasada pun menerjunkan tim Buser ke lapangan untuk mengejar pelaku yang diduga masih berada di sekitar Desa Sambangan.
Ketika tim Buser Polsek Sukadana terjun, pelaku Qodri dan rekannya dipergoki naik motor berboncengan sambil membawa tiga sangkar burung. Mereka naik motor Shogun hitam DK 5687 VM dan melaju dari arah barat (Desa Sambangan) menuju Desa Sangket. Saat itu, Selasa dinihari sekitar pukul 02.00 Wita, kedua maling burung ini berpapasan dengan tim Buser yang melaju dari arah berlawanan (timur) menuju Desa Sambangan. Pelaku dan tim Buser berpapasan di sebelah timur Pertigaan Desa Sambangan. Begitu memergoki kedua pelaku yang naik motor berboncengan sambil membawa tiga sangkar burung, polisi langsung berusaha menghentikannya. Sebab, gerak-gerik mereka mencurigakan dan diduga kuat keduanya habis mencuri burung di Desa Sambangan sebagaimana laporan warga setempat. Namun, kedua pelaku tidak menggubrisnya. Mereka langsung tancap gas dan terus melaju ke arah timur, hingga dikejar pasukan Buser, setelah lebih dulu diberi tembakan peringatan. Tim Buser berhasil mengejar dan menghentikan kedua pelaku yang naik motor berboncengan ini tepat di Jembatan Sangket, Desa Sangket, Kecamatan Sukasada, setelah dikejar sejauh 700 meter.
Nah, saat dihentikan di jembatan yang menghubungkan Desa Sangket dan Desa Sambangan itulah, kedua pelaku nekat melakukan perlawanan dengan senjata tajam jenis parang dan golok. Bahkan, pelaku sempat menyerang polisi dengan parang. Akibatnya, salah seorang anggota Buser Polsek Sukasana, Bripka I Putu Mar, menderita tuka tebas di tangan kiri sepanjang 7 cm. Karena kedua pelaku melawan dengan senjata tajam hingga melukai polisi, pasukan Buser akhirnya melepaskan tembakan ke kaki Qodri. Pria berusia 25 tahun inilah yang sebelumnya menebas Bripka I Putu Mar. Namun, tembakan polisi bukannya mengenai kaki Qodri, melainkan temat mengenai punggung hingga tembus ke perut. Maling burung bersenjata parang ini pun langsung terkapar. Sedangkan rekannya berhasil kabur dengan menceburkan diri ke bawah Jembatan Sangket, setinggi 15 meter. Pelaku diperkirakan selamat, meski mencebur setinggi 15 meter, karena ada aliran air di Sungai Sambangan di bawah jembatan tersebut. Pelaku kabur dengan meninggalkan motornya di TKP. Sedangkan pelaku Qodri yang terkapar pasca ditembak polisi, dinihari kemarin langsung dilarikan ke RSUD Buleleng, Demikian pula dengan polisi yang terluka tebas. Namun, nyawa Qodri tak bisa diselamatkan. Maling burung asal Desa Pegayaman yang nekat tebas polisi ini akhirnya dinyatakan meninggal dalam perawatan di RSUD Buleleng di Singaraja, Selasa subuh sekitar pukul 05.00 Wita.
sumber : nusabali

Berikut ini saya share mengenai bagaimana membuat cctv teraplikasi dirumah anda dengan biaya murah. Hal ini karena maraknya pencurian burung di kawasan singaraja.

Fungsi dan Tujuan Pemasangan CCTV

CCTV memiliki fungsi serta tujuan yang pastinya untuk menghindari kejahatan yang seringkali terjadi belakangan ini. Faktornya hampir sama di mana para penjahat mengincar barang berharga yang berada di tempat-tempat umum. Bahkan dengan banyaknya peminat terhadap CCTV saat ini memunculkan ide kreatif untuk menjual CCTV yang bisa ditempatkan di rumah. Hal ini juga untuk menghindari maling atau perampok yang akan menghabisi barang-barang yang ada di rumah anda. Adapun fungsi serta tujuan pemasangan kamera CCTV adalah :

· Mencegah

Pelaku kriminal kerap kali mengurungkan niat atau merasa takut ketika melihat terpasangnya kamera CCTV. Pasalnya, dengan kamera CCTV itu tindak kejahatan mereka akan tersimpan dengan rapi sehingga dapat menjadi bukti untuk pelaporan kepada pihak yang berwajib

· Memantau dengan mudah

System CCTV sangat berguna untuk membantu anda dalam memonitoring atau mengawasi situasi serta kegiatan yang terjadi di lokasi yang terpasang kamera CCTV. Dengan begitu, anda pun juga dapat langsung mengetahui jika ada orang-orang yang tidak dikenal memasuki daerah yang sudah dipasangi kamera CCTV

· Peningkatan kinerja

Dengan adanya CCTV maka akan meningkatkan kinerja karyawan secara signifikan. Dalam hal ini CCTV dipasang di tiap-tiap sisi di kantor atau perusahaan untuk meninjau pekerjaan yang dilakukan setiap karyawan

· Penyelidikan

Dengan adanya sistem CCTV maka akan lebih mudah untuk menunjang penyeledikan terhadap tindak kejahatan yang terjadi

· Bukti

Semua kegiatan yang terekam CCTV dapat dijadikan bukti untuk aksi kejahatan atau tindak kriminal

Cara Aplikasi CCTV secara sederhana dan tidak terlalu mahal:

Jika jarak komputer dan lokasi webcam agaj jauh, dibutuhkan perangkat yang disebut USB Repeater yang berfungsi memberikan arus pada USB, sehingga perangkat webcam bisa dideteksi oleh komputer, kendati jaraknya cukup jauh , misalnya lebih dari 10 meter.

Webcam yang digunakan sebagai CCTV

Webcam yang digunakan sebagai CCTV

Dalam pemasangan webcam, yang terpenting adalah jenis software yang digunakan. Di Internet banyak software khusus webcam yang bisa difungsikan sebagai motion detector (deteksi gerakan).

Kalau sangkar yang dipantau webcam diangkat seseorang, software ini otomatis mendeteksi gerakan itu, dan langsung membunyikan alarm dengan suara yang volumenya bisa diatur.

Demikian juga jika perangkat komputer selalu terhubung online, kita bisa memanfaatkan fitur yang ada  di dalam software tersebut, yaitu IP Cam. Dengan begitu, kita bisa memantau dari jarak yang jauh, misalnya melalui smartphone atau tablet.

Untuk mengetahui bagaimana cara membuat perangkat kamera pengawas menggunakan webcam, Anda bisa lihat lagi panduannya saat googling , Anda hanya perlu meletakkan kamera pengawas di lokasi strategis, yang bisa memantau posisi sangkar burung.

Salah satu software yang bersifat open source atau bisa diunduh gratis adalah Ispy. Software ini memiliki fungsi cukup lengkap untuk mengubah webcam menjadi perangkat CCTV yang canggih dan multifungsi.

Untuk mendownload software ini, Untuk mengetahui berbagai fitur dari software ini, Diperilakan kunjungi web pengembangnya, dengan alamat ispyconnect.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s