CHIA SEED (Biji Chia)

Chia seed belakangan ini cukup banyak menjadi bahan perbincangan di kalangan pecinta makanan organik. Kecil, namun konon katanya memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, apalagi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Chia seed merupakan jenis biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L. Tanaman ini tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Namun belakangan ini, chia seed mulai masuk ke Indonesia dan menjadi salah satu makanan organik yang cukup favorit. Rasa dari chia seed sendiri cenderung hambar. Dan untuk menyantapnya, Anda perlu merendamnya di dalam cairan atau air selama beberapa menit, dan bisa juga dengan mencampurkannya dengan makanan lain.chia

Chia seed dipercaya memiliki beberapa manfaat kesehatan, salah satunya adalah membantu dalam menurunkan berat badan. Bentuknya yang kecil ini akan mengembang setelah beberapa saat direndam di dalam air. Dan akan lebih mengembang lagi setelah chia seed berada di dalam perut, itulah mengapa chia seeddapat membuat orang yang mengonsumsinya dapat merasakan kenyang lebih lama, dan ada yang percaya dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

Chia seed sendiri sebenarnya mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik dan dibutuhkan tubuh untuk menurunkan trigliserida. Selain mengandung asam lemak omega-3, chia seed juga mengandung cukup banyak serat, yaitu setidaknya 10 gram serat terdapat di dalam 28 gram chia seed. Tidak hanya itu, 28 gram chia seed juga mengandung cukup ragam nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Antara lain 18% jumlah kalsium harian yang dibutuhkan, 30% manggan, 27% fosfor, 5 gram protein, 12 gram karbohidrat, 8 gram lemak, dan 138 kalori. Bahkan chia seed juga mengandung tembaga, kalium, dan zinc.

Apa Saja Manfaat Chia seed?

Bagi Anda yang mencintai makanan organik atau menjalankan diet raw food, mungkin sudah pernah mendengar beberapa manfaat chia seed. Namun, sebenarnya masih diperlukan lebih banyak lagi penelitian terhadap manfaat chia seed sendiri.

Bagi Anda yang penasaran dengan ragam manfaat chia seed, berikut ini adalah beragam manfaat yang diperkirakan terkandung di dalam chia seed.

  • Menurunkan berat badan Jumlah serat yang cukup tinggi di dalam chia seed dan kandungan kalorinya yang cukup rendah membuatnya dipercaya dapat menurunkan berat badan. Karena makanan yang mengandung serat tinggi umumnya dapat membantu dalam membuat perut merasa kenyang lebih lama.
  • Baik bagi penderita divertikulosis Bagi Anda yang mengidap divertikulosis (kantung yang terbentuk di dinding usus dan menonjol ke luar ke rongga perut), mengonsumsi makanan yang berserat tinggi dapat memperlancar pergerakan usus dan memungkinkan lebih banyak air terserap dalam usus besar. Selain itu, makanan berserat juga dapat mengurangi peradangan dan tekanan di usus besar.
  • Berperan sebagai detoks dan pencernaan Mengeluarkan racun sisa metabolisme tubuh melalui feses dan empedu merupakan hal yang penting. Itulah mengapa buang air besar secara teratur tidak kalah pentingnya dengan buang air kecil. Guna menjaga keteraturan buang air besar, tubuh memerlukan makanan yang mengandung serat. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, chia seed pun menjadi salah satu makanan yang dipercaya dapat membantu kesehatan dan kelancaran pencernaan.
  • Diabetes Mengonsumsi 1000 kalori setiap harinya yang juga mengandung 14 gram serat memiliki kaitan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung koroner. Selain itu, makanan yang mengandung tinggi serat juga dapat menjaga gula darah tetap stabil.

Manfaat CHIA Seed untuk burung Kenari

Makanan ini bahkan dikenal dengan sebutan superfood, lantaran kandungan dan khasiatnya yang sangat tinggi. Biji chia umumnya dikonsumsi dengan cara dicampur dengan jenis makanan lainnya atau dicampur dalam air minum.

chia2

Ternyata, makanan yang mengandung asam lemak esensial Omega-3 ini juga banyak dimanfaatkan oleh penggemar burung di berbagai negara sebagai pakan tambahan (extra fooding) bagi burung-burung peliharaan mereka. Selain bisa membantu mendongkrak stamina, biji chia bisa menjaga kondisi burung sehingga tetap lincah dan rajin bunyi.

Sekilas, penampilan biji chia sangat mirip dengan biji selasih. Tapi banyak perbedaan di antara keduanya, terutama manfaat dan kandungannya. Biji selasih biasanya diberikan kepada burung sebagai zat antistres, sedangkan biji chia umumnya dberikan untuk mendongkrak stamina dan berbagai manfaat positif lainnya.

Berikut ini kandungan dan manfaat biji chia (chia seed) untuk burung peliharaan:

  • Kandungan seratnya tinggi. Burung yang mengonsumsi biji chia biasanya menjadi cepat kenyang, sehingga bisa mengontrol nafsu makan dan terhindar dari kegemukan. Selain itu, biji chia juga dapat melancarkan sistem pencernaan
  • Kandungan Omega-3 pada biji chia lebih tinggi daripada kadar Omega-3 pada ikan. Omega-3 sangat penting untuk perkembangan otak, menjaga kondisi tubuh, mengurangi stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh burung.
  • Biji chia mengandung asam lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.
  • Kadar proteinnya tinggi, bahkan semua jenis asam aminonya mudah dicerna. Namun karena kadar proteinnya tinggi, maka pemberian biji chia sebagai pakan burung harus dibatasi / tidak berlebihan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya over birahi.
  • Biji chia mengandung magnesium (Mg) yang lebih tinggi daripada brokoli.
  • Biji ini juga kaya potasium / kalium yang merupakan salah satu mineral terbanyak dalam tubuh dan memiliki fungsi untuk pembentukan sel, pembetukan organ dalam dan jaringan, serta menjaga kesehatan organ tubuh. Selain itu, kalium juga bermanfaat sebagai pencegah stres.
  • Biji chia memiliki kandungan kalsium (Ca) dan fosfor (P) yang cukup tinggi.
  • Biji chia juga mengandung triptofan, salah satu dari 9 asam amino esensial yang penting untuk pembentukan mental dan meningkatkan nafsu makan.
  • Membantu mendongkrak energi dan stamina burung, sehingga tak mudah ngos-ngosan, tidak mudah ngedrop, sehingga berpengaruh terhadap kondisi mental dan kegacorannya.
  • Biji chia memiliki sifat gel yang bisa menghidrasi tubuh. Dengan demikian, burung bisa terhindar dari dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh. Gel yang juga bersifat mengikat itu bisa membantu mengikat toksin / racun jahat yang terdapat dalam tubuh burung, kemudian mengeluarkannya.
  • Berfungsi sebagai antioksidan, kaya zat besi, serta mengandung vitamin B, C, dan E.
  • Membantu perkembangan bulu dan menguatkannya.

Umumnya, jenis burung yang biasa diberi biji chia ini adalah burung pemakan bijian seperti kenari, finch, parkit, cockatiel, lovebird, dan sejenisnya. Meski begitu, biji chia bisa dicampurkan dengan bahan pakan lainnya, sehingga dapat pula diberikan kepada semua jenis burung peliharaan, termasuk burung-burung pemakan serangga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s